18 Nopember 2020   Kesehatan

Cara Mengatasi Overthinking

Siapa yang pernah merasa berpikir berlebihan alias overthinking? Hampir sebagian manusia pasti pernah merasakannya. Overthinking adalah pemikirkan suatu hal secara berlebihan dan terus menerus yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental hingga fisik. Tapi kamu tidak perlu takut karena kamu bisa mengatasi overthinking tersebut dengan cara-cara berikut ini.

Cara Mengatasi Overthinking 

Tulis yang sedang kamu pikirkan

Jika hanya dipikirkan terus, pikiran akan menjadi tambah banyak. Jadi, cobalah untuk menuliskan segala sesuatu yang ada di pikiran kamu ke dalam secarik kertas. Terdengar simple tapi bisa banyak membantu kamu dalam meringankan beban pikiran. Dengan menulis masalah yang sedang kamu pikirkan, bisa saja mendorong kamu menemukan solusinya.
 

Fokus pada pemecahan masalah

Overthinking kerap muncul ketika kita menghadapi masalah tertentu. Namun, yang harus diketahui bahwa memikirkan masalah berlarut-larut tidak selalu dapat menyelesaikannya. Sebaiknya kamu fokus pada langkah pasti yang dapat menjadi solusi masalah tersebut. Jangan terus menyesali mengapa sesuatu dapat terjadi, tapi lebih baik fokus pada apa yang dapat memperbaiki keadaan tersebut.
 

Lakukan aktivitas yang kamu sukai

Kamu mengistirahatkan pikiran dari hal-hal yang menyita energi dan waktu. Lakukanlah aktivitas yang kamu sukai untuk menyenangkan diri. Misalnya olahraga, membaca buku, atau menonton film. Tentunya hal ini bisa membantu mengalihkan pikiran kamu dari overthinking dan membuat kamu jadi lebih rileks.
 

Berlatih Mindfulness

Mindfulness adalah momen kesadaran saat di mana kita berlatih fokus untuk apa yang kita lakukan pada saat ini. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih mindfulness dalam kegiatan sehari-hari antara lain: menghindari pikiran tentang pekerjaan di luar jam kerja dan fokus pada aktivitas lain yang bisa dilakukan; menikmati makanan yang sedang kamu santap dengan tidak melakukan hal lain; atau jalan-jalan sambil memerhatikan lingkungan sekitar, bila perlu catat apa saja yang kamu temui di jalan mulai dari apa yang kamu lihat, dengar, dan hirup.


Jagalah selalu pikiranmu agar terhindar dari efek buruk overthinking. Bila kamu memerlukan bantuan pihak lain, kamu bisa melakukan konsultasi dengan ahlinya seperti psikolog di Good Doctor yang ada di aplikasi Grab. Bagi nasabah AXA Financial Indonesia, konsultasi dengan psikolog atau dokter umum dapat dilakukan secara gratis di Good Doctor. Jika kamu belum menjadi nasabah AXA Financial Indonesia, kamu bisa membeli produk asuransi kesehatan atau asuransi jiwa di AXA Direct.

good doctor

Sumber: gooddoctor.co.id, hellosehat.com dan tirto.id

 
Baca Juga : 6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona
 
 
 
asuransi jiwa

Inspirasi Terkait
5 Cara Mudah Mengajarkan Literasi Keuangan Pada Anak
5 Cara Mudah Mengajarkan Literasi Keuangan Pada Anak
30 Nopember 2020   Finansial
pengenalan terhadap pengetahuan literasi keuangan sejak dini akan membuat anak-anak terbiasa mengelola keuangan dengan baik dan benar di masa yang akan datang. Bagaimana caranya mengajarkan literasi keuangan pada anak? Berikut jawabannya.
Baca Selengkapnya
Pengertian dan Manfaat Literasi Keuangan
Pengertian dan Manfaat Literasi Keuangan
30 Nopember 2020   Finansial
Mungkin kamu sudah tidak asing mendengar kata “Literasi Keuangan”. Namun, apa sebenarnya pengertian dari literasi keuangan dan apa saja manfaatnya? Cari tahu selengkapnya dalam artikel ini.
Baca Selengkapnya
3 Manfaat Asuransi Kesehatan yang Sangat Menguntungkan
3 Manfaat Asuransi Kesehatan yang Sangat Menguntungkan
30 Nopember 2020   Kesehatan
Tak perlu sakit dulu untuk punya asuransi kesehatan. Malah seharusnya, kamu sudah memiliki asuransi kesehatan dulu sebelum sakit menyerang. Jika kamu masih belum yakin, ketahui dulu tiga manfaat asuransi kesehatan berikut ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...