07 September 2018   Finansial

Begini 5 Langkah Tepat Merdeka Secara Keuangan yang Perlu Diketahui

Merdeka secara keuangan adalah kondisi di mana seseorang telah mampu memenuhi kebutuhan keuangannya sehari-hari. Sebagai contoh, pendidikan anak, biaya hidup, persiapan dana pensiun, serta asuransi yang terjamin.

Jika semua hal-hal ini telah terpenuhi, maka dapat dipastikan kamu termasuk orang yang bebas secara finansial. Artinya, kamu telah berhasil untuk mengamankan kondisi keuangan dalam hidup serta menjamin kebutuhan keluarga agar dapat terpenuhi dengan baik.

Berada di kondisi seperti ini bukan hal mustahil untuk dapat dicapai, meskipun akan ada sedikit pengorbanan akibat kerja keras yang harus dilakukan. Nah, bagaimana cara tepat untuk merdeka secara keuangan? Berikut 5 langkah yang perlu kamu ketahui:
 

Mencatat Pengeluaran dan Menabung

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memiliki kemerdekaan dari sisi finansial adalah mencatat semua pengeluaran dengan baik  sedetail mungkin. Aktivitas ini akan membantu untuk mengetahui kondisi keuangan yang dimiliki.

Hasilnya, beragam keputusan keuangan yang diambil baik jangka pendek maupun jangka panjang pun dapat diatur melalui pencatatan keuangan ini. Setelah itu, sebisa mungkin kamu menyisihkan pendapatan bulananmu untuk ditabung. Menabunglah secara realistis di mana besarannya dapat ditentukan dari catatan pengeluaran.
 

Memperbanyak Aset

Aset adalah barang-barang yang memiliki nilai tukar sehingga bisa dijadikan modal atau hitungan kekayaan. Dua jenis benda yang populer untuk dijadikan aset adalah properti baik rumah atau tanah serta kendaraan pribadi.

Benda-benda ini merupakan modal berharga. Jika sedang tidak digunakan, kamu bisa menyewakan ke orang lain sehingga pemasukan akan bertambah dan tetap  tidak mengganggu pekerjaan. Perbanyaklah aset yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.


Membebaskan Diri dari Utang

Selanjutnya, ketika berharap agar terbebas dari sisi keuangan, maka hal yang harus dihindari adalah berutang. Pasalnya, meski terdengar sepele utang merupakan hal yang sangat berbahaya. Baik utang kepada teman atau ke pihak bank.

Membebaskan diri dari utang piutang akan memudahkan proses hidup menuju kemerdekaan finansial. Apabila saat ini kamu berutang, segeralah untuk melunasinya karena sangat rentan untuk menimbulkan masalah baru.
 

Menyiapkan Dana Darurat

Tidak bisa dipungkiri bahwa hidup kadang tidak berjalan sesuai rencana. Dalam aktivitas sehari-hari, kita kadang mengalami hal-hal tak terduga seperti sakit atau kecelakaan. Keberadaan dana darurat menjadi penting sebagai sebuah investasi.

Sebisa mungkin kamu mencoba untuk menabung separuh dari gaji pokok yang dihasilkan setiap bulannya. Nah, ketika hal ini sudah dianggarkan, maka kamu tidak usah khawatir jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang membutuhkan budget.
 

Mendaftarkan Diri dan Keluarga di Asuransi

Terakhir, langkah ini menjadi sangat penting bagi kamu yang berharap untuk memerdekakan diri secara keuangan. Hal ini bermanfaat sebagai dana bantuan jika dihadapkan pada situasi yang mendadak. Sebagai contoh, asuransi jiwa yang dibutuhkan oleh orang tua di mana ketika tiba akhir hayatnya, maka akan ada yang bertanggung jawab.

Bukan hanya itu, asuransi kesehatan anggota keluarga juga menjadi perhatian penting. Pasalnya, ketika salah satunya jatuh sakit, maka akan ada asuransi yang menanggungnya sehingga tidak perlu lagi repot mengenai pembayaran rumah sakit. Belum lagi asuransi pendidikan yang akan menanggung biaya pendidikan si kecil.

Meskipun terkesan sulit, cobalah untuk melakukan hal-hal tersebut di atas secara perlahan. Merdeka secara keuangan memang tidak instan, dibutuhkan proses, kesabaran, dan ketekunan untuk hasil yang terbaik.

Inspirasi Terkait
Vitamin C yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit
Vitamin C yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit
01 Juli 2020   Kesehatan
Selain meningkatkan sistem imun tubuh, masih banyak manfaat vitamin C bagi kesehatan, antara lain:
Baca Selengkapnya
Ketahui Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia
Ketahui Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia
30 Juni 2020   Kesehatan
Hati-hati dengan Insomnia. Yuk, cari informasi lengkap tentang Insomnia di Sini!
Baca Selengkapnya
Sejarah Hari Anti Narkoba Sedunia
Sejarah Hari Anti Narkoba Sedunia
30 Juni 2020   Lifestyle
Tahukah kamu? Setiap tanggal 26 Juni diperingati sebagai Hari Anti Narkoba Sedunia. Inilah sejarahnya
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...