13 Februari 2019   Kesehatan

Tropis (yang Kadang) Sadis

988     0
Sebagai negara tropis, Indonesia terkenal memiliki eksotisme yang luar biasa. Dimulai dari bentangan laut yang tegas berbaris rapi dari ujung timur ke barat, sampai rentetan gunung yang menjulang tinggi disemua kepulauannya. Namun, seperti negara tropis lainnya, Indonesia juga memiliki sesuatu yang menakutkan yaitu penyakit tropis. Diam disuatu tempat, menunggu dengan sabar, mengintai tanpa lengah, bertindak tanpa kompromi, penyakit ini menjadi momok tiap tahun untuk masyarakat maupun pemerintah Indonesia.
 
Demam berdarah menjadi salah satu “anggota geng” penyakit tropis yang terkenal angker dan menakutkan. Korbannya tidak pandang bulu, mulai dari anak-anak sampai dewasa semua dilibas. Bisa dibilang, demam berdarah adalah “raja terakhir” dari rentetan aksi “geng penyakit spesialis musim hujan” ini. Erat kaitannya dengan keberadaan nyamuk Aedes Aegypti, jenis penyakit tropis ini dikenal dengan gejalanya yang seperti pelana Kuda, yaitu rentetan kondisi dimana penderita akan mengalami suhu tinggi selama beberapa hari, kemudian tiba-tiba turun, namun justru akan naik lagi keesokan harinya. Saat seperti inilah yang menjadi kondisi berbahaya bagi penderitanya. dianjurkan dalam kondisi ini, penderita sudah berada dalam perawatan atau penangangan medis agar bisa cepat mengambil tindakan untuk pengobatan.
 
Selanjutnya TBC, menjadi adik seperguruan dari “geng penyakit spesialis musim hujan” di Indonesia diurutan kedua dengan sepak terjang tak kalah ganas dari kakak pertamanya, Demam Berdarah. TBC masuk dalam jenis penyakit tropis yang paling populer di Indonesia karena penderitanya cukup banyak. Gejala TBC adalah batuk-batuk hebat dengan sederet fenomena lain seperti naiknya suhu badan, hilangnya nafus makan, penurunan berat badan yang cukup signifikan, dan jika sudah masuk fase lanjut bisa menyebabkan urine menjadi kemerahan (keruh). Hal yang membuat jenis penyakit tropis ini makin bahaya adalah masa penyembuhan yang cukup lama. Biasanya penderita akan dianjurkan untuk memperoleh perawatan medis berkala hingga penyakit tersebut benar-benar hilang. Jangka waktu konsumsi obat untuk penyakit TBC ini bisa mencapai 6 bulan, dengan perawatan berkala dan intensif.
 
Sederet nama penyakit tropis lainnya masih ada seperti Malaria, Hepatitis dan Tifus yang juga memiliki predikat tidak kalah sangar dari dua nama di atas. Untuk itu, senantiasa jaga kebersihan lingkungan kamu jika memasuki musim penghujan karena faktanya penyakit ini kerap muncul dari lingkungan yang kotor dan tidak terawat. Jangan sampai penyakit tropis menghalangimu untuk menikmati negara tropis yang manis ini.
 
Untuk melengkapi perlindungan kamu terhadap penyakit tropis tadi AXA Direct punya produk yang tepat untukmu yaitu AXA Hospital Plus Life. Kamu cukup bayar 4 tahun untuk masa perlindungan selama 12 tahun. Selain itu kamu juga bisa menikmati benefit uang kembali 100% di akhir masa kepesertaan, ada ataupun tidak ada klaim. Kamu bisa dapatkan perlindungan dari AXA Hospital Plus Life langsung dengan klik di sini.

Inspirasi Terkait
Stunting: Ancaman Utama Bagi Ibu Hamil
Stunting: Ancaman Utama Bagi Ibu Hamil
21 Maret 2019   Kesehatan
Menurut Badan Kesehatan Dunia, Indonesia ada di urutan ke-lima jumlah anak dengan kondisi stunting
Baca Selengkapnya
Antara Kesehatan VS Tuntutan Hidup
Antara Kesehatan VS Tuntutan Hidup
20 Maret 2019   Kesehatan
Masyarakat Indonesia masih banyak yang belum melek soal pengelolaan finansial. Berikut cara mengatur keuanganmu dengan bijak.
Baca Selengkapnya
Kenali Penyakit Kanker Darah yang Menyerang Mantan Ibu Negara RI
Kenali Penyakit Kanker Darah yang Menyerang Mantan Ibu Negara RI
19 Februari 2019   Kesehatan
Kenali penyakit Kanker Darah mulai dari jenis, gejala, dan cara pencegahannya di artikel ini.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...