11 Juni 2018   Kesehatan

7 Tips Menjaga Pola Makan yang Sehat Selama Berpuasa yang Perlu Kamu Tiru

735     0
Berbuka puasa merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu anggota keluarga. Akan tetapi, terdapat perubahan pola makan saat sedang berpuasa, yang pada biasanya kamu makan pada saat sarapan, makan siang, dan makan malam, saat berpuasa kamu makan di waktu sahur dan berbuka.

Berubahnya pola makan selama bulan puasa bisa menyebabkan ganguan kesehatan pencernaan, seperti sembelit, diare, dan maag. Kamu tidak perlu takut  dengan pola makan sahur dan berbuka yang benar, berpuasa justru akan membuat badan menjadi bugar dan sehat. Pola makan yang sehat saat berpuasa akan membantu kamu untuk lancar berpuasa di hari-hari berikutnya.

Berikut beberapa kiat untuk menjaga pola makan yang sehat saat berpuasa, terutama ketika berbuka puasa. Sehingga, pola makan sehat terus terbawa meski bulan puasa sudah berakhir.

 

Minum Air Putih Sebelum Berbuka

Pola makan yang sehat saat berpuasa di mulai dengan banyak air putih untuk memenuhi kebutuhan cairanmu. Minumlah banyak cairan seperti air putih, jus segar, atau susu. Hal ini akan mencegah dehidrasi dan menyediakan cairan penting bagi tubuh. Air putih tetap menjadi sumber hidrasi terbaik untuk kamu yang berpuasa. Minum satu sampai dua gelas air sebelum makan dan tidak selama makan untuk menghindari gangguan pada proses pencernaan.
 

Awali Buka Puasa Dengan Kurma

Pola makan yang sehat saat berpuasa dimulai dengan memakan kurma pertama kali saat berbuka puasa. Karena kurma merupakan sumber gula alami yang bergizi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan energi setelah seharian berpuasa. Jika Kamu menderita sakit kepala pada saat puasa, kemungkinan besar disebabkan oleh gula darah rendah, maka awali buka puasa dengan satu sampai 3 buah kurma untuk menambah kadar gula darah. Jika kadar gula darah kamu akan mempengaruhi kesehatan kamu saat berpuasa. Kamu juga bisa mengecek kesehatan kamu di Health Meter AXA Financial Indonesia.
 

Makan semangkuk sup

Sup bisa jadi salah satu alternatif hidangan yang sehat untuk kamu jadikan menu berbuka puasa. Air dalam sup membantu mencukupi kadar air dalam tubuh. Banyak pilihan sup yang bergizi, seperti sup ayam, sup tomat, sup bawang, yang bisa dikonsumsi untuk berbuka.
 

Siapkan Sayur di Dalam Menu Berbuka

Memakan sayuran yang kaya akan vitamin baik untuk pola makan yang sehat saat berpuasa. Sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat dengan begitu banyak nutrisi dan sedikit kalori. Semakin berwarna sayuran yang dimakan, semakin banyak manfaat kesehatan. Sayuran juga kaya akan serat yang membuat rasa kenyang lebih lama
 
 

Pilih Karbohidrat Yang Baik

Selain sayuran, makanan berbuka harus mengandung karbohidrat yang bisa diperoleh dari beras merah, gandum atau roti dan kentang. Karbohidrat kompleks memberikan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan di samping serat dan mineral.
 


Pilih Protein Tanpa Lemak

Selain karbohidrat, kandungan yang harus ada saat berbuka adalah makanan yang mengandung protein baik yang mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial. Jika kamu ingin menjalani pola makan yang sehat saat berpuasa, kamu harus memenuhi kebutuhan protein tubuh kamu. Tubuh kamu membutuhkan protein untuk membangun dan mempertahankan massa otot.

Daging sapi, susu, yogurt, telur, keju, ikan dan jenis unggas lainnya mengandung protein berkualitas tinggi. Sertakan ikan, ayam tanpa kulit atau kalkun dan susu rendah lemak untuk dikonsumsi sebagai makanan untuk berbuka. Bagi vegetarian, bisa dipilih protein nabati seperti kacang-kacangan.
 

Hindari Makanan Tinggi Lemak, Garam Dan Gula

Jauhi makanan berat untuk berbuka puasa yang mengandung lemak, garam dan gula tambahan yang tidak sehat. Saat memasak, buat resep Ramadan favorit Kamu lebih sehat dengan cara memanggang, mengukus, dan merebus. Tambahkan racikan bumbu dan rempah-rempah untuk memberi rasa makanan. Ganti minuman manis dengan gula alami dalam buah-buahan, buah kering dan salad buah.

Itulah beberapa tips menjaga pola makan yang sehat saat berpuasa. Selain menjaga pola makan yang sehat kamu juga harus mengecek pola tidur dan kesehatan kamu. Ternyata di AXA Financial Indonesia kamu bisa mengecek apakah pola tidur kamu atau apa yang kamu makan sudah cukup sehat atau belum. Kamu bisa mengeceknya di Health Meter AXA Financial Indonesia.

Inspirasi Terkait
Wajib Nonton! 5 Film Drama Keluarga Terbaik
Wajib Nonton! 5 Film Drama Keluarga Terbaik
15 Oktober 2018   Lifestyle
Bingung ingin melakukan apa untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga? Tidak ada salahnya untuk mengajak anggota keluarga lainnya untuk menonton film. Nah, apa saja sih film drama keluarga terbaik yang wajib kamu tonton? Yuk, cek 5 daftarnya berikut ini:
Baca Selengkapnya
Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
15 Oktober 2018   Kesehatan
Pada tanggal 9 September kemarin, masyarakat Indonesia baru saja selesai merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Puncak perayaan Haornas kali ini dilaksanakan di Gelora Kie Raha, Ternate, Maluku Utara. Hal ini diumumkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.
Baca Selengkapnya
Mau Solo Travelling? Ini 10 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi
Mau Solo Travelling? Ini 10 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi
15 Oktober 2018   Lifestyle
Jalan-jalan sendirian memang sering dianggap berbahaya bagi setiap orang. Faktanya, perkembangan kondisi pariwisata di segala aspek ke arah positif memungkinkan semua orang termasuk pria atau wanita dapat travelling seorang diri.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...