12 Nopember 2019   Kesehatan

6 Pilihan Makanan yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling sering menyerang. Ketika kondisi tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih, maka hal ini bisa disebut sebagai tekanan darah tinggi.

Secara umum, darah tinggi sendiri disebabkan oleh berbagai hal seperti tingkat stres yang tinggi, minum minuman beralkohol, hingga riwayat keturunan. Selain itu, hipertensi dapat dipicu oleh konsumsi garam yang berlebih serta pola makan yang tidak teratur dan berakhir dengan kondisi malas gerak.

Meski konsumsi makanan setiap hari bisa berdampak buruk pada tekanan darah, makanan yang benar juga mampu mengatasi gangguan kesehatan yang satu ini. Lantas, makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi? Berikut 6 pilihannya yang penting untuk diketahui!

Sayur Hijau


Sudah bukan rahasia lagi jika sayur-sayuran hijau memberikan banyak manfaat untuk tubuh manusia jika dikonsumsi secara rutin. Beberapa sayur hijau seperti bayam, sawi, dan lobak mempunyai kalium tinggi yang berkhasiat menurunkan tekanan darah. Demi hasil yang maksimal tidak ada salahnya jika mengolah bayam menjadi minuman setengah cangkir untuk dikonsumsi setiap hari.

Kentang Rebus


Sayuran lainnya yang dapat kamu konsumsi buat mengatasi gangguan kesehatan tersebut yakni kentang yang direbus. Hal ini disebabkan oleh kandungan kentang yang terdiri dari kalium dan magnesium tinggi yang diperlukan oleh tubuh. Rebuslah kentang dan konsumsi secara berkala tanpa menambahkan garam atau bumbu apapun. Pasalnya, jika kamu menambahkan garam, maka tekanan darah bisa semakin meninggi.

Gandum Utuh


Bosan dengan kentang rebus? Tidak ada salahnya jika kamu mencoba gandum utuh. Di dalam makanan ini terkandung serat tinggi untuk menormalkan tekanan darah dan mencegah kegemukan. Maka dari itu, untuk mendapatkan tubuh yang sehat, ada baiknya mengonsumsi gandum utuh setiap hari.

Ikan Air Tawar


Adapun makanan lain yang berperan dalam mengatasi gangguan kesehatan ini yaitu ikan tawar. Pasalnya, ikan dari air tawar biasanya mempunyai kandungan vitamin D yang tinggi. Selain ikan tawar, ikan salmon juga mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi minimal tiga kali seminggu. Yang jelas, dalam mengonsumsi ikan sangat disarankan untuk menghindari garam agar tekanan darah tetap terkontrol.

Pisang


Siapa sangka buah yang dengan mudah ditemui sehari-hari ini berguna untuk mengatasi masalah tekanan darah? Kandungan kalium di dalamnya yang tinggi berfungsi untuk menyeimbangkan kadar natrium di dalam tubuh yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Susu Rendah Lemak


Bagi kamu yang memerlukan susu setiap hari tidak perlu khawatir. Pasalnya, susu rendah lemak bisa dimanfaatkan untuk mendampingimu dalam proses pengobatan. Minumlah susu rendah lemak minimal 2-3 kali sehari.

Ketika seorang gejala tekanan darah tinggi, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan. Langkah ini akan membantu proses penurunan hipertensi sedari dini. Pasalnya, pengobatan tekanan darah tinggi dan komplikasinya tidaklah murah.

Ada beragam biaya yang harus dikeluarkan seperti  biaya konsultasi dokter, pengobatan, rawat jalan, hingga biaya obat-obatan. Maka dari itu, sebagai tindakan preventif saat gangguan ini tiba-tiba menyerang, ada baiknya jika kamu memiliki asuransi kanker dari AXA Direct berupa AXA Cancer & Save.

Beragam keuntungan yang ditawarkan pun menanti kamu, misalnya uang pertanggungan Rp250.000.000 apabila terdiagnosa atau meninggal dunia karena penyakit kanker. Tidak hanya itu, ada juga keuntungan pengembalian premi 50% dari total premi selama 36 bulan dari tahun keempat hingga keenam, jika tidak ada klaim dan kondisi polis aktif.

Baca juga: Ketahui 5 Penyebab Darah Rendah dan Cara Mengatasinya
 
asuransi penyakit kritis

tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...