08 September 2020   Kesehatan

Cara Mudah Memudarkan Bekas Jerawat

Salah satu hal paling menyebalkan dari kulit berjerawat adalah meninggalkan bekas. Jerawat datang dan pergi, namun terkadang bekasnya menetap dalam jangka waktu lama.
Penyebab bekas jerawat tak selalu karena dipencet, tapi lebih kepada jenis jerawat itu sendiri. Menurut dermatologis dari New York, dokter Whitney Bow, jerawat membekas saat tubuh butuh proses penyembuhan lebih baik namun malah memunculkan keadaan yang tidak diinginkan.
Sebuah enzim yang berada di daerah lesi (luka) jerawat menggerogoti jaringan kolagen dan elastin. Ketika terjadi peradangan, kolagen dan jaringan elastin tak mampu meregenerasi sepenuhnya.  Akhirnya muncul bekas luka.
Ada beberapa bahan alami yang ternyata berkhasiat memudarkan bekas jerawat. Bahan-bahan ini mudah didapat contohnya seperti lidah buaya, lemon, madu, cuka apel, dan minyak kelapa. Kita bahas satu-satu ya.
 

Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung zat anti bakteri dan peradangan yang dapat memudarkan bekas jerawat.  Caranya cukup kupas lidah buaya, ambil getah lendirnya lalu tempel pada bekas jerawat.  Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.  Metode ini bisa kamu ulangi 2 – 3 kali setiap hari.

Lemon

Lemon memiliki kandungan alami yang dapat memudarkan bekas jerawat serta menyingkirkan sel-sel kulit mati, mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru, hingga meningkatkan elastisitas kulit. Caranya tempel perasan air lemon pada bekas jerawat menggunakan jari atau cotton bud. Diamkan 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Metode ini bisa kamu ulangi 1 – 2 kali sehari.
 
Kamu bisa punya asuransi penyakit kanker mulai dari Rp4.000/hari. Beli sekarang!

 

Minyak Kelapa

Minyak kelapa kaya akan kandungan vitamin E dan asam lemak untuk memudarkan bekas jerawat.  Oles minyak kelapa pada seluruh bagian kulit wajah dan pijat selama 5 – 10 menit lalu diamkan selama 1 jam.  Setelah itu bilas menggunakan air hangat.  Lakukan metode ini 1 – 2 kali dalam seminggu hingga jerawat memudar. 

Cuka Apel

Cuka apel dikenal cukup efektif dalam memudarkan bekas jerawat karena mengandung bahan yang dapat meringankan pigmentasi di kulit, merangsang produksi kolagen, memperbaiki, dan mengangkat sel kulit mati.  Campurkan cuka apel dan air dengan takaran yang sama lalu celupkan bola kapas, kemudian oles pelan pada bekas jerawat.  Diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air bersih. Metode ini bisa dilakukan setiap hari.

Madu

Madu mengandung antibiotik yang dapat memudarkan bekas jerawat.  Caranya oles madu pada bekas jerawat lalu tutup dengan perban atau kasa dan biarkan semalaman. Bersihkan dengan air hangat pada pagi harinya.  Lakukan cara ini setiap hari sebelum tidur.
 
Sumber: liputan6.com dan wolipop.detik.com
 

Baca Juga: Vitamin C yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit
 

Inspirasi Terkait
Penyakit Listeriosis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
Penyakit Listeriosis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
16 Oktober 2020   Kesehatan
Penyakit Listeriosis disebabkan oleh bakteri Listeria Monocytogenes yang ditemukan di daerah lembab dan dapat bertahan di suhu dingin. Bagaimana bakteri ini dapat menyerang manusia? Berikut penjelasannya.
Baca Selengkapnya
Makanan Ini Bisa Menciptakan Rasa Bahagia. Cobain deh!
Makanan Ini Bisa Menciptakan Rasa Bahagia. Cobain deh!
16 Oktober 2020   Kesehatan
Tahukah kamu, lewat makanan kamu bisa meningkatkan mood dan menciptakan rasa bahagia. Apa saja makanan itu?
Baca Selengkapnya
6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona
6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona
15 Oktober 2020   Kesehatan
Selain kesehatan fisik, sangat penting juga bagi kita untuk menjaga kesehatan pikiran dan mental dalam menghadapi perubahan gaya hidup semenjak pandemi ini. Kamu bisa mengikuti caranya di bawah ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...