17 Juni 2020   Lifestyle

Berikut Hal yang Wajib Dilakukan Ketika Mengalami Tindak Kekerasan

Dalam situasi pandemi seperti saat ini, berada di rumah saja menjadi salah satu cara tepat untuk menurunkan angka penyebaran COVID-19. Namun sayangnya, bagi sebagian perempuan, berada di rumah bukanlah sesuatu yang aman. Pelaku kekerasan memiliki lebih banyak kesempatan untuk melakukan tindak kekerasan kepada pihak perempuan.

Hal ini dibuktikan dengan adanya jumlah kenaikan pengaduan kekerasan sebesar 50% selama pandemi COVID-19. Berdasarkan data yang diperoleh LBH APIK dari tanggal 16 Maret hingga 20 Mei 2020, sudah ada 194 kasus pengaduan kekerasan perempuan. Kasus ini terdiri dari kekerasan berbasis gender online sebanyak 64 kasus, kekerasan dalam pacaran 20 kasus, kekerasan dalam rumah tangga sebanyak 58 kasus serta kekerasan seksual yaitu 18 kasus.

Bukan hanya itu, dikutip dari bbc.com, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mencatat per 2 Maret hingga 25 April 2020, terdapat 275 kasus kekerasan yang dialami perempuan dewasa, dengan total korban 277 orang.

Bagi kamu yang mengalami kasus kekerasan ini, kamu dapat menghubungi helpline LBH APIK melalui Whatsapp di nomor 081388822669 atau email pengaduan di LBHAPIK@gmail.com pada hari Senin sampai Minggu pukul 09:00-21:00.
 
Berikut adalah prosedur pengaduan ke LBH APIK:

Korban menghubungi helpline -> 1x 24 jam direspon oleh LBH APIK -> korban mengisi form aduan -> korban dihubungi kembali oleh LBH APIK untuk dikonfimasi -> LBH APIK menindaklanjuti aduan.
 
Selain bantuan hukum, LBH APIK juga akan menghubungkan korban ke lembaga layanan, seperti psikolog, rumah aman, dan lembaga layanan lainnya.
Maka dari itu, bagi para korban jangan takut dan berdiam diri. Kamu wajib menghubungi LBH APIK untuk mendapatkan pertolongan segera.
 
Miliki asuransi jiwa untuk melindungi orang-orang yang kamu cintai


 
Baca Juga: Ketidaksetaraan Gender di Indonesia
 
 
asuransi kesehatan

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...