21 September 2018   Kesehatan

7 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

410     0
Kolesterol dalam tubuh terbagi ke dalam dua jenis, yakni kolesterol baik dan jahat. Meningkatnya kadar kolesterol jahat dapat membawa ke beberapa dampak negatif seperti risiko stroke, gagal ginjal, diabetes, gangguan jantung, hingga hilangnya nyawa seseorang secara tiba-tiba.

Mengonsumsi obat penurun kolesterol sebenarnya dapat menjadi solusi paling cepat untuk mengatasi hal ini, sayangnya obat-obatan tersebut harus melalui resep dokter dan harganya pun terbilang tidak murah. Belum lagi efek samping yang dapat ditimbulkan.

Namun, kamu tidak perlu bingung sebab ada berbagai cara menurunkan kolesterol secara alami yang bisa dicoba. Apa saja? Yuk, intip 7 di antaranya berikut ini:


Memperhatikan Pola Makan

Tingginya kolesterol seseorang bisa jadi disebabkan oleh pola makan yang tidak benar. Maka dari itu, langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah memperhatikan asupan makanan yang masuk. Makanan seperti daging berlemak, sosis, mentega, biskuit, cokelat, permen, sebagainya sebisa mungkin dihindari agar terbebas dari gangguan kesehatan yang satu ini.
 

Mengurangi Gula

Adanya konsumsi gula berlebihan akan membuat kadar kolesterol jahat meningkat dan mengurangi jumlah kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Mengurangi konsumsi gula secara otomatis akan membuat kolesterol jahat berkurang. Untuk mengontrol jumlah asupan gula yang masuk ke dalam tubuh, periksalah terlebih dahulu label makanan atau minuman yang dikonsumsi.
 

Memperbanyak Makanan Berserat Tinggi

Selain hal-hal tersebut di atas, pengidap kolesterol tinggi juga perlu memperbanyak asupan makanan dengan serat tinggi. Hal ini dikarenakan oleh zat-zat ini mampu untuk menekan kadar kolesterol jahat. Beberapa contoh makanan berserat antara lain gandum, kacang-kacangan, sayur, dan buah-buahan.
 

Menurunkan Berat Badan

Masalah berat badan memang membawa seseorang ke dalam berbagai gangguan kesehatan, salah satunya kolesterol tinggi. Untuk mendapatkan kolesterol baik yang lebih banyak di dalam tubuh, maka pengidap gangguan ini perlu untuk menurunkan berat badannya. Tidak perlu hingga benar-benar langsing, cukup 5 kg dari berat yang ada sekarang. Pasalnya, hal ini sama saja dengan mengurangi kadar kolesterol hingga 8%.
 

Memperbanyak Aktivitas Fisik

Berharap untuk menurunkan kadar kolesterol tanpa melakukan aktivitas fisik apapun merupakan hal yang sia-sia. Bagi mereka yang ingin terhindar dari masalah ini tidak bisa hanya dengan berdiam diri depan televisi.

Dibutuhkan aktivitas fisik setiap harinya atau minimal 150 menit per minggu agar kadar kolesterol jahat terkontrol. Ada baiknya juga untuk berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari, seperti bersepeda atau jogging.
 

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Adanya beragam kandungan berbahaya di dalam rokok ternyata juga mampu menaikkan kadar kolesterol jahat seseorang. Maka dari itu, segeralh untuk menghentikan kebiasaan merokok agar kolesterol dapat tetap aman.
 

Menghindari Stres

Terakhir, banyaknya pekerjaan atau masalah yang dihadapi seseorang dapat berujung pada stres yang tak terkendali. Situasi ini secara langsung akan membuat risiko terserang kolesterol meningkat. Oleh karena itu, sebisa mungkin tingkat stres dikelola.

Adapun cara mengelola stres dapat dilakukan dengan mendengarkan musik, mengobrol dengan teman, berolahraga, dan masih banyak lagi aktivitas yang membuatmu nyaman.

Nah, itu  tadi beberapa langkah yang bisa kamu tempuh untuk menurunkan kolesterol secara alami. Mulai dari sekarang, hindarilah semua penyebab-penyebab yang dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Gangguan kesehatan yang satu ini dapat menyerang siapa saja dari berbagai kalangan usia manapun.

Inspirasi Terkait
Tips Meraih Cita-cita Dalam Hidup yang Bisa Dilakukan Agar Terwujud
Tips Meraih Cita-cita Dalam Hidup yang Bisa Dilakukan Agar Terwujud
07 Oktober 2019   Lifestyle
Meraih impian bukanlah hal yang sulit dilakukan jika kamu mengikuti tips berikut ini
Baca Selengkapnya
Tak Hanya Sesak Napas, Ini 5 Macam Gangguan Jantung Lainnya yang Perlu Dipahami
Tak Hanya Sesak Napas, Ini 5 Macam Gangguan Jantung Lainnya yang Perlu Dipahami
07 Oktober 2019   Kesehatan
Gangguan pada jantung tidak hanya menunjukkan gejala sesak napas, lho. Kamu perlu mengetahui tanda-tanda yang berbeda dari setiap jenis penyakit jantung seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Sering Disepelekan, Ini 5 Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Diwaspadai
Sering Disepelekan, Ini 5 Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Diwaspadai
07 Oktober 2019   Kesehatan
Sakit jantung memang berbahaya dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Oleh karena itu, yuk kenali apa saja gejalanya, khususnya bagi para wanita yang memiliki tanda berbeda dari pria.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...