31 Mei 2019   Lifestyle

6 Tips Persiapan Pulang Kampung Agar Tetap Aman dan Nyaman Selama Perjalanan

60     0
Perjalanan mudik atau pulang kampung harus dipersiapkan dengan benar dan matang dari berbagai aspek baik fisik maupun barang yang akan dibawa. Agar perjalanan mudik kamu berjalan lancar, sebaiknya ikuti tips pulang kampung berikut ini, yuk.

Buat Anggaran untuk Mudik

Sebelum pergi mudik, persiapkan dulu anggaran yang akan digunakan. Sudah menjadi rahasia umum jika mudik pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, agar tidak berlebihan, baiknya aturlah budget sebelum mudik.
Pertimbangkan anggaran untuk biaya tiket kendaraan (jika menggunakan kendaraan umum), sementara untuk kamu yang menggunakan kendaraan pribadi siapkan dana untuk membeli bahan bakar dan biaya servis kendaraan. Selain itu, biaya penginapan, oleh – oleh, angpao lebaran, dan pengeluaran tak terduga juga harus siapkan.

Kesiapan Kendaraan

Tips pulang kampung selanjutnya adalah menyiapkan kendaraan yang kondisinya prima untuk menempuh jarak jauh. Ini perlu dilakukan bila kamu memutuskan untuk membawa kendaraan pribadi sendiri. Perlu untuk membawa kendaraan kamu ke bengkel untuk mengecek kondisinya apakah layak jalan atau ada yang perlu diperbaiki. Tentunya hal ini untuk mencegah berbagai kemungkinan seperti mogok, ban bocor, atau kecelakaan di jalan.

Menyiapkan Barang yang Dibawa

Sebaiknya jangan melakukan packing satu hari sebelum keberangkatan. Baiknya dicicil saja dari beberapa hari sebelum keberangkatan. Tips pulang kampung ini membantu meminimalisir risiko barang ketinggalan dan tentunya memungkinkan kamu untuk beristirahat sebelum pulang kampung. Mulailah mengemas barang-barang kecil seperti alat mandi, obat-obatan, hingga barang-barang utama seperti pakaian.

Jangan sampai lupa juga untuk memastikan barang-barang yang ditinggalkan di rumah dibersihkan dan ditata dengan rapi. Hal ini bertujuan agar ketika kembali ke rumah dan melihat tempat tinggal yang rapi bisa merasa lega. Kamu juga bisa langsung membersihkan diri dan istirahat sehabis pulang dari kampung.

Tentukan Destinasi Wisata

Jika kamu berencana untuk mengunjungi tempat wisata di kampung, baiknya tentukan tempat destinasi wisata yang ingin didatangi. Tentunya hal ini untuk membuat liburanmu lebih menyenangkan dan bisa menyegarkan pikiran kamu.

Persiapkan Uang Tunai

Tips pulang kampung selanjutnya adalah menyiapkan uang tunai untuk berjaga-jaga seandainya keberadaan mesin ATM atau alat pembayaran kartu kredit cenderung sulit ditemukan di kampung halaman. 
 
Pastikan Kondisi Fisik Fit

Tips pulang kampung yang terakhir adalah menyiapkan kondisi fisik tetap prima. Pasalnya, mudik termasuk perjalanan yang sangat melelahkan. Khususnya bagi Anda yang menyetir kendaraan pribadi, harus menjaga kondisi fisik dengan baik untuk menghindari kecelakaan.

Pastikan sebelum berangkat mudik lakukanlah istirahat yang cukup, menjaga pola makan, olahraga yang rutin setiap hari, maka harus siap kondisi fisik agar tidak terjadi kecelakaan. Persiapkan juga kotak P3K dan juga obat – obatan pribadi. Jika saat perjalanan merasa lelah, jangan lupa untuk istirahat sejenak selama di perjalanan.

Itu tadi 6 tips pulang kampung yang bisa kamu ikuti. Semoga perjalanan mudik kamu menjadi lancar dan selamat sampai tujuan ya.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Waspadai Penyebab Asam Urat di Usia Muda! Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindarinya
Waspadai Penyebab Asam Urat di Usia Muda! Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindarinya
24 Juni 2019   Kesehatan
Salah satu masalah persendian yang sering terjadi tanpa mengenal usia yakni penyakit asam urat. Dalam keadaan normal, asam urat dapat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Namun, dalam kondisi tertentu asam urat bisa muncul dalam jumlah yang berlebih sehingga terjadi penumpukan dalam tubuh.
Baca Selengkapnya
Ketahui Penyebab Infeksi Saluran Kemih dan Cara Pengobatannya
Ketahui Penyebab Infeksi Saluran Kemih dan Cara Pengobatannya
24 Juni 2019   Kesehatan
Infeksi bisa terjadi di mana saja, termasuk pada area kantung kemih. Hal ini tentunya cukup rentan terjadi pada sebagian orang, karena pada area tersebut memiliki tingkat kelembapan paling sensitif. Sehingga, bakteri dan virus akan lebih cepat berkembang. Perlu diketahui juga, bahwa infeksi saluran
Baca Selengkapnya
Ketahui Penyebab Anemia dan Cara Mengobatinya Berikut Ini!
Ketahui Penyebab Anemia dan Cara Mengobatinya Berikut Ini!
24 Juni 2019   Kesehatan
Anemia merupakan suatu kondisi ketika tubuh manusia kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin. Hal ini memiliki manfaat untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Hal ini dapat terjadi dalam jangka waktu panjang maupun pendek, serta tak boleh disepelekan, lho.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...