09 Februari 2018   Kesehatan

7 Spot Diving di Raja Ampat yang Selalu Jadi Favorit

Raja Ampat memang sangat terkenal dengan keindahan biota lautnya. Kepopulerannya bukan saja diketahui oleh penduduk Indonesia, tapi namanya juga sudah harum di dunia internasional, bahkan sering membicarakan betapa eksotisnya gugusan pulau di timur Indonesia ini.

Di Raja Ampat sendiri, ada banyak pilihan pulau yang indah dan banyaknya biota laut unik yang akan menemani diving kamu sehingga sering masuk ke dalam daftar destinasi yang harus dikunjungi bagi para traveler yang suka dengan wisata bawah laut.

 Diperkirakan ada ratusan gugusan pulau di Raja Ampat Papua yang bisa disajikan spot diving. Sudah pasti akan jadi pengalaman yang menyenangkan, bukan? Jika Anda memiliki rencana untuk menyelam di kedalaman laut Raja Ampat Papua, berikut spot diving yang sebaiknya kamu kunjungi.
 

Magic Mountain

Magic Mountain alias Shadow Reef yang berada di daerah Misool, sering menjadi tempat diving di Raja Ampat dan sering ditempatkan di posisi nomor satu di Raja Ampat Papua. Magic Mountain merupakan sebuah puncak lepas pantai yang menyajikan banyak aksi dari biota laut. Ketika arus sedang masuk, sekolahan para ikan akan muncul layaknya sebuah festival. Di sini kamu bisa melihat pari manta juga yang cantik.


Cross Wreck

Spot diving di Raja Ampat yang pertama adalah Cross Wreck yang berada di 300 km sebelah timur dari Sorong. Nama “Cross Wreck” sendiri dipilih karena memiliki alasan. Kata “cross” mengarah kepada salib, karena tempat ini adalah pantai terdekat bagi para misionaris yang mendarat di pulau yang memiliki ciri khas burung Cenderawasihnya. Sedangkan untuk, kata “wreck” merujuk pada peristiwa kecelakaan yang patrol yang membuat perahu angkatan laut Jepang tenggelam di masa masa Perang Dunia II.

Peristiwa ini membuat bangkai kapal dari kejadian ini menjadi spot penyelaman yang perlu kamu kunjungi. Bangkai kapal ini berada di kedalaman 18meter dan bentuknya masih utuh, sehingga kamu masih bisa melihat bagian-bagian penting dari kapal tersebut. Kapal ini juga menjadi hunian bagi beberapa ikan, seperti ikan singa. Selain itu, Anda pun dapat menemui biota laut lainnya seperti gurita, ikan daun, ikan setan, atau udang mantis.
 

Blue Magic

Jika kamu ingin melihat biota laut seperti gurita bercincin biru, Hiu Lonjor, dan Tuna maka kamu disarankan untuk datang ke spot diving di Raja Ampat di Blue Magic. Tempat ini cukup dikenal oleh travelers internasional karena biota lautnya yang eksotis dan membuat para penyelam selalu jatuh cinta dengan tempat ini. Blue magic memiliki medan yang cukup “tricky” dan arus cepat, sehingga menjadi sebuah tantangan bagi para penyelam. Maka dari itu, kamu perlu lebih berkonsentrasi dalam menyelam.
 

Pulau Fam

Spot diving di Raja Ampat yang juga tak boleh dilewatkan adalah Pulau Fam. Di dekat pulau Fam, tedapat spot-spot penyelaman dengan area terumbu karang, sponges dan soft coral dengan warna yang menyolok dan indah. Kamu bisa menyelam di sekitar pulau Fam untuk melihat aneka penghuni laut seperti nurdibranch atau kelinci laut, bagian dari keluarga molusca.
 

