25 Juni 2020   Kesehatan

Cara Mudah Menjaga Gula Darah Normal

Salah satu cara agar tetap sehat adalah dengan mempertahankan gula darah di batas normal. Namun sayangnya, tidak sedikit yang mengalami gula darah tinggi hingga terkena penyakit diabetes. Apabila hal ini berlangsung, maka dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh, koma, atau bahkan kematian karena adanya gangguan produksi hormon insulin. Maka dari itu, ada baiknya kita menjaga gula darah normal dengan cara berikut ini:
 

Cara menjaga gula darah normal

1. Olahraga secara teratur

Olahraga adalah kegiatan yang memberikan manfaat baik bagi tubuh. Salah satunya adalah mengendalikan gula darah dengan baik. Olahraga secara teratur dapat meningkatkan fungsi hormon insulin di tubuh. Ketika berolahraga, sel-sel dalam tubuh dan otot akan menggunakan gula dalam darah sebagai sumber energi. Jenis olahraga yang baik untuk menurunkan gula darah seperti bersepeda, lari, berjalan kaki, angkat beban, dan berenang.

Sumber: sehatq.com
 

2. Menghindari Makanan Junk Food dan Fast Food

Kita tahu bahwa makanan junk food dan fast food tidak baik bagi tubuh. Makanan ini memiliki kandungan kalori, lemak, garam, dan minyak yang tinggi, tetapi kandungan vitamin dan seratnya rendah. Bukan hanya menyebabkan penyakit diabetes, mengonsumsi makanan junk food dan fast food secara berlebihan juga meningkatkan risiko penyakit jantung hinga kanker. Karena itu, hindari makanan junk food dan fast food serta lengkapi perlindungan kesehatan kamu dengan asuransi penyakit jantung atau asuransi penyakit kanker dari AXA Direct.
 
Premi Asuransi penyakit jantung mulai dari Rp2.700/hari ada di banner ini!


Sumber: tirto.id

3. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Cara ini sangat penting dalam menjaga gula darah normal. Menjaga berat badan berarti juga mengontrol porsi makan sekaligus mengatur asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga maka berat badan kamu akan tetap stabil. Alhasil, gula darah tetap terjaga dan risiko diabetes semakin kecil.

Sumber: halodoc.com
 

4. Tidur yang cukup

Pastikan selalu mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Kebiasaan tidur yang kurang baik, tidur terlampau malam, dan kurang istirahat dapat memengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin dimana insulin di tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini membuat orang yang kurang tidur kadar gula darahnya dapat meningkat.

Sumber: halodoc.com
 

5. Menjaga Tingkat Stres

Kamu harus tahu, stres bisa memengaruhi kadar gula darah. Di saat stres, tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon glukagon dan kortisol yang dapat menyebabkan kadar gula darah naik. Jadi, kontrol tingkat stres kamu agar gula darah tetap terjaga. 
 
 
Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi
 

asuransi penyakit kritis
 

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...