08 Mei 2019   Kesehatan

Begini 5 Tips Mengatasi Mimisan Secara Efektif dan Ampuh yang Bisa Dilakukan

239     0
Mimisan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang kerap kali menghampiri seseorang. Masalah ini terjadi karena keluarnya darah dari hidung, baik dari salah satu maupun kedua lubang hidung. Prosesnya pun biasanya berlangsung selama beberapa detik hingga 10 menit.

Mereka yang sering mengalami mimisan yakni anak-anak berusia 2 hingga 10 tahun, ibu hamil, lansia, serta orang-orang yang sering mengonsumsi obat pengencer darah seperti Aspirin. Meski kondisi ini umum terjadi dan tidak mengancam jiwa, kamu tetap perlu berhati-hati.

Pasalnya, mimisan bisa saja menjadi penanda adanya penyakit-penyakit tertentu. Ada beberapa penyebab gangguan ini, misalnya proses buang ingus yang terlalu kencang, terlukanya dinding hidung saat mengorek hidung, udara yang kering dan dingin, serta bentuk hidung yang bengkok atau cedera.

Ketika mengalami hal ini kamu tidak perlu panik karena ada beberapa tips mengatasi mimisan yang dapat dilakukan sendiri. Apa saja tips tersebut? Yuk, simak 5 tipsnya di bawah ini!
 

1. Duduk Tegak dengan Tubuh Mengarah ke Depan

Pertolongan pertama yang dapat kamu lakukan saat hidung mengeluarkan darah adalah dengan duduk tegak. Pasalnya, tidak sedikit orang yang jika mengalami mimisan maka akan segera berbaring atau menengadahkan kepalanya ke belakang.
Berada dalam posisi seperti ini tidak dianjurkan. Olehnya itu, ada baiknya jika kamu berada pada posisi duduk tegak dengan tubuh tetap mengarah ke depan.
 

2. Tekan Cuping Hidung Selama 10 Menit

Setelah itu, kamu dapat menekan atau memencet cuping hidung selama 10 menit dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Hal ini bertujuan untuk memberikan tekanan pada titik perdarahan agar darah dapat berhenti mengalir dengan segera. Yang jelas, ketika kamu melakukan hal ini, maka cobalah untuk bernapas melalui mulut lebih dulu.
 

3. Kompres Hidung dengan Es Batu

Apabila darah masih mengalir, maka tips berikutnya yang dapat kamu terapkan yakni kompres hidung dengan menggunakan es batu. Cara ini efektif untuk menghentikan pendarahan pada hidung.
Untuk melakukan hal ini, kamu tidak boleh menempelkan es batu secara langsung ke hidung. Bungkus es batu terlebih dahulu dengan menggunakan kain lembut atau handuk. Setelah itu, tempelkan ke hidung untuk mengatasi mimisan.
 

4. Hindari Bersin

Tips lain mengatasi mimisan adalah dengan menghindari bersin atau mengeluarkan darah dari hidung jika darah masih mengalir. Pasalnya, situasi ini akan membuat mimisan semakin sulit berhenti. Jika bersin, darah justru akan mengalir kembali karena adanya proses rangsangan yang terjadi.


5. Jika Belum Berhenti, Segera ke Dokter

Apabila seluruh tips-tips di atas telah kamu coba namun darah masih mengalir dari hidung, maka ada baiknya untuk segera ke dokter. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut sehingga mimisan dapat segera diatasi.

Mimisan pun kerap kali membuat seseorang kesulitan bernapas dan kehilangan banyak darah. Tidak jarang mimisan membuat seseorang mengalami demam tinggi, menggigil, hingga perasaan seperti ingin pingsan. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa kamu wajib ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian tadi beberapa tips mengatasi mimisan yang secara efektif dan ampuh bisa kamu lakukan sendiri jika tiba-tiba gangguan kesehatan ini menyerang. Yang pasti, setelah mimisan berhenti usahakan untuk tidak membuang ingus serta melakukan aktivitas berat selama 24 jam terlebih dahulu untuk menghindari iritasi pada hidung.

Inspirasi Terkait
Tips Meraih Cita-cita Dalam Hidup yang Bisa Dilakukan Agar Terwujud
Tips Meraih Cita-cita Dalam Hidup yang Bisa Dilakukan Agar Terwujud
07 Oktober 2019   Lifestyle
Meraih impian bukanlah hal yang sulit dilakukan jika kamu mengikuti tips berikut ini
Baca Selengkapnya
Tak Hanya Sesak Napas, Ini 5 Macam Gangguan Jantung Lainnya yang Perlu Dipahami
Tak Hanya Sesak Napas, Ini 5 Macam Gangguan Jantung Lainnya yang Perlu Dipahami
07 Oktober 2019   Kesehatan
Gangguan pada jantung tidak hanya menunjukkan gejala sesak napas, lho. Kamu perlu mengetahui tanda-tanda yang berbeda dari setiap jenis penyakit jantung seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Sering Disepelekan, Ini 5 Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Diwaspadai
Sering Disepelekan, Ini 5 Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Diwaspadai
07 Oktober 2019   Kesehatan
Sakit jantung memang berbahaya dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Oleh karena itu, yuk kenali apa saja gejalanya, khususnya bagi para wanita yang memiliki tanda berbeda dari pria.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...