Selat Dampier

Spot diving di Raja Ampat lainnya adalah selat Dampier. Salah satu yang menjadi andalan di Selat Dampier ini adalah Mike’s Point. Daerah ini memiliki dinding dan gua-gua yang menjadi spot penyelaman. Dinding dan gua-gua ini muncul akibat ledakan yang dilakukan oleh U.S. Air Force pada Perang Dunia II. Jadi kapal perang US tersebut mengira daerah tersebut merupakan kapal tentara Jepang dan menjatuhkan bom di sana. Di sini kamu juga bisa melihat Biota laut seperti sweet lips tropical carangidi atau ikan besar seperti hiu. Kamu juga bisa melihat keindahan taman terumbu karang yang indah, tempat para ikan kecil dan hiu karpet tinggal.


Chicken Reef

Chicken reef juga menjadi salah satu spot diving di Raja Ampat yang menarik untuk dikunjungi.  Kamu bisa melihat sekumpulan anak-anak ayam jika memandang tempat ini dari atas helikopter atau pesawat. Chicken reef juga memiliki biota laut yang cukup lengkap. Di tempat ini kamu bisa melihat keragamannya, dari ikan-ikan kecil nan menggemaskan hingga hiu sang pemangsa.
 

Tanjung Kri

Sensasi menyenangkan juga bisa kamu rasakan bila datang ke spot diving di Raja Ampat di Tanjung Kri. Di sini kamu bisa merasakan pengalaman yang berkesan karena terdapat banyak ikan dan terumbu karang, sehingga pancaran sinar matahari dari permukaan laut tidak bisa menembus hingga ke dalam. Kamu bisa menemukan berbagai ikan dan karang seperti kakap, ikan tuna, fusilier, sweetlips, butterflyfish, dan angle fish jika menyelam di sini.

Bukan hanya itu, Hiu karpet atau wobegong yang biasanya hanya bisa ditemui di perairan Australia bisa kamu jumpai di sini. Dengan kedalaman 10-40meter serta jarak pandang 10-30 meter, Tanjung Kri menawarkan pemandangan cantik yang tidak akan bisa dilupakan.

Rasanya menyusuri keindahan bawah laut di Raja Ampat Papua tidak akan ada habisnya, bahkan bisa membuat kamu ingin mengeksplore semua keindahan spot diving di Raja Ampat. Tetapi, lokasi yang cenderung sulit dijangkau membuat kamu harus mempersiapkan segalanya dengan baik.

Salah satu cara untuk mempersiapkan diri menjalani aktivitas diving adalah dengan menyiapkan fisik yang prima. Selain itu, tidak ada salahnya jika kamu menyiapkan pula asuransi kesehatan sebagai tindakan preventif selama kamu menjalani wisata diving atau sesudah menjalani diving. Kamu bisa memilih AXA Financial Indonesia yang menyediakan pilihan asuransi kesehatan yang bisa kamu tentukan sesuai kebutuhanmu. 

Inspirasi Terkait
Penyakit Listeriosis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
Penyakit Listeriosis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
16 Oktober 2020   Kesehatan
Penyakit Listeriosis disebabkan oleh bakteri Listeria Monocytogenes yang ditemukan di daerah lembab dan dapat bertahan di suhu dingin. Bagaimana bakteri ini dapat menyerang manusia? Berikut penjelasannya.
Baca Selengkapnya
Makanan Ini Bisa Menciptakan Rasa Bahagia. Cobain deh!
Makanan Ini Bisa Menciptakan Rasa Bahagia. Cobain deh!
16 Oktober 2020   Kesehatan
Tahukah kamu, lewat makanan kamu bisa meningkatkan mood dan menciptakan rasa bahagia. Apa saja makanan itu?
Baca Selengkapnya
6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona
6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona
15 Oktober 2020   Kesehatan
Selain kesehatan fisik, sangat penting juga bagi kita untuk menjaga kesehatan pikiran dan mental dalam menghadapi perubahan gaya hidup semenjak pandemi ini. Kamu bisa mengikuti caranya di bawah ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...