07 Desember 2017   Kesehatan

Apa Sebenarnya yang Menjadi Penyebab Sakit Jantung di Usia Muda?

Penyakit sering kali tak mengenal usia. Di usia muda, beberapa orang bahkan sudah harus mengidap penyakit jantung.
 
Menurut Direktur Medis dan Keperawatan RS Harapan Kita, rata-rata pasien dengan keluhan jantung kini bergeser ke usia yang lebih muda, yakni 30 tahun.

Hal ini tentu patut diwaspadai, mengingat penyakit jantung juga tergolong serius bahkan mematikan. Untuk mencegahnya sejak dini, yuk kenali penyebab sakit jantung di usia muda beserta gejalanya di sini!

Cek Gaya Hidupmu! Besar Kemungkinan, Itu Penyebab Utamanya
Upaya mencegah penyakit jantung dapat diawali dengan mengenal penyebab utamanya terlebih dahulu. Ada 3 penyebab sakit jantung di usia muda yang memberi pengaruh cukup signifikan, yaitu:
 
  1. Gaya Hidup Buruk
Penyebab sakit jantung di usia muda bisa terjadi karena pola hidup yang buruk. Seperti apa gaya hidup buruk yang dimaksud? Kurang berolahraga dan sering mengonsumsi makanan berlemak daripada buah-buahan atau sayuran adalah pola hidup yang seharusnya Anda hindari.
 
  1. Kadar Kolesterol Tinggi
Kolesterol terbagi dalam dua jenis, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat mudah menggumpal dan menempel pada dinding pembuluh darah. Karena itu, kadar LDL yang tinggi dapat membentuk plak yang menyebabkan aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah).
 
Dari situlah fungsi jantung terhambat, hingga kemudian menjadi penyakit. Kadar LDL yang normal dalam darah adalah di bawah 3 mmol/L atau 115 mg/dl untuk orang dewasa serta 2 mmol/L atau 77mg/dl untuk orang yang memiliki risiko tinggi.
 
  1. Obesitas
Kelebihan berat badan atau obesitas berpotensi memunculkan tekanan darah tinggi, serta kadar kolesterol yang melambung. Kedua resiko tersebut pada akhirnya menjadi penyebab sakit jantung di usia muda yang mungkin selama ini kamu abaikan.
 
Gejala Seperti Ini Patut Kamu Waspadai, Karena Bisa Jadi Pertanda Serangan Jantung
Tanda-tanda munculnya serangan jantung sering kali tidak begitu disadari oleh pengidapnya. Selain mengetahui penyebab sakit jantung di usia muda, adapun gejala serangan jantung yang juga wajib kamu pahami adalah sebagai berikut:
 
  1. Nyeri Dada
Penyakit jantung di usia muda yang umum dirasakan oleh penderitanya yakni nyeri dada. Nyeri dada ini memberi efek sesak napas yang diikuti keluarnya keringat, mual, serta denyut jantung berdegup lebih kencang dari biasanya. Nyeri dada tersebut muncul karena adanya penyumbatan arteri yang mengakibatkan darah tidak dapat mengalir lancar ke seluruh tubuh.
 
  1. Denyut Jantung Tak Beraturan
Bila kamu mengalami denyut jantung yang tidak beraturan, hal ini patut diwaspadai karena dapat berakibat fatal. Gejala tersebut umumnya terjadi karena adanya penebalan otot pada katup jantung. Akhirnya, penyempitan pada katup pun timbul hingga menyebabkan kebocoran.
 
  1. Keringat Dingin
Beberapa orang juga mengalami gejala yang satu ini, yakni keringat dingin. Keringat dingin atau hiperdosis biasanya terjadi pada area tertentu saja seperti tangan, kaki, ketiak dan terkadang wajah. Biasanya kondisi ini dialami setidaknya satu kali dalam seminggu tanpa alasan tertentu.

Tak ada kata terlambat, cegah penyakit jantung dari sekarang dengan penanganan yang benar seperti rutin check up ke dokter spesialis kardiovaskular. Manfaatkan asuransi kesehatan AXA Financial Indonesia agar semua biaya medis bisa ditanggung tanpa merepotkanmu.

Daftarkan dirimu sekarang untuk menjadi salah satu nasabah perusahaan asuransi terpercaya di dunia ini melalui website resminya. Kebetulan, ada promo diskon AXA Heart & Save sebesar 50% di premi bulan pertama yang sayang jika kamu lewatkan!
 
asuransi penyakit kritis

Inspirasi Terkait
Tips Merapikan Rumah Sekali Seumur Hidup Ala Marie Kondo
Tips Merapikan Rumah Sekali Seumur Hidup Ala Marie Kondo
30 September 2021   Lifestyle
“Bereskan rumah sekali, dan Anda tidak perlu membereskannya lagi.” Pernyataan di atas keluar dari seorang pelopor teknik membereskan rumah bernama Marie Kondo. Tekniknya sendiri ia namanya KonMari. Apa yang membuat tekniknya begitu populer hingga seluruh dunia? Ternyata ia mengibaratkan memberes
Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Kesehatan Jantung Walaupun Hanya di Rumah Saja
Tips Menjaga Kesehatan Jantung Walaupun Hanya di Rumah Saja
30 September 2021   Kesehatan
Jarang keluar rumah bisa membuat orang-orang memiliki gaya hidup yang kurang aktif, apalagi saat ini masih pandemi yang membuat sebagian masyarakat bekerja dari rumah. Jangan terlena, walau di rumah saja mengurangi risiko terkena virus, ada penyakit lain yang siap mengintai jika kamu malas bergerak
Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Kesehatan Anak saat Sekolah Tatap Muka
Tips Menjaga Kesehatan Anak saat Sekolah Tatap Muka
30 September 2021   Kesehatan
Dengan dimulainya kembali sekolah tatap muka di DKI Jakarta pada akhir Agustus 2021, muncul reaksi beragam dari para orang tua. Walaupun ada rasa khawatir mengenai kesehatan anak, tak sedikit pula yang menyambut antusias sekolah tatap muka karena dapat kembali belajar seperti biasa.
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...