Teknologi

7 Wisata Hits di Banyuwangi yang Belum Banyak Diketahui Banyak Orang, Yuk Brangkat!

Banyuwangi kota paling timur di pulau Jawa ini ternyata menyimpan banyak pesona wisata. Sebagian orang berpikir bahwa kota Banyuwangi hanyalah tempat singgah sebelum pergi menyebrang ke Bali, ternyata Banyuwangi memiliki banyak wisata yang cukup bergema di dunia.

Terbukti pada 2016, Banyuwangi mendapat penghargaan “Excellence and Innovation in Tourism” dari UNWTO, Organisasi Pariwisata Dunia PBB. Penghargaan tersebut didapatkan berkat banyaknya destinasi wisata yang telah berkembang di kota ini. Selain terkenal akan budaya dan kulinernya, ada beberapa wisata hits di Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi seperti:
 

Pulau Merah

Pulau Merah  adalah salah satu wisata hits di Banyuwangi. Selain pantai Kuta di Bali, Pantai pulau Merah juga menjadi salah satu sasaran untuk dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Daya tarik utama Pantai Pulau Merah adalah perpaduan kejernihan air yang seperti kristal dengan pasir putihnya yang menghampar sejauh 3 km, tentu menjadi nilai plus bagi tempat wisata ini.

Ketika air laut surut, para pengunjung dapat berjalan kaki menikmati pulau kecil yang berada di tengah pantai ini. Selain itu, Pantai Pulau Merah juga terkenal bagi para surfer karena ombaknya yang cocok untuk olahraga surfing. Pantai Pulau Merah bisa diakses dengan mobil pribadi dengan jarak tempuh 67 Km dengan waktu 2 jam dari kota Banyuwangi.


Taman Nasional Baluran

Jika kamu ingin menikmati liburan yang bertemakan alam lepas sekaligus mencari wisata hits di Banyuwangi Taman Nasional Baluran merupakan tempat yang tepat.  Destinasi wisata Banyuwangi yang satu ini dijuluki sebagai Little Africa, Taman nasional Baluran adalah savanna terbesar di pulau jawa dengan luas mencapai 25.000 hektar.

Baluran merupakan habitat bagi dengan gerombolan banteng, kawanan rusa yang berlarian bebas, burung merak dengan bulu yang cantik, monyet yang bergelantung di pohon, dan lainnya. Aktivitas yang bisa dilakukan di Baluran adalah berburu sunrise, berkemah serta hunting photo menarik bukan.


Hutan Jawatan Benculuk

Apakah kamu pernah membayangkan negeri dongeng seperti film Lord of the ring atau Alice in Wonderland? Ternyata salah satu wisata hits di Banyuwangi ini memiliki lanskap seperti di negeri dongeng yaitu hutan Jawatan  Benculuk. Dibangun pada tahun 1952, awalnya Jawatan Benculuk adalah area resapan air dan penimbunan kayu jati yang dikelola oleh Perhutani Banyuwangi.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang datang ke Jawatan Benculuk karena terpesona dengan keindahan deretan pohon kayu trembesi yang menciptakan kesan eksotis. Waktu yang ditempuh untuk dapat mengunjungi lokasi ini adalh 30 menit dari pusat kota Banyuwangi.


Desa Wisata Osing

Wisata hits Banyuwangi berikutnya adalah desa wisata osing. Disini kamu akan menemukan Suku Osing dan tradisi budayanya. Di Desa Wisata Osing kamu bisa menyaksikan pertunjukan kesenian, seperti Tari Gandrung, Angklung Paglak, Barong Kemiren, Othek, dan lain sebagainya sambil menikmati suguhan makanan dan kue-kue tradisional Banyuwangi.  Kamu akan disuguhkan beberapa kuliner Banyuwangi seperti kue bagiak dan kopi Banyuwangi. Desa Wisata Osing adalah tempat wajib untuk merasakan wisata kuliner banyuwangi serta pernak pernik khas Banyuwangi.
 

Kawah ijen

Wisata hits di Banyuwangi berikutnya adalah Kawah Ijen. Meski Indonesia memiliki banyak sekali gunung berapi, namun Gunung Ijen adalah salah satu yang memiliki pemandangan paling menakjubkan. Di puncak gunung setinggi 2.443 meter dari atas permukaan laut tersebut terdapat danau kaldera dengan kandungan air sangat asam terbesar di dunia, Kawah Ijen.

Danau besar berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerang tentu sangat memesona untuk dilihat. Selain danau kaldera kamu juga bisa menikmati fenomena Blue Fire, api berwana biru yang muncul di kawah pada malam hari.  Harga tiket untuk masuk ke kawasan Kawah Ijen sebesar Rp. 150.000,00. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai di Kawah Ijen dari kota Banyuwangi.
 

Waduk Bajulmati                                                                                                  

Wisata hits di Banyuwangi berikutnya ada di Waduk Bajulmati. Tempat wisata ini terbilang unik karena memiliki lanskap seperti Raja Ampat. Waduk ini dibilang mirip dengan Raja Ampat karena memiliki karakteristik yang mirip dengan Raja Ampat yaitu terdapat gundukan-gundukan menyerupai pulau-pulau kecil di area waduk.

Kamu bisa berfoto dan memasukannya di feed instagram kamu agar makin hits. Ada beberapa aktivitas yang kamu bisa lakukan di Waduk Bajulmati seperti ATV, speed boat, sarana outbound sampai kafe. Wisata hits di Banyuwangi yang satu ini terletak di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo.


Pantai Sukamade

Wisata hits di Banyuwangi berikutnya adalah Pantai Sukamade. Jika kamu menyukai suasana pantai yang tenang ditemani angin semilir pantai Sukamade adalah pilihan yang tepat. Yang unik dari Pantai Sukamade adalah kamu bisa ikut dalam kegiatan melestarikan alam yaitu dengan melepaskan tukik atau bayi penyu ke laut lepas.

Jika tertarik ingin melihat peristiwa langka ini, kamu bisa mengikuti tur dengan pemandu yang tersedia di lokasi. Tak hanya itu, kamu pun bisa melakukan pelepasan tukik ke laut cukup dengan membayar sekitar Rp50.000,-/grup kepada UPKP (Unit Pengelola Konservasi Penyu).

Itulah beberapa wisata hits di Banyuwangi yang bisa kamu jadikan referensi saat liburan. Sebaiknya kamu mempersiapkan rencana liburan kamu jauh sebelum hari  liburan agar kamu bisa mendapatkan beberapa kemudahan seperti harga tiket promo murah dan promo penginapan. Selain itu jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan keamanan saat sedang liburan.

Berita Terkini

AXA Indonesia

Inspirasi Terkait

Mohon tunggu...