01 Juni 2020   Kesehatan

Bahaya Rokok Elektrik atau Vape Bagi Kesehatan

Rokok elektrik atau vape sedang popular saat ini. Banyak yang menggunakan rokok elektrik atau vape untuk mengurangi kecanduan rokok. Pasalnya, banyak yang menyebutkan bahwa vape tidak berbahaya seperti rokok karena kandungan zat beracun yang lebih sedikit. Namun sayangnya, ternyata rokok elektrik atau vape ini tetap berbahaya bagi kesehatan, antara lain:
 

Bahaya Vape Bagi Kesehatan

1. Merusak Paru-Paru

Aroma wangi yang dihasilkan vape berasal dari zat berbahaya yang bernama diasetil. Jika terhirup, zat ini akan menyebabkan kerusakan pada paru-paru dan berisiko mengakibatkan penyakit bronchiolitis obliterans, yaitu penyakit paru-paru langka dimana bronkiolus atau saluran napas terkecil dalam paru-paru mengalami kerusakan permanen.
 

2. Meningkatkan risiko penyakit darah tinggi, diabetes, dan sakit jantung

Cairan yang digunakan untuk rokok elektrik mengandung zat nikotin. Penggunaan nikotin dalam jangka waktu lama dapat memicu kenaikan tekanan darah dan denyut jantung, serta peningkatan risiko terkena resistensi insulin, diabetes, dan penyakit jantung. Penyakit tersebut tentu berisiko mengganggu finansial kamu nantinya. Karena itu, persiapkan asuransi penyakit jantung sebagai dana darurat untuk pengobatannya.
 
 

3. Meningkatkan risiko kanker

Selain penyakit jantung, rokok listrik atau vape juga meningkatkan risiko terkena kanker, terutama kanker paru-paru. Cairan pada rokok elektrik mengandung formaldehida yang bisa menyebabkan penyakit kanker. Ada baiknya kamu sudah melindungi diri dari risiko penyakit kanker dengan memiliki asuransi penyakit kanker.
 
 
 


4. Menurunkan daya ingat

Zat nikotin pada vape juga berdampak negatif bagi perkembangan otak. Bila digunakan dalam jangka panjang, zat nikotin ini dapat mengganggu daya ingat dan konsentrasi sehingga daya ingat menjadi menurun, terutama bagi yang berusia remaja.
 

5. Menyebabkan kecanduan

Masih disebabkan oleh zat nikotin. Efek samping lainnya adalah kecanduan. Jika kebiasaan mengisap rokok elektrik berhenti, maka penggunanya dapat mengalami depresi, stres, mudah marah, gelisah, hingga sulit tidur.


Baca Juga: Selain Merokok, Ini 5 Penyebab Penyakit Jantung Lainnya

 
6. Bisa meledak

Vape menggunakan baterai sebagai sumber energi. Apabila baterai tersebut terlalu panas atau penggunaannya salah, bisa memicu ledakan. Terbukti dengan adanya beberapa kejadian mengenaik rokok elektrik yang meledak saat digunakan hingga mengakibatkan cedera serius. Jadi, berhati-hatilah!
 
 
Sumber: www.alodokter.com

 

asuransi penyakit kritis
 

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...