19 Februari 2018   Kesehatan

7 Risiko Penyebab Darah Tinggi, Apa Saja?

3693     2
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Darah tinggi sendiri dikenal sebagai kondisi yang tidak pernah menunjukkan gejala apapun.

Maka tak heran jika banyak yang mengenalnya sebagai penyakit “pembunuh diam-diam”. Satu-satunya cara mengetahui apakah kamu mengidap hipertensi atau tidak adalah dengan mengukur tekanan darah. Semua orang dewasa sebaiknya memeriksa tekanan darah mereka minimal setiap lima tahun sekali.

Perlu diketahui jika angka normal tekanan darah adalah yang berada di bawah 120/80 mmHG. Dan kamu akan dianggap mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi jika hasil dari beberapa kali pemeriksaan, tekanan darah kamu menunjukkan angka 140/90 mmHg atau lebih tinggi.
 

Risiko Darah Tinggi

Risiko darah tinggi belum bisa ditentukan pada lebih dari 90 persen kasus. Dan diduga dengan bertambahnya usia, kemungkinan seseorang untuk mengidap darah tinggi bisa meningkat. Meskipun demikian, diperkirakan ada 7 hal yang memengaruhi peningkatan risiko darah tinggi, yakni:


Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Mengandung Garam

Perlu diketahui jika tubuh terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam, bisa menyebabkan peningkatan cairan dalam tubuh khususnya dalam pembuluh darah, dan meningkatkan tekanan darah.
 

Kurangnya Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Kalium

Kalium membantu menyeimbangkan jumlah natrium dalam sel. Jadi, bila asupan kalium sedikit, artinya natrium relatif meningkat dan bisa menyebabkan terjadinya penumpukan cairan dalam tubuh dan  membuat tensi darah menjadi meningkat.


Kelebihan Berat Badan

Obesitas juga bisa menjadi faktor risiko darah tinggi karena semakin meningkat berat badan kamu, semakin banyak darah yang kamu butuhkan untuk memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh. sehingga membuat volume darah pada pembuluh darah juga meningkat dan tekanan pada dinding arteripiun akan meningkat.
 

Memiliki Keluarga yang Mengidap Darah Tinggi

Adanya riwayat keluarga yang juga mengidap darah tinggi, misalnya orang tua atau yang ada hubungan darah dengan kamu, maka patut diwaspadai jika kamu memiliki risiko mengidap darah tinggi juga dikemudian hari.
 

Jarang Melakukan Aktifitas Fisik

Risiko darah tinggi juga disebabkan karena kamu tidak aktif melakukan olahraga secara teratur. Orang yang jarang berolahraga cenderung memiliki detak jantung yang lebih tinggi dan semakin tinggi detak jantung, semakin keras jantung bekerja bisa mengakibatkan kamu mengidap darah tinggi. Kurangnya melakukan olahraga juga berisiko meningkatkan berat badan.
 

Terlalu Banyak Mengonsumsi Minuman Keras

Mengonsumsi alkohol juga bisa merusak jantung dan berakibat meningkatkan tekanan darah bila minum lebih dari dua gelas sehari. Minum lebih dari satu atau dua alkohol berkaitan dengan peningkatan tekanan darah, terlebih lagi bila seseorang dengan tingkat darah yang sangat tinggi bisa menyebabkan stroke.
 

Stres

Stres bisa mengakibatkan peningkatan sementara tekanan darah, tetapi kenaikannya bisa cukup signifikan. Apalagi jika kamu mencoba mengatasi stres dengan melampiaskannya dengan makan secara berlebihan, merokok, atau minum alkohol. Hal tersebut bisa memicu risiko tekanan darah tinggi.

Dibalik 7 risiko darah tinggi yang dijelaskan di atas, sebenarnya hipertensi bisa diminimalisir dengan mengubah hal-hal di atas dan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Kamu perlu juga melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin untuk membantu mendiagnosis pada tahap awal dan memungkinkan untuk menurunkan tekanan darah ke taraf normal.

Selain membaca informasi terkait risiko penyebab darah tinggi di atas, kamu juga bisa memproteksi diri dengan membeli produk asuransi kesehatan, untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Kamu bisa memilih AXA Financial Indonesia yang menyediakan asuransi kesehatan yang dapat disesuaikan manfaatnya dengan kebutuhan kamu. Untuk info lebih lanjut terkait produk asuransi kesehatan yang ada di AXA Financial Indonesia, kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya.

Inspirasi Terkait
Trik Belanja Saat Harbolnas Agar Barang Incaranmu Bisa Kebeli
Trik Belanja Saat Harbolnas Agar Barang Incaranmu Bisa Kebeli
16 Oktober 2019   Kesehatan
Harbolnas akan segera tiba. Agar tidak kehabisan, Anda bisa mengikuti trik berikut ini agar dapat membeli barang impianmu.
Baca Selengkapnya
Mom! Waspadai 5 Penyakit Musim Hujan yang Sering Menyerang Anak Berikut Ini
Mom! Waspadai 5 Penyakit Musim Hujan yang Sering Menyerang Anak Berikut Ini
16 Oktober 2019   Kesehatan
Musim hujan rentan menimbulkan masalah kesehatan. Berikut ini penyakit musim hujan yang sering menyerang anak yang perlu diwaspadai.
Baca Selengkapnya
Kenali Tanda dan Gejala ISPA Agar Tidak Semakin Parah
Kenali Tanda dan Gejala ISPA Agar Tidak Semakin Parah
16 Oktober 2019   Kesehatan
Hati-hati dengan penyakit ISPA yang mudah menular. Yuk, ketahui tanda dan gejala ISPA agar kamu lebih berhati-hat seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...