02 Agustus 2020   Lifestyle

Cara Memilih Sepeda Lipat Sebelum Membelinya

Saat ini sepeda lipat sedang ramai diminati oleh masyarakat. Kendaraan roda dua yang praktis ini bisa dibawa maupun disimpan dengan mudah. Dilansir dari kumparan.com, penjualan sepeda termasuk sepeda lipat meningkat 2 kali lipat di masa pandemi. Apakah kamu salah satu yang tertarik membeli sepeda lipat? Sebelum membelinya, kamu wajib mengetahui cara memilih sepeda lipat yang tepat.

Cara Memilih Sepeda Lipat

Tetapkan anggaran kamu

Harga sepeda lipat berbeda-beda. Ada harga yang  ekonomis dan ada juga yang dengan harga yang cukup tinggi. Maka dari itu, kamu perlu menentukan anggaran di awal untuk membatasi pilihan sepeda lipat yang diinginkan.
 
Sumber: hobigowes.com


Cara melipat sepeda

Namanya juga sepeda lipat, pastinya cara melipat sepeda menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan. Setiap brand sepeda mempunyai metode melipat yang berbeda-beda. Carilah sepeda lipat dengan metode melipat yang efisien bagi kamu. Jangan sampai membuat kamu repot dengan kemampuan pelipatannya.
 
Sumber: sepeda.me
 

Ukuran sepeda

Ukuran sepeda lipat tergantung pada ukuran roda. Roda 16” menghasilkan ukuran sepeda 58.5 x 56.5 x 27 cm sedangkan ukuran roda 20” menjadikan sepeda lipat berukuran 66 x 82 x 32 cm. Namun, kamu bisa mengatur tempat duduk, handlebars, dan lainnya sehingga posisi bersepeda sama seperti sepeda normal. Pilihlah ukuran sepeda yang sesuai dengan postur tubuh, sehingga kamu menjadi lebih nyaman saat bersepeda dan ringkas ketika disimpan.
 
Sumber: sepeda.me


Bobot sepeda

Selain ukuran sepeda, perhatikan juga bobot sepeda lipat. Bobot sepeda lipat biasanya dipengaruhi oleh harga dan kualitas bahan. Pastikan bobot sepeda lipat yang kamu pilih sesuai dengan kemampuan kamu. Jangan memilih bobot sepeda lipat yang berlebihan karena akan merepotkan kamu ketika membawa sepeda tersebut.
 
Sumber: liputan6.com
 

Material rangka sepeda lipat

Dikutip dari sepeda.me, ada empat jenis material rangka sepeda lipat yaitu steel, alloy, carbon fiber, dan titanium. Steel memiliki bobot yang paling berat tapi harganya paling terjangkau. Alloy terdiri dari aluminium campuran dan bobotnya terbilang ringan. Kemudian ada carbon fiber, material yang sangat kuat, ringan, namun harganya cukup tinggi. Terakhir adalah titanium, material yang tahan karat dan sangat ringan.
 
Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli sepeda lipat. Apa pun sepeda lipat yang kamu pilih nanti, pastikan kamu bersepeda dengan aman ya, seperti mengenakan helm, memakai masker, dan menyiapkan asuransi kesehatan agar lebih tenang selama bersepeda.

Asuransi kesehatan dengan jaminan 100% uang kembali ada di bawah ini!


 
 
Baca Juga: Tempat Sarapan Enak di Jakarta Setelah Gowes
 

Inspirasi Terkait
Cara Mengecilkan Lengan yang Bisa Kamu Coba!
Cara Mengecilkan Lengan yang Bisa Kamu Coba!
27 September 2020   Kesehatan
Buat yang mau mengecilkan lengan, bisa ikuti caranya di sini!
Baca Selengkapnya
Tips Diet Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan
Tips Diet Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan
27 September 2020   Kesehatan
Sering gagal dalam melakukan diet? Coba tips ini deh!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran Agar Tidak Boros
27 September 2020   Finansial
Suka bingung uang tiba-tiba habis? Cobalah untuk hidup tida boros seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...