20 Agustus 2019   Kesehatan

6 Tips Menjaga Kesehatan Jantung yang Harus Segera Dilakukan

46     0
Jantung bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Makanya, setiap orang harus menjaga jantungnya agar terhindar dari berbagai penyakit yang menghambat kerjanya. Penyakit jantung sendiri  menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dan beberapa negara lain.  Untuk menghindarinya berikut 6 tips menjaga kesehatan jantung yang bisa dilakukan.

Mengatur Pola Makan


Tips menjaga kesehatan jantung yang pertama adalah dengan mengatur apa yang kamu makan sehari-hari. Batasi atau pun hindari konsumsi makanan yang mengandung santan, minyak dan gula berlebih, serta berlemak.

Perbanyaklah konsumsi buah, sayur, dan kacang-kacangan yang cenderung lebih sehat. Kamu juga bisa mengonsumsi daging seperti unggas, daging merah, dan ikan.  Untuk ikan, sebaiknya konsumsi salmon dan tuna yang banyak mengandung asam lemak omega-3. Untuk memasak, gunakan minyak zaitun yang dianggap lebih sehat. Konsumsi minyak ikan untuk dijadikan sebagai tambahan nutrisi.  Perlu diketahui, minyak ikan mengandung omega-3 yang baik untuk menurunkan lemak jahat dalam darah dan baik untuk jantung.

Memeriksa dan Menjaga Kadar Kolesterol serta Tekanan Darah Secara Rutin


Normalnya, batas optimal kolesterol jahat Low density lipoprotein (LDL) adalah 70–100 mg/ dL. Harap waspada jika kadar LDL lebih dari kadar tersebut. Untuk kolesterol baik High density lipoprotein (HDL) dikatakan baik jika mencapai lebih dari di atas 40 mg/dL bagi laki-laki dan di atas 50 mg/dL untuk wanita.

Kamu juga perlu mengontrol tekanan darah. Hal ini karena jika kamu memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) berisiko menyebabkan komplikasi seperti penyakit ginjal, penyakit jantung koroner, dan stroke. Kadar tekanan darah normal bila menunjukkan angka di bawah 120/80 mmHg.

Rutin Melakukan Olahraga dan Minimalisir Stres


Tips menjaga kesehatan yang perlu juga dilakukan, yakni dengan rutin melakukan olahraga. Cobalah melakukan olahraga minimal tiga kali dalam satu minggu dengan masing-masing 30 menit. Bila kamu memang sudah mengidap penyakit jantung, lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan, lompat tali, jogging, bersepeda, dan renang. Olahraga selain bisa menjaga kesehatan jantung, juga bisa mengurangi stres, menurunkan kolesterol, menjaga berat badan, dan memperlancar sirkulasi seluruh tubuh.

Jangan pula terlalu stres. Ingatlah, bahwa rasa marah, khawatir, dan perasaan lainnya yang bisa memicu stres bisa terjadi kapan pun. Makanya cobalah untuk mengelola stres dengan cara yang bijak, seperti berbicara pada anggota keluarga terkait masalah yang dihadapi atau bisa jadi melakukan hobi Anda untuk melepas stres.

Berat Badan Diturunkan


Orang obesitas memiliki tumpukan lemak pada pembuluh darahnya sehingga sangat berisiko mengalami penyakit jantung koroner. Makanya cobalah untuk melakukan diet demi menurunkan berat badan. Dengan memiliki berat badan yang ideal, bukan hanya membuat badan jadi lebih bugar dan terhindar dari penyakit jantung atau lainnya, tapi juga menunjang penampilan kamu.

Jaga Kualitas Tidur


Durasi waktu yang ideal adalah tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Sementara bila memiliki kebiasaan kurang tidur bisa memicu kamu mengalami beberapa kondisi seperti depresi, diabetes, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan berat badan berlebih. Salah satu ciri jika tubuh kamu tidur  cukup, yakni mudahnya bangun tanpa bantuan alarm dan tidak mudah merasa lelah. Sebaliknya jika sulit sekali bangun meski sudah pakai alarm, bisa jadi tanda kamu perlu lebih banyak tidur.

Berhenti Merokok dan Jauhi Asapnya


Baik perokok aktif maupun pasif sama-sama berisiko tinggi mengidap penyakit jantung. Maka dari itu, sebaiknya segeralah berhenti merokok. Kurangilah secara perlahan dengan mengalihkan keinginan merokok dengan melakukan kegiatan lain atau mengonsumsi permen rendah gula. Kamu juga perlu berteman dengan orang yang tidak merokok untuk membantu berhenti merokok sama sekali. Untuk perokok pasif, cobalah untuk tidak berlama-lama atau bahkan menjauhi tempat yang terdapat asap rokok.

Ayo, segera mulai menerapkan enam tips menjaga kesehatan jantung di atas agar organ yang satu ini senantiasa sehat. Jangan lupa, untuk mengajak seluruh anggota keluarga untuk juga menerapkan cara di atas, ya.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Selain Sedia Payung, Ini 5 Persiapan Musim Hujan Lainnya yang Perlu Kamu Ketahui
Selain Sedia Payung, Ini 5 Persiapan Musim Hujan Lainnya yang Perlu Kamu Ketahui
13 Nopember 2019   Lifestyle
Ada beberapa persiapan musim hujan yang wajib kamu lakukan agar semua aktivitasmu dapat berjalan lancar. Agar tidak melewatkan hal penting, yuk, ikuti tipsnya.
Baca Selengkapnya
Kenali Lebih Jauh Tentang Sejarah Hari Kesehatan Nasional di Indonesia
Kenali Lebih Jauh Tentang Sejarah Hari Kesehatan Nasional di Indonesia
13 Nopember 2019   Kesehatan
Hari kesehatan nasional yang dirayakan setiap tahunnya ternyata memiliki sejarah awal dan cukup panjang. Yuk, kenali lebih lanjut kisah awal diresmikan hari tersebut.
Baca Selengkapnya
Inspirasi dan Kumpulan Kata-kata Bijak untuk Bantu Semangat Anak Muda Meraih Mimpi
Inspirasi dan Kumpulan Kata-kata Bijak untuk Bantu Semangat Anak Muda Meraih Mimpi
13 Nopember 2019   Lifestyle
Ingin memiliki semangat anak muda meraih mimpi agar dapat tekun dan tidak berputus asa? Inilah beberapa kata bijak yang kamu butuhkan dari beberapa orang sukses.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...