11 Juli 2019   Kesehatan

7 Persiapan Fisik Sebelum Menikah yang Perlu Dilakukan

19     0
Tak hanya mempersiapkan uang, mental dan fisik pun juga harus dalam mempersiapkan pernikahan. Ada beberapa persiapan fisik sebelum menikah yang perlu dilakukan menjelang hari H agar penampilan terlihat lebih menarik di depan para tamu undangan. Berikut ini beberapa persiapan fisik sebelum menikah yang bisa dilakukan. 
 

Melakukan Olahraga Secara Rutin



Salah satu persiapan fisik sebelum menikah yang perlu dilakukan, yakni melakukan olahraga secara rutin. Dengan berolahraga bisa membantu memperkuat otot-otot tubuh, menyehatkan jantung, dan meningkatkan pernapasan.
Olahraga yang dilakukan sebelum menikah selama satu bulan penuh dipercaya membuat tubuh terlihat sehat dan ramping. Bila kamu belum terbiasa melakukan olahraga, bisa dilakukan selama 20 menit setiap sesi setiap hari sebagai permulaan. Bila sudah terbiasa, tingkatkan durasi olahraga, jadi 30 menit, 45 menit, hingga satu jam. 
 

Menjaga Kebersihan Organ Intim



Persiapan fisik sebelum menikah yang penting juga adalah menjaga kebersihan organ intim dengan baik. Alasannya, perempuan lebih mudah mengalami masalah yang berkaitan dengan reproduksi seperti muncul keputihan hingga kanker serviks.

Cara menjaga kebersihan organ intim sehari-hari, beberapa di antaranya bersihkan organ intim dari arah luar dari depan ke belakang dengan memakai air yang bersih, kemudian keringkan dengan memakai handuk atau tisu kering, gantilah pakaian dalam 2 kali sehari, tidak memakai pakaian dalam yang ketat, dan terbuat dari bahan non sintetik. Ketika sedang haid, rutinlah untuk mengganti, maksimal 4 jam sekali.
 

Mengontrol Makanan yang Anda Konsumsi



Ada sebagian orang yang menjalani diet untuk tampil ramping di hari pernikahannya. Bila kamu ingin menurunkan berat badan, kurangi mengonsumsi makanan berlemak, makanlah dengan porsi makan yang cukup (tidak berlebihan), dan memperbanyak melakukan aktivitas fisik selain olahraga. Dalam keseharian, biasakan untuk mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, kurangi konsumsi makanan yang mengandung garam, gula, lemak, tinggi kalori serta minuman alkohol dan berenergi.
 

Hindari Stres dan Tenangkan Pikiran



Bila mengalami stres, berisiko memunculkan kebiasaan mudah marah, sulit tidur, sulit berkonsentrasi, sakit perut, sakit kepala, dan lain-lain. Maka dari itu, sebaiknya kendalikan stres dengan baik, jangan sampai terlalu menyita waktu dan membuat kamu hanya fokus dengan masalah tersebut

Dalam berkegiatan, usahakan untuk mengatur waktu tidur yang cukup dan sempatkan melakukan kegiatan relaksasi seperti meditasi, pijat, spa, atau melakukan hobi untuk mengembalikan energi kamu dan menenangkan pikiran. 

Selain menghindari stres, beberapa hari sebelum pernikahan, tidak ada salahnya kamu untuk meluangkan waktu bersantai, misalnya melakukan liburan singkat, banyak meluangkan waktu bersama keluarga  dan sahabat.
 

Berhenti Merokok



Persiapan fisik sebelum menikah selanjutnya adalah berhenti merokok. Perokok yang dimaksud di sini bukan hanya perokok aktif, tapi juga pasif, karena keduanya sama-sama memiliki dampak buruk bagi kesehatan.
 

Merawat Rambut dan Kulit



Untuk calon pengantin perempuan, perlu melakukan perawatan kecantikan dari ujung kepala hingga kaki  sebelum hari pernikahan tiba. Namun, sebaiknya ini dilakukan jauh-jauh hari. Ada banyak perawatan kecantikan yang bisa dilakukan seperti manicure, pedicure, spa, waxing, dan perawatan wajah seperti facial, peeling, maupun masker wajah.
 

Melakukan Vaksinasi HPV



Vaksinasi HPV diperlukan untuk mencegah perempuan mengalami kanker leher rahim (serviks). Penyakit ini merupakan penyakit yang terjadi saat ada sel-sel di leher rahim alias serviks yang  berkembang secara tidak terkendali dan tidak normal. Penyakit ini menjadi salah satu yang cukup berbahaya. Salah satu penyebab kanker serviks antara lain karena hubungan seks pada usia muda atau pernikahan di usia muda, berganti-ganti pasangan seksual, merokok, berat badan berlebih (obesitas), kurangnya konsumsi buah dan sayur, dan penggunaan kontrasepsi minum (pil KB) jangka panjang serta faktor lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, perempuan yang akan menikah perlu melakukan vaksinasi HPV.

Itu dia persiapan fisik sebelum menikah yang bisa dilakukan. Dengan persiapan yang matang, tentu kamu bisa tampil maksimal di momen spesial kamu bersama pasangan.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Tips Mengatur Keuangan Keluarga Baru Menikah yang Perlu Diketahui
Tips Mengatur Keuangan Keluarga Baru Menikah yang Perlu Diketahui
12 Juli 2019   Lifestyle
Setelah menikah, ada banyak hal yang harus disesuaikan dan kompromikan. Salah satu halnya adalah masalah keuangan. Sebagian besar pasangan baru merasa tidak tahu cara mengatur keuangan. Bahkan masalah keuangan bisa mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Untuk menghindari masalah tersebut. Yuk, ikut
Baca Selengkapnya
Suka Minum Bubble Tea? Ternyata Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan, Lho!
Suka Minum Bubble Tea? Ternyata Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan, Lho!
12 Juli 2019   Kesehatan
Bagi para pencinta kuliner tentu tidak asing lagi dengan Bubble Tea. Minuman manis ini dikenal juga sebagai teh susu mutiara, teh, bobo, atau jus boba. Namun pada dasarnya, Bubble Tea merupakan minuman berbasis teh Taiwan.
Baca Selengkapnya
Sebelum Datang Ke GIIAS 2019, Cari Tahu Dulu Harga Tiket Masuknya
Sebelum Datang Ke GIIAS 2019, Cari Tahu Dulu Harga Tiket Masuknya
12 Juli 2019   Kesehatan
Kabar gembira bagi para pencinta otomotif di Indonesia. Pasalnya, pagelaran otomotif dengan skala internasional bakal digelar bulan ini. GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dijadwalkan akan dilaksanakan pada 18 hingga 28 Juli 2019 mendatang.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...