20 Maret 2017   Kesehatan

Autis dan Down Syndrome, Sering Dianggap Sama Padahal Beda

23547     5
Memberikan perhatian lebih terhadap penyandang autis dan down syndrome merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat mereka merasa lebih baik. Sayangnya, saat ini masih banyak orang yang menyamakan autisme dan down syndrome. Padahal, ada beberapa perbedaan mendasar yang perlu kamu tahu.

Autisme

Autisme adalah kondisi dimana seorang anak mengalami keterlambatan pada perkembangannya, jadi autisme bukanlah suatu penyakit bawaan. Karena autisme bukan suatu penyakit, maka penanganan bukan dengan obat melainkan terapi dalam jangka panjang.

Pada dasarnya penyandang autisme memiliki IQ yang sama bahkan lebih dari rata-rata anak pada umumnya, hanya saja terkendala masalah sensorik yang membuat mereka lebih sensitif terhadap rangsangan dari luar.  Penyandang autism umumnya kesulitan berkomunikasi dan interaksi dengan sekitar.

Mereka lebih suka menyendiri dan sering mengulang gerakan atau ucapan tertentu. Ciri khas penyandang autisme dapat dilihat dari mata mereka yang sulit fokus pada satu titik dan mulut yang lebih banyak bergumam. Perilaku seperti ini dikenal dengan istilah mal adaptif.
 
Down Syndrome

Berbeda dengan autisme, down syndrome adalah sebuah penyakit dengan kondisi kelainan kromosom yang terjadi sejak dalam kandungan.  Kelainan ini dapat disebabkan oleh gen kedua orang tua atau kesalahan mengonsumsi jenis makanan pada saat ibu mengandung.  Rata-rata IQ para penyandang down syndrome di bawah IQ normal, yaitu hanya sekitar 50-60 saja.

Penderita autisme tidak dapat dilihat ketika bayi baru lahir, tetapi penderita down syndrome sejak lahir  sudah terlihat dari bentuk wajahnya yaitu sudut luar mata naik hingga menyipit, serta hidung dan mulut kecil. Dan biasanya, penyandang down syndrome juga memiliki kelemahan fungsi fisik lainnya, misalnya saja pada jantung.

Ingat, penyandang autis dan down syndrome membutuhkan penerimaan yang baik dari lingkungannya untuk membuat hidup mereka lebih baik. Sebagai langkah awalnya, mengenali perbedaan autis dan down syndrome melalui informasi di atas tentu bisa jadi ‘panduan’ bagi kamu.

Article by Breaktime

Inspirasi Terkait
Tinggal 2 Bulan Lagi! Ini Cara Mewujudkan Resolusi Tahun Baru 2020 yang Bisa Dilakukan
Tinggal 2 Bulan Lagi! Ini Cara Mewujudkan Resolusi Tahun Baru 2020 yang Bisa Dilakukan
26 Nopember 2019   Lifestyle
Selain melanjutkan rencana tahun lalu, kamu bisa menyusun resolusi di masa mendatang yang bakal membuat dirimu menjadi pribadi lebih baik. Lantas, bagaimana cara mewujudkan resolusi tahun baru 2020?
Baca Selengkapnya
Stress Saat liburan? Ini 5 Cara Mengatasinya yang Bisa Kamu Lakukan
Stress Saat liburan? Ini 5 Cara Mengatasinya yang Bisa Kamu Lakukan
26 Nopember 2019   Lifestyle
Sayangnya, stress saat Liburan kerap tak terhindarkan. Lantas, bagaimana cara mengatasi stress selama berlibur? Ketahui 5 di antaranya sebagai berikut:
Baca Selengkapnya
Selain Pohon Natal, Ini 5 Persiapan Lainnya yang Wajib Diperhatikan
Selain Pohon Natal, Ini 5 Persiapan Lainnya yang Wajib Diperhatikan
26 Nopember 2019   Lifestyle
Selain pohon natal yang wajib, ada beberapa persiapan natal yang perlu diperhatikan. Apa saja persiapan tersebut? Yuk, cek 5 di antaranya berikut ini!
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...