27 Juni 2016   Kesehatan

Cerdik Hadapi Sindroma Metabolik

3159     7
Lebaran sebentar lagi, semua perisiapan pastinya sudah lengkap. Kamu masih punya waktu jika masih ada beberapa perlengkapan yang belum dimiliki, cari sekarang mumpung masih sekitar seminggu lagi. Buat kamu yang sudah merasa semua persiapan sudah lengkap, jangan lupakan juga persiapan kesehatan. Ini penting, loh! Kenapa? Jelas kesehatan adalah sesuatu yang mahal maka you better watch your health before it go down.

Lalu apa hubungannya persiapan kesehatan dengan lebaran? Baiklah, jadi begini. Salah satu yang khas ketika lebaran tentu saja menu makanannya. Rendang, opor, laksa, gulai, sambal goreng ati lengkap dengan petai dan kentang dadu, you named it, apapun yang berlemak dengan sentuhan magis bumbu lokal dan tangan Ibu tercinta adalah hal yang tidak terbantahkan nikmatnya. Semua tersaji di atas meja makan lengkap dengan kerupuk, bawang goreng, acar dan tumpukan detail penambah kenikmatan lainnya. Lalu nikmat Lebaran mana lagi yang engkau sangsikan?

Semua makanan tersebut memang sangat menggugah selera, namun tunggu sampai kamu lihat apa yang bisa dihasilkan dari makanan penuh lemak tadi. Yup, setiap orang memiliki rekam sejarah medis yang berbeda. Untuk kalian yang kurang akrab dengan lemak karena memiliki “hubungan khusus” dengan kolestrol, hipertensi atau diabetes sebaiknya lebih berhati-hati karena makanan tersebut bisa saja menyebabkan sindroma metabolik.

Sindroma metabolik adalah sebuah gambaran kondisi di mana tubuh mengalami kenaikan kadar kolesterol, darah tinggi atau bisa juga meningkatnya kadar gula dalam tubuh yang bisa menyebabkan kegemukan yang tidak sehat dan gangguan jantung. Menurut buku panduan dari National Cholesterol Education Program Adult Treatment Panel (ATP III) tahun 2001, ciri utama kriteria sindroma metabolik, yaitu:
-    Kegemukan (obesitas)
ditentukan dari ukuran lingkar perut (perempuan > 80 cm, pria > 90 cm)
-    Kadar gula darah puasa yang tinggi ( > 100 mg/dL)
-    Kadar trigiserida tinggi ( > 150 mg/dL)
-    Kadar kolesterol baik (HDL) rendah ( < 40 mg/dL untuk pria dan  < 50 mg/dL untuk wanita)
-    Tekanan darah berkisar 130/85 mmHg atau lebih

Nah, untuk mengetahui apakah kamu berpotensi mengidap sindroma metabolik atau tidak, kami sarankan untuk rutin melakukan medical check-up di laboratorium. Medical check-up ini mencakup pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan lemak darah, kadar gula darah, urin lengkap, asam urat, fungsi hati dan fungsi ginjal. Pemeriksaan lemak darah meliputi pemeriksaan kadar kolesterol total, trigliserida, HDL dan LDL kolesterol. Untuk pemeriksaan lemak darah ini, sebaiknya kamu berpuasa dulu selama 12-14 jam sebelum pemeriksaan. Sedangkan pemeriksaan kadar gula darah berguna untuk mengetahui adanya peningkatan atau penurunan kadar gula darah dalam tubuh.  Peningkatan kadar gula darah biasanya disebabkan oleh diabetes atau kelainan hormonal.  Pemeriksaan umum untuk menilai kadar gula darah yaitu pemeriksaan gula sewaktu, kadar gula puasa, kadar gula darah 2 jam setelah makan.

Tentunya kamu tidak ingin mengalami hal di atas kan? Maka dari itu kamu harus cerdik menghadapinya dengan beberapa cara berikut ini;

-    Lakukan medical check-up rutin (as we said before)
-    Bijak dalam mengonsumsi makanan saat hari raya
-    Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan
-    Perbanyak kondisi air putih karena baik untuk memperlancar peredaran darah dan pencernaan.

Dan untuk memperlengkap dan menjaga kesehatan jantung kamu, AXA Financial Indonesia mempersembahkan produk AXA Heart & Save HEMAT 90%. Produk asuransi perlindungan jantung & stroke yang siap menjaga kamu dan memeberikan manfaat terbaik untuk kamu mulai dari Rp. 83.000. Cukup bayar 1 bulan premi untuk perlindungan 1 tahun pertama. Nikmati juga cash back serta premi kembali sampai 105%. Jangan sampai ketinggalan karena promo ini berlansgung dari 22 Juni–21 Juli 2016.


Dapatkan Di Sini

Inspirasi Terkait
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
16 September 2019   Lifestyle
Hari pelanggan nasional dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 4 September. Penasaran dengan sejarah dan proses penetapan tanggal 4 September sebagai hari pelanggan nasional? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
16 September 2019   Lifestyle
Jika kamu memiliki kebiasaan boros, perlu terapkan cara menghemat pengeluaran berikut ini agar bisa memanfaatkan uang dengan sebaik mungkin.
Baca Selengkapnya
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
16 September 2019   Kesehatan
Saat ingin melakukan cek kehamilan di bidan perlu menyiapkan beberapa hal. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...