19 September 2018   Kesehatan

Hati-hati! Ketahui Penyebab Kanker Prostat Pada Usia Muda

Kanker prostat pada usia muda ternyata merupakan kasus yang banyak terjadi. Anggapan bahwa kanker prostat hanya dialami oleh para pria di usia 50 tahun ke atas ternyata salah. Meskipun jumlah rata-rata pria yang didiagnosis kanker prostat berada di atas 50 tahun, faktanya 10% kanker yang satu ini juga dialami oleh mereka yang berada di bawah 50 tahun.

Adapun yang dimaksud kanker prostat adalah terjadinya pertumbuhan sel-sel secara tak terkendali di dalam kelenjar prostat. Sementara prostat adalah kelenjar kecil di bagian panggul pria yang termasuk dalam bagian dari sistem reproduksi.

Letak prostat berada tepat berada di bawah kandung kemih di depan rektum yang mengelilingi uretra, saluran pembawa urin dari kandung kemih ke alat kelamin pria. Fungsi prostat adalah membantu untuk menghasilkan cairan yang menyuburkan serta melindungi sperma.

Apabila terjadi ejakulasi, maka prostat akan mengeluarkan cairan menuju uretra dan akan keluar bersama dengan sperma sebagai cairan semen. Maka dari itu, ada baiknya jika semua pria dengan berbagai latar belakang memahami penyebab terjadinya kanker prostat.
 

Penyebab Kanker Prostat

Secara spesifik, ada beberapa hal yang menjadi penyebab kanker prostat pada usia muda, yakni antara lain sebagai berikut:
  • Terjadinya Obesitas

Obesitas atau yang akrab disebut berat badan berlebih adalah hal pertama yang sering menjadi penyebab terjadinya gangguan kesehatan yang satu ini. Pasalnya, dengan mengonsumsi makanan secara berlebihan, maka risiko terjadinya kanker prostat pun tidak terhindarkan.
  • Faktor Keturunan

Ketika salah seorang anggota keluarga pria pernah mengalami kanker prostat, maka hal ini kemungkinan besar akan menurun kepada anggota keluarga yang lebih muda.
  • Konsumsi Makanan Tertentu

Berdasarkan riset dari Janet L. Stanford, PhD dari Hutchinson Center di Amerika Serikat menyebutkan bahwa makanan yang sering dikonsumsi sehari-hari seperti ayam goreng, kentang goreng, ikan goreng, serta donat ternyata bisa meningkatkan risiko terserang kanker prostat.
  • Terlalu Sering Berhubungan Intim

Faktanya, mereka yang berada pada rentang umur 20 hingga 30 tahun ternyata juga mempunyai risiko kanker prostat dua kali lipat ketika keseringan berhubungan intim.


Cara Mencegah Kanker Prostat

Terjadinya gangguan kesehatan ini ternyata dapat dicegah melalui berbagai upaya mudah di antaranya yaitu:
  • Memperbanyak minum air putih
  • Mengonsumsi jus tomat
  • Memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan
  • Mengurangi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi
  • Mengurangi makanan berlemak
  • Tidak mengonsumsi alkohol
  • Rutin Berolahraga
Bukan hanya itu, melindungi diri dari kanker prostat dengan cara pengadaan asuransi kanker juga perlu dilakukan. Tingginya biaya konsultasi dokter, biaya pengobatan, rawat inap, rawat jalan, hingga harga obat-obatan bagi penderita kanker prostat menjadi pertimbangan utama.

Dengan membeli asuransi kanker maka hal ini bisa jadi tindakan preventif di usia muda ketika gangguan ini tiba-tiba menyerang. Salah satu asuransi kanker terpercaya adalah AXA Financial Indonesia yang menyediakan Axa Cancer and Save. Beragam keuntungan yang dapat diperoleh pun menanti kamu, yakni uang pertanggungan Rp. 250.000.000 apabila terdiagnosa atau meninggal dunia karena penyakit kanker.

Selain itu, ada juga keuntungan pengembalian premi 50% dari total premi selama 36 bulan dari tahun keempat hingga keenam, jika tidak ada klaim dan kondisi polis aktif. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai asuransi Axa Heart and Save, kamu dapat mengunjungi website resmi AXA Financial Indonesia di sini.
 
asuransi penyakit kritis

Inspirasi Terkait
Kemampuan yang Dibutuhkan di Tahun 2021
Kemampuan yang Dibutuhkan di Tahun 2021
04 Januari 2021   Lifestyle
Persaingan di dunia kerja semakin tinggi, untuk dapat mempertahankan kualitas diri penting untuk kita untuk selalu meningkatkan kemampuan diri. Dengan kemampuan diri yang kita punya akan sangat menguntungkan bagi diri kita sendiri.
Baca Selengkapnya
Intip Ide Kegiatan Seru Jelang Libur Akhir Tahun 2020 di Rumah
Intip Ide Kegiatan Seru Jelang Libur Akhir Tahun 2020 di Rumah
31 Desember 2020   Lifestyle
dalam hitungan hari kita akan memasuki tahun yang baru. Namun pandemi belum berakhir. Itu artinya, kamu perlu mencari ide menyambut tahun baru tapi tetap di rumah saja. Tak perlu sedih, karena kamu dan keluarga tetap bisa merayakan malam tahun baru dengan kegiatan seru berikut ini.
Baca Selengkapnya
Tips Semangat Kerja di Akhir Tahun
Tips Semangat Kerja di Akhir Tahun
30 Desember 2020   Lifestyle
Momen akhir tahun selalu ditunggu-tunggu, hawa liburan begitu terasa. Tapi ingat, tidak semua kantor memberikan libur panjang hingga pergantian tahun. Masih ada yang harus tetap aktif bekerja sampai akhir tahun 2020. Berikut ini tips untuk kamu biar tetap semangat bekerja di akhir tahun.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...