29 Juli 2020   Kesehatan

Fakta atau Mitos: Kerokan Bisa Berakibat Fatal

Siapa yang suka kerokan? Kata orang, kalau masuk angin itu obatnya kerokan. Masa sih? Dilansir dari alodokter.com, kerokan secara medis bermanfaat untuk meredakan sakit kepala, meringankan nyeri leher, mengurangi pembengkakan payudara, mengurangi nyeri punggung bawah, serta mengatasi sindrom perimenopause. Lalu apakah aman melakukan kerokan? Semua hal pasti ada sisi baik dan buruknya, termasuk kerokan.

Bahaya Kerokan

Pelebaran pori-pori kulit

Kerokan dilakukan dengan menggosokkan koin atau alat pengerok khusus dengan tepi tumpul ke permukaan kulit yang telah diolesi minyak pijat. Ketika dikerok, maka permukaan kulit menjadi terbuka dan melebar. Inilah yang berbahaya karena pelebaran pori-pori bisa memudahkan virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh, bahkan ke dalam peredaran darah.

Sumber: liputan6.com
 

Memar dan bengkak di area yang dikerok

Proses kerokan membuat pembuluh darah kecil atau kapiler di bawah permukaan kulit menjadi pecah. Hal ini membuat kulit jadi terlihat memar dan merah setelah kerokan. Pada beberapa orang, pembengkakan juga bisa muncul di area kulit yang dikerok.

Sumber: sehatq.com
 

Menimbulkan perdarahan

Saat dikerok, tak jarang permukaan kulit mengeluarkan darah. Penyebabnya adalah tekanan yang diberikan di kulit terlalu berlebihan. Pecahnya pembuluh darah kapiler tidak hanya akan menghasilkan memar, tapi juga perdarahan minor.

Sumber: sehatq.com
 

Risiko penularan penyakit

Apabila terjadi perdarahan saat kerokan, maka risiko penularan penyakit melalui darah dapat terjadi. Risiko semakin meningkat apabila koin atau alat pengerok yang digunakan tidak steril dan telah digunakan oleh lebih dari satu orang.

Sumber: sehatq.com
 

Stroke

Bahaya kerokan yang paling fatal adalah dapat menyebabkan penyakit stroke. Dikutip dari liputan6.com, apabila kerokan dilakukan secara terus menerus, maka akan membuat peredaran darah yang kecil menjadi membesar. Pelebaran pembuluh darah secara berkala inilah yang dapat meningkatkan risiko penyakit stroke. Hindari kerokan pada bagian leher.
 
Asuransi penyakit stroke hanya Rp2.700/ hari

 
Jadi, buat yang mau kerokan berhati-hatilah. Lakukanlah kerokan dengan orang yang memang sudah ahli. Pastikan juga koin atau alat kerokan yang digunakan bersih atau dicuci terlebih dahuludan jangan kerokan terlalu sering untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di atas tadi.

 
Baca Juga: Bahaya Rokok Elektrik atau Vape Bagi Kesehatan

Inspirasi Terkait
Cara Mengecilkan Lengan yang Bisa Kamu Coba!
Cara Mengecilkan Lengan yang Bisa Kamu Coba!
27 September 2020   Kesehatan
Buat yang mau mengecilkan lengan, bisa ikuti caranya di sini!
Baca Selengkapnya
Tips Diet Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan
Tips Diet Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan
27 September 2020   Kesehatan
Sering gagal dalam melakukan diet? Coba tips ini deh!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran Agar Tidak Boros
27 September 2020   Finansial
Suka bingung uang tiba-tiba habis? Cobalah untuk hidup tida boros seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...