05 Mei 2021   Finansial

Tips Atur Pengeluaran agar Dompet Aman Sampai Lebaran

Tips Atur Pengeluaran agar Dompet Aman Sampai Lebaran
 
Lebaran sudah menjelang, umumnya pengeluaran saat Ramadan hingga Hari Lebaran selalu meningkat dibanding pengeluaran bulan biasanya. Bahkan tak jarang kehabisan gaji di pertengahan bulan karena seringnya belanja untuk berbagai keperluan Ramadan dan Lebaran.

Untuk menghindari hal ini, jadi lebih bijak dalam mengatur keuangan saat Ramadan dan Lebaran menjadi sangat penting. Yuk ikuti kiat ini agar keuanganmu tetap aman sampai Lebaran.

Hanya Gunakan Gaji untuk Kebutuhan Sehari-hari
Hindari mencampur THR dengan gaji utama untuk kebutuhan sehari-hari selama bulan Ramadan. Jika kamu mendapat THR atau penghasilan tambahan dari bisnis sampingan ketika Ramadan, pisahkan uang tersebut dari gaji utama.

Utamakan penggunaan uang THR untuk membayar THR asisten rumah tangga, memberikan angpao ke saudara, atau kebutuhan Lebaran lainnya. Untuk tahun ini, kamu bisa ekstra berhemat karena mudik di tahun 2021 tidak diizinkan oleh pemerintah. Anggaran mudik bisa dialokasikan ke investasi jangka pendek dan kamu bisa gunakan uang simpanan tersebut saat benar-benar perlu digunakan.

Kelola Dompet Elektronik Secara Maksimal
Banyaknya promo dan cashback jika bertransaksi dengan dompet elektronik milikmu memang menggiurkan. Jangan sampai berlebihan melakukan transaksi elektronik hingga mengganggu keuanganmu. Batasi alokasi saldo dompet elektronik misalnya hanya 10% dari gaji. Jika cermat menggunakan dompet elektronik sebenarnya kita bisa menghemat banyak dari promo yang ditawarkan serta fasilitas transfer tanpa biaya admin.

Taruh Juga Dana Alokasi untuk Kewajiban Religi
Saat mengalokasikan dana di berbagai posnya, selipkan juga anggaran kewajiban religi untuk Ramadan hingga Lebaran. Dana yang perlu kamu siapkan adalah untuk berzakat, zakat fitrah dan zakat mal. Pembagian dana ke pos ini bisa sekitar 5-10% dari gaji.

Poskan Juga di Dana Darurat
Nah, yang satu ini juga tak kalah penting. Pengeluaran dadakan dan meningkatnya kebutuhan sehari-hari selama Ramadan sering dijadikan dalih atas membengkaknya pengeluaran. Khusus di bulan Ramadan hingga Lebaran, pos keuangan dana darurat rumah tangga ada baiknya ditambahkan 10% dari biasanya.
 
Sumber: haibunda
 
 
asuransi penyakit kritis

Inspirasi Terkait
Tips Bersepeda yang Aman dan Tidak Menyalahi Aturan
Tips Bersepeda yang Aman dan Tidak Menyalahi Aturan
02 Juni 2021   Lifestyle
Yuk simak tips bersepeda yang aman dan tidak menyalahi aturan di sini.
Baca Selengkapnya
Hari Tanpa Tembakau Sedunia dan Komitmen untuk Berhenti Merokok
Hari Tanpa Tembakau Sedunia dan Komitmen untuk Berhenti Merokok
02 Juni 2021   Kesehatan
31 Mei adalah Hari Tanpa Tembakau Sedunia menekankan upaya peningkatan kesadaran risiko merokok.  Mengapa sampai dijadikan satu hari khusus?
Baca Selengkapnya
Halau Kanker dengan 5 (Lima) Super Food ini!
Halau Kanker dengan 5 (Lima) Super Food ini!
02 Juni 2021   Lifestyle
Sebagai upaya pencegahan, sebaiknya setiap orang menjalankan pola hidup sehat salah satunya dengan makan makanan yang sehat.  Berikut 5 (lima) makanan sehat pencegah kanker.
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...