08 Mei 2019   Kesehatan

7 Dampak Buruk Bagi Kesehatan Akibat Kurang Tidur yang Akan Terjadi

180     0
Tidak sedikit orang yang sering kali menganggap tidur sebagai hal sepele. Padahal aktivitas ini sama pentingnya dengan kebutuhan manusia lainnya, seperti makan dan bernapas. Faktanya, ketika seseorang tidur maka sel-sel tubuh akan beregenerasi dan beberapa organ akan beristirahat setelah beraktivitas seharian.

Apabila seseorang kurang tidur atau sering begadang, maka tubuh akan meresponsnya secara negatif. Maka dari itu, keadaan ini akan memicu muncul berbagai akibat kurang tidur. Apa saja akibat tersebut? Yuk, simak 7 di antaranya di bawah ini!


Gampang Sakit

Hal pertama yang sering kali terjadi saat tubuh kekurangan tidur adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh jadi gampang sakit. Hal ini disebabkan oleh senyawa sitokin yang tidak efektif untuk membantu tubuh melawan infeksi, stres, hingga peradangan.
Sistem kekebalan tubuh yang berfungsi memerangi infeksi ini pun mengalami penurunan sehingga berdampak negatif pada ketangguhan tubuh dalam melawan infeksi. Selain itu, tubuh juga kehilangan kemampuan untuk menyembuhkan dirinya secara alami.
 

Turunnya Daya Ingat

Secara umum, otak berfungsi untuk mengolah dan menyimpan ingatan. Proses ini akan bekerja secara efektif jika kamu tidur. Ketika tidur tubuh akan memasukkan hal-hal yang dipelajari dan dialami sepanjang hari ke dalam sistem ingatan pendek.
Namun saat kekurangan tidur, maka kemampuan otak pun akan berkurang sehingga secara bertahap akan terjadi penurunan daya ingat. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab orang mudah lupa. Tidak hanya ingatan yang melemah, kemampuan untuk berkonsentrasi pun berkurang.


Terjadi Penuaan Dini

Salah satu hal yang paling mencolok akibat kurang tidur yaitu munculnya lingkaran hitam di bawah mata yang lebih akrab disebut mata panda. Kulit wajah juga akan cenderung pucat dan timbul kerutan halus di daerah mata.
Semua gejala ini disebabkan oleh aktifnya hormon kortisol yang menghancurkan kolagen. Adapun fungsi dari kolagen yaitu menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit wajah. Bukan hanya itu, hormon untuk menebalkan kulit serta hormon pertumbuhan juga akan berkurang dan berdampak pada kesehatan tubuh.


Bertambahnya Berat Badan

Banyak orang kerap kali begadang dengan mengonsumsi camilan berkalori tinggi. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka berat badan tubuh akan bertambah. Bagi mereka yang sedang dalam proses penurunan berat badan, kamu wajib menghindari aktivitas ini.
Pasalnya, konsumsi makanan berkalori tinggi justru akan menambah berat badan kamu dan justru bisa berakibat pada munculnya risiko diabetes.
 

Munculnya Risiko Depresi

Bukan hanya itu, mereka yang tidak mendapatkan tidur cukup selama enam jam per hari akan berisiko mengalami depresi dan rasa cemas berlebih. Perasaan ini muncul seiring dengan adanya gangguan tidur yang mengarah pada insomnia.


Turunnya Hasrat Berhubungan Badan

Bagi mereka yang telah menikah, kurang tidur akan berdampak pada turunnya hasrat untuk berhubungan badan. Selain itu, tingkat kepuasan seksual pun akan lebih rendah. Menurunnya hasrat ini terjadi sebagai akibat dari rasa lelah, kantuk, hingga stres karena kurang tidur.


Memicu Gangguan Kesehatan Serius

Ketika kebiasaan begadang dilakukan secara terus menerus, maka bukan tidak mungkin seseorang akan mengalami gangguan kesehatan serius., misalnya gangguan irama jantung, gagal jantung, hingga serangan jantung secara tiba-tiba.

Nah, demikian tadi beberapa dampak yang terjadi jika kamu mengalami kurang tidur. Yang jelas, setelah beraktivitas seharian tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat. Olehnya itu, untuk mendapatkan tubuh yang bugar, selalu cukupi kebutuhan istirahat tubuh serta perbanyak makan makanan yang bergizi.

Inspirasi Terkait
Cara Melakukan Diet Berdasarkan Golongan Darah yang Tepat
Cara Melakukan Diet Berdasarkan Golongan Darah yang Tepat
20 Agustus 2019   Kesehatan
Ada beragam jenis diet untuk menurunkan berat badan yang banyak dilakoni oleh masyarakat perkotaan saat ini. Salah satu di antaranya adalah diet berdasarkan golongan darah. Diet golongan darah ini lebih menekankan orang untuk makan makanan tertentu sesuai dengan golongan darah.
Baca Selengkapnya
6 Tips Menjaga Kesehatan Jantung yang Harus Segera Dilakukan
6 Tips Menjaga Kesehatan Jantung yang Harus Segera Dilakukan
20 Agustus 2019   Kesehatan
Jantung bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Makanya, setiap orang harus menjaga jantungnya agar terhindar dari berbagai penyakit yang menghambat kerjanya. Penyakit jantung sendiri menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dan beberapa negara lain. Untuk menghi
Baca Selengkapnya
6 Penyebab Radang Usus yang Sering Disepelekan
6 Penyebab Radang Usus yang Sering Disepelekan
20 Agustus 2019   Kesehatan
Radang usus merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada saluran pencernaan yang biasanya ditandai oleh munculnya iritasi serta luka. Beberapa gejala yang muncul saat seseorang mengalami radang usus yakni nyeri atau kram pada perut, diare, selera makan berkurang, berat badan menurun, serta perut k
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...