21 September 2018   Kesehatan

risiko kateterisasi jantung

2095     174
Kateterisasi jantung adalah salah satu tindakan medis yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung seseorang. Hal ini sering dilakukan untuk mendeteksi apakah organ vital yang satu ini bermasalah atau tidak ketika terjadi nyeri di dada.

Namun tidak hanya itu, ada lagi beberapa fungsi kateterisasi jantung yakni sebagai berikut:
  • Mengobati serangan jantung dan jantung koroner
  • Menentukan perencanaan pengobatan yang tepat
  • Melihat kinerja katup jantung
  • Menilai kemampuan kekuatan otot jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh
  • Mengecek peredaran darah dan oksigen di setiap bagian jantung
  • Mengambil sampel otot jantung untuk mendeteksi infeksi jantung atau tumor

Resiko Kateterisasi Jantung

Sayangnya, ketika seseorang mengalami tindakan ini ada beberapa resiko kateterisasi jantung yang dapat terjadi. Apa saja? Simak 7 di antaranya di bawah ini:
  • Infeksi Bakteri dan Virus

Apabila tindakan medis ini dilakukan maka resiko kemasukan virus dan bakteri sering kali tidak dapat terhindarkan. Pasalnya ketika dioperasi, akan ada luka pasca operasi yang sering luput dari perhatian pasien. Jika tidak sering dibersihkan, maka infeksi dari berbagai macam bakteri dan virus pun tak bisa dihindari.
  • Rusaknya Pembuluh Darah

Dalam berbagai macam kasus, rusaknya pembuluh darah bisa terjadi sebagai akibat dari kateterisasi jantung. Hal ini disebabkan oleh kateter yang masuk mengenai atau menggores pembuluh darah yang dilewati.
  • Pendarahan Besar

Kurangnya asupan vitamin K ketika proses kateterisasi dilakukan akan menyebabkan darah terlalu encer sehingga resiko pendarahan pada bekas kateter akan terjadi. Keberadaan pembuluh darah vena pun tidak mampu menutup, akibatnya darah akan terus menerus keluar.
  • Pendarahan Kecil

Tidak hanya pendarahan besar, pendarahan kecil atau yang biasa disebut memar pun sering terjadi ketika kateterisasi selesai dilakukan. Hal ini pun menjadi kondisi umum yang merupakan dampak dari kateterisasi jantung.
  • Pembengkakan di Sekitar Luka Operasi

Dampak umum lainnya adalah terjadinya pembengkakan di sekitar luka operasi. Selain itu, rasa nyeri serta kemerahan dalam kondisi wajar juga sering mengiringi pembengkakan selama beberapa hari.
  • Serangan Jantung

Meskipun tujuan kateterisasi adalah untuk pengobatan jantung, tidak menutup kemungkinan serangan jantung akan terjadi ketika tindakan medis ini diberikan. Beberapa faktor seperti kondisi pasien yang tidak stabil dan tenang bisa jadi pemicu serangan jantung.
 
  • Stroke

Sama seperti serangan jantung, stroke pun merupakan resiko kateterisasi jantung. Ada baiknya menenangkan diri dan menghindari kegelisahan sebelum tindakan medis ini berlangsung untuk mengurangi dampak negatif yang bisa muncul.

Nah, itu tadi 7 resiko kateterisasi jantung yang patut dicatat. Untuk membantu mengatasi tingginya biaya yang harus dikeluarkan, ada baiknya untuk menjaminkan kesehatan kamu ke AXA Financial Indonesia. Selain itu, hal ini akan menjadi langkah terbaik untuk berjaga-jaga jika gangguan kesehatan terkait jantung secara tiba-tiba menyerang.

Di AXA Financial Indonesia, tersedia berbagai macam jenis asuransi salah satunya adalah Axa Heart and Save. Adapun manfaat produknya antara lain cashback dari total premi yang telah dibayarkan, uang pertanggungan senilai Rp. 250.000.000, santunan duka sebesar 200% akibat kecelakaan, serta pengembalian premi 105%. Terakhir, kamu tidak perlu lagi khawatir karena durasi cicilan bisa disesuaikan mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan dan semua 0%.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai asuransi Axa Heart and Save, kamu dapat mengunjungi situs resmi AXA Financial Indonesia di sini.

Inspirasi Terkait
Tips Meraih Cita-cita Dalam Hidup yang Bisa Dilakukan Agar Terwujud
Tips Meraih Cita-cita Dalam Hidup yang Bisa Dilakukan Agar Terwujud
07 Oktober 2019   Lifestyle
Meraih impian bukanlah hal yang sulit dilakukan jika kamu mengikuti tips berikut ini
Baca Selengkapnya
Tak Hanya Sesak Napas, Ini 5 Macam Gangguan Jantung Lainnya yang Perlu Dipahami
Tak Hanya Sesak Napas, Ini 5 Macam Gangguan Jantung Lainnya yang Perlu Dipahami
07 Oktober 2019   Kesehatan
Gangguan pada jantung tidak hanya menunjukkan gejala sesak napas, lho. Kamu perlu mengetahui tanda-tanda yang berbeda dari setiap jenis penyakit jantung seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Sering Disepelekan, Ini 5 Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Diwaspadai
Sering Disepelekan, Ini 5 Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Diwaspadai
07 Oktober 2019   Kesehatan
Sakit jantung memang berbahaya dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Oleh karena itu, yuk kenali apa saja gejalanya, khususnya bagi para wanita yang memiliki tanda berbeda dari pria.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...