20 Agustus 2019   Kesehatan

6 Penyebab Radang Usus yang Sering Disepelekan

13     0
Radang usus merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada saluran pencernaan yang biasanya ditandai oleh munculnya iritasi serta luka. Beberapa gejala yang muncul saat seseorang mengalami radang usus yakni nyeri atau kram pada perut, diare, selera makan berkurang, berat badan menurun, serta perut kembung.

Penyebab radang usus sendiri belum diketahui pasti. Namun, salah satu faktornya disebabkan oleh menurunnya sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mampu melawan virus yang muncul. Apa saja penyebab radang usus lainnya? Berikut 6 di antaranya yang sering disepelekan!

Adanya Infeksi Virus


Salah satu penyebab radang usus yang paling populer adalah infeksi virus. Virus tersebut berupa Norovirus yang menyerang usus kecil dan masuk melalui makanan yang kotor dan tercemar. Novirus sendiri dapat berpindah dengan mudah melalui kontak fisik atau memegang benda yang di beberapa bagiannya terdapat muntahan orang yang mengalami radang usus. Situasi ini akan menyebabkan zat gizi sulit dicerna oleh tubuh sehingga memicu kekurangan nutrisi.

Terdapat Infeksi Bakteri


Selain adanya infeksi virus, infeksi bakteri juga berisiko menyebabkan radang usus. Bakteri sendiri sering menular dan menyebar dari makanan yang dikonsumsi. Makanan yang tidak matang seperti telur, daging merah, serta daging unggas merupakan makanan yang banyak mengandung bakteri.

Beberapa bakteri yang sering ditemukan di dalam makanan yang tidak matang antara lain Salmonella, Shigella, Campylobacter, dan Escherichia coli. Ketika masuk ke dalam tubuh, bakteri tersebut akan langsung menempel di dinding usus dan mengeluarkan racun. Senyawa berbahaya inilah yang menjadi pemicu munculnya radang usus.

Tinggal di Dekat Kawasan Industri


Bagi mereka yang tinggal di dekat kawasan industri patut berhati-hati. Ada berbagai gangguan kesehatan yang mengancam Anda sebagai akibat dari limbah atau pembuangan industri yang berada di sekitar. Selain senyawa kimia, beragam bakteri dan virus pun bertebaran sehingga dibutuhkan sanitasi yang tinggi.

Diet dan Stres


Siapa sangka bahwa proses diet yang dilakukan juga bisa menjadi penyebab radang usus? Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Sementara tingginya tingkat stres juga akan berujung pada masalah kesehatan ini.

Kebiasaan Merokok