17 Desember 2019   Kesehatan

6 Rekomendasi Olahraga untuk Penyakit Jantung yang Bisa Dilakukan

Jantung sangat berperan dalam berbagai hal dalam tubuh, seperti mentransfer darah ke seluruh jaringan dan organ. Bila jantung sehat, maka akan maksimal dalam menjalankan tugasnya. Tentunya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Bukan hanya dari makanan sehat yang dikonsumsi, tapi juga dengan melakukan olahraga tertentu. Kira-kira apa saja ya jenis olahraga untuk penyakit jantung yang bisa dilakukan? Ini jawabannya! 

Lari


Kamu yang lebih suka dengan olahraga mudah, bisa memilih lari. Aktivitas ini memiliki intensitas yang berbeda, ada yang rendah, sedang dan tinggi. Jika ingin melakukannya, bisa sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi fisik.
Apa dampaknya bagi kesehatan jantung? Bila rutin melakukan olahraga lari bisa meningkatkan volume darah di tubuh, meminimalisir produksi hormon kortisol dan stres adrenalin, menaikkan sirkulasi darah dan kolesterol baik, dan menurunkan risiko trombosis (suatu penyakit yang terjadi akibat terbentuknya gumpalan darah dalam pembuluh darah). Kondisi-kondisi tersebut bisa memberikan dampak bagi kesehatan jantung.

Angkat Beban


Jangan berpikir jika angkat beban hanya baik untuk membentuk otot saja ya. Ternyata angkat beban termasuk olahraga untuk penyakit jantung juga, lho. Ini karena latihan angkat beban juga bisa dimanfaatkan untuk membakar lemak, sehingga mencegah kamu mengalami kelebihan berat badan berlebih atau obesitas dan berdampak bagi kesehatan jantung.

Bersepeda


Olahraga untuk penyakit jantung yang bisa dilakukan adalah dengan mengendarai sepeda. Ini menjadi olahraga yang mudah dan murah. Olahraga bersepeda bisa membantu kinerja jantung jadi lebih baik, menguatkan otot jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan menurunkan tekanan darah.

Dengan manfaat tersebut, bisa membuat proses mengantarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh makin lancar, meminimalisir risiko penyempitan pembuluh darah, dan risiko seseorang mengidap penyakit serangan jantung dan stroke lebih rendah.

Olahraga Renang


Berenang juga menjadi salah satu jenis olahraga untuk penyakit jantung. Alasannya, olahraga air yang satu ini bisa memperkuat otot tubuh, menurunkan kolesterol, menghilangkan racun dan lemak dalam darah, meningkatkan HDL atau kolesterol baik, serta menurunkan tekanan darah. Berenang sendiri memanfaatkan hampir setiap otot dalam tubuh dan bisa meningkatkan sirkulasi darah maupun membantu membakar banyak kalori.

Olahraga Muay Thai


Olahraga yang berasal dari Thailand ini bukan hanya disukai oleh pria saja tapi juga wanita. Meskipun tergolong olahraga berat karena terdapat gerakan bela diri, namun bisa diandalkan untuk menurunkan berat badan. Namun manfaatnya tidak hanya itu. Muay thai termasuk salah satu olahraga kardio yang cukup keras, sehingga bisa membantu pernapasan menjadi lebih baik dan meningkatkan denyut jantung.

Olahraga Yoga


Olahraga untuk penyakit jantung yang terakhir adalah yoga. Apa alasannya? Yoga dilakukan dengan fokus pada pengaturan fokus, meditasi, dan napas, sehingga bisa membuat tekanan darah turun, membangun otot, baik kesehatan kardiovaskular, memperlancar detak jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi peradangan. Olahraga ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin melakukan olahraga yang tidak berat.

Ternyata ada banyak ya olahraga untuk penyakit jantung yang bisa kamu coba dan lakukan secara rutin.
Yuk, jaga kesehatan jantungmu dengan mulai berolahraga!
 
Baca juga: 4 Olahraga Kekinian Favoritnya Kaum Urban

asuransi penyakit kritis
 
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Tips Atur Pengeluaran agar Dompet Aman Sampai Lebaran
Tips Atur Pengeluaran agar Dompet Aman Sampai Lebaran
05 Mei 2021   Finansial
Untuk menghindari boros, jadi lebih bijak dalam mengatur keuangan saat Ramadan dan Lebaran menjadi sangat penting. Yuk ikuti kiat ini agar keuanganmu tetap aman sampai Lebaran.
Baca Selengkapnya
Inspirasi Gaya Fashionable untuk Ramadan dan Lebaran 2021
Inspirasi Gaya Fashionable untuk Ramadan dan Lebaran 2021
05 Mei 2021   Lifestyle
Kamu pastinya gak ingin ketinggalan update fashion yang akan hits di Lebaran 2021? Walaupun di rumah saja, pasti tetap ingin dong tampil fashionable di sesi video call bareng keluarga?
Baca Selengkapnya
Wajib Tahu, Ini Produk Asuransi Paling Cocok untuk Milenial
Wajib Tahu, Ini Produk Asuransi Paling Cocok untuk Milenial
05 Mei 2021   Kesehatan
Generasi milenial yang sudah memasuki usia produktif tercatat masih banyak yang belum melek asuransi. Tercatat sangat rendah yaitu baru di angka 1,7% penduduk Indonesia yang terhitung sudah membeli premi baik untuk perlindungan jiwa ataupun kesehatan.
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...