09 Maret 2018   Kesehatan

Ingin Cegah Penyakit Jantung? Lakukan 5 Olahraga Berikut Ini

Jantung merupakan salah satu organ tubuh terpenting yang terdiri dari beragam kumpulan otot. Secara umum, organ ini berfungsi untuk menyalurkan darah ke seluruh jaringan dan organ di dalam tubuh dengan cara memompa. Jantung berdenyut 72 kali per menit jika sedang beristirahat dan memompa 4 hingga 7 liter darah setiap menitnya.

Dengan bertambahnya usia seseorang, kemampuan bekerja jantung pun akan semakin menurun dan terjadi peningkatan risiko pada terjadinya beragam penyakit serius yang berhubungan dengan fungsi jantung. 

Adapun gangguan kesehatan terhadap fungsi jantung antara lain penyakit jantung koroner, bising jantung, serangan jantung, kardiomiopati, hingga gagal jantung. Nah, agar terhindar dari penyakit-penyakit ini ada baiknya kamu rutin melakukan olahraga jantung. Hal ini juga akan membantu menjaga jantungmu agar tetap sehat.

Berikut 5 olahraga yang bisa kamu lakukan:


Jalan Kaki

Olahraga yang paling mudah dan murah yang bisa kamu lakukan agar kinerja jantungmu terjaga adalah dengan berjalan kaki secara rutin. Waktu terbaik untuk melakukan aktivitas ini adalah di pagi hari. Tidak hanya bermanfaat untuk jantung, jalan kaki juga mampu menurunkan tingkat kolestrol buruk dan menaikkan kolestrol baik, menurunkan tekanan darah, serta menjaga berat badan.

Jogging

Melakukan jogging di pagi hari sebelum memulai aktivitas bisa membantumu mendapatkan udara segar. Selain itu, olahraga ini juga dapat menurunkan tingkat stres. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu sebaiknya jogging minimal sekali dalam seminggu.

Bersepeda

Menerapkan gaya hidup yang pasif atau kurang bergerak merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Untuk menghindari hal ini, kamu sebaiknya bersepeda secara teratur dan rutin. Olahraga ini pun bisa dilakukan oleh semua orang dengan segala usia.

Renang

Jika kamu tidak sempat untuk bersepeda, kamu pun bisa melakukan salah satu olahraga yang menyenangkan yakni berenang. Dengan berenang, seluruh ototmu akan memiliki kesempatan untuk digerakkan. Dan hal ini pun akan membantu pernapasan, melancarkan sirkulasi darah, serta menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Yoga

Olahraga terakhir yang bisa kamu lakukan adalah yoga. Dengan melakukan latihan inti yoga seperti pilates akan menguatkan otot inti jantung, meningkatkan fleksibilitas, serta menjaga keseimbangan tubuhmu. Dengan aktif melakukan yoga, pembuluh darahmu pun akan jauh lebih elastis.

Bagi kamu yang hendak memulai olahraga-olahraga di atas, ada baiknya dilakukan secara pelan-pelan agar terjadi penyesuaian terhadap tubuh terlebih dahulu. Apabila pada hari pertama dan kedua kamu merasakan sakit atau nyeri pada seluruh badan, maka jangan heran. Jika sudah terbiasa, hal ini pun akan hiang dan kamu bisa melakukan olahraga selama 30 menit hingga 45 menit selama 5 hari seminggu.

Bukan hanya dengan berolahraga, jantungmu pun akan terjaga jika kamu menerapkan pola makan seimbang dan sehat yang rendah lemak, namun tinggi serat. Kurangi konsumsi lemak jenuh yang biasanya didapatkan dari camilan berupa gorengan. Ganti juga susu full krimmu dengan susu yang rendah lemak.

Melihat fungsinya yang begitu penting, kamu pun sudah harus memulai perubahan ke hidup yang lebih sehat agar terhindar dari berbagai jenis penyakit jantung. Sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, penting pula untuk bergabung dan mendaftarkan diri di AXA Financial Indonesia yang menyediakan asuransi kesehatan yang kamu butuhkan.
 
asuransi penyakit kritis

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...