23 Juli 2018   Kesehatan

7 Rekomendasi Olahraga untuk Ibu Hamil yang Bisa Dicoba

495     0
Ketika sedang hamil, wanita perlu juga memelihara kebugaran demi menjaga janin tetap sehat dan membantu memperlancar proses kelahiran. Namun, tidak semua jenis olahraga dianjurkan untuk wanita hamil. Berikut olahraga yang aman dilakukan oleh wanita hamil yang bisa dicoba bagi kamu yang sedang mengandung.


Jalan Kaki

Rekomendasi olahraga untuk ibu hamil yang paling mudah adalah dengan berjalan kaki. Wanita hamil bisa latihan berjalan guna membantu melatih jantung janin agar lebih sehat. Memang ada sebagian wanita hamil yang akan mengalami kaki bengkak bila terlalu banyak berjalan. Namun, bila berjalan selama 30 menit selama tiga hari dalam seminggu akan sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.


Bersepeda

Olahraga paling mudah berikutnya dan menguntungkan bagi ibu hamil adalah bersepeda yang bisa dilakukan ketika usia kehamilan masih muda. Aktivitas bersepeda mampu mengurangi ketegangan pada organ kehamilan sehingga membuat kamu menjadi lebih rileks. Untuk lebih amannya kamu bisa menggunakan sepeda statis saja.
 

Pilates

Melakukan pilates saat kehamilan bisa membuat ibu hamil merasa rileks saat melahirkan. Selain itu, dengan melakukan pilates membantu mengurangi sakit punggung, sakit otot perut, dan melancarkan proses persalinan.
 

Renang

Salah satu rekomendasi olahraga untuk ibu hamil yang juga perlu dicoba adalah berenang guna mengurangi risiko kecelakaan saat hamil. Tekanan pada air saat berenang mampu memberikan kemudahan bagi ibu untuk bergerak. Selain itu, tekanan pada punggung, bagian kaki yang sakit, dan mudah lelah akan berkurang.
 

Senam Jongkok

Rekomendasi olahraga untuk ibu hamil selanjutnya adalah  senam jongkok yang berguna untuk membuat otot panggul serta paha lebih kuat. Olahraga ini cocok dilakukan oleh ibu hamil di trimester akhir guna memperlancar proses persalinan agar lebih mudah. Gerakan latihan fisik seperti ini harus dilakukan berulang  agar kamu bisa merasakan manfaatnya ketika sudah dalam proses melahirkan.

Cara melakukannya, kamu hanya tinggal memposisikan tubuh dengan meluruskan punggung, kemudian turunkan badan secara perlahan pada posisi jongkok selama beberapa detik. Secara perlahan kamu bisa kembali berdiri seperti posisi awal.
 

Senam Kegel

Ibu hamil juga diperbolehkan melakukan senam kegel karena senam jenis ini bisa membantu mempertahankan berat badan ideal kehamilan. Manfaat senam kegel bagi ibu hamil selain mampu mencegah timbulnya rasa nyeri saat tubuh mengalami perubahan, rekomendasi olahraga untuk ibu hamil ini bisa membantu melancarkan proses persalinan. Sebaiknya, lakukan senam kegel ketika usia kehamilan masih di awal dengan dipandu oleh orang yang profesional agar hasilnya lebih baik dan optimal.


Yoga

Rekomendasi olahraga untuk ibu hamil yang terakhir adalah yoga. Bila kamu yang sedang hamil melakukan latihan yoga, maka aktivitas ini bisa meningkatkan mood, mengurangi ketegangan, dan melancarkan persalinan. Perlu dipahami jika kamu ingin  melakukan yoga, pastikan untuk mengambil kelas yoga dengan dipandu oleh instruktur yoga profesional untuk menghindari kesalahan-kesalahan gerakan yang mungkin saja terjadi saat melakukan yoga.

Semoga 7 rekomendasi olahraga untuk ibu hamil di atas bisa membantu kamu yang sedang hamil untuk terus sehat begitu pun dengan janin kamu. Selain secara rutin melakukan olahraga hamil, sebaiknya kamu juga melengkapi tindakan pencegahan bila sewaktu-waktu mengalami sakit dengan membeli asuransi dari AXA Financial Indonesia yang menyediakan pilihan asuransi kesehatan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. 

Inspirasi Terkait
Trik Belanja Saat Harbolnas Agar Barang Incaranmu Bisa Kebeli
Trik Belanja Saat Harbolnas Agar Barang Incaranmu Bisa Kebeli
16 Oktober 2019   Kesehatan
Harbolnas akan segera tiba. Agar tidak kehabisan, Anda bisa mengikuti trik berikut ini agar dapat membeli barang impianmu.
Baca Selengkapnya
Mom! Waspadai 5 Penyakit Musim Hujan yang Sering Menyerang Anak Berikut Ini
Mom! Waspadai 5 Penyakit Musim Hujan yang Sering Menyerang Anak Berikut Ini
16 Oktober 2019   Kesehatan
Musim hujan rentan menimbulkan masalah kesehatan. Berikut ini penyakit musim hujan yang sering menyerang anak yang perlu diwaspadai.
Baca Selengkapnya
Kenali Tanda dan Gejala ISPA Agar Tidak Semakin Parah
Kenali Tanda dan Gejala ISPA Agar Tidak Semakin Parah
16 Oktober 2019   Kesehatan
Hati-hati dengan penyakit ISPA yang mudah menular. Yuk, ketahui tanda dan gejala ISPA agar kamu lebih berhati-hat seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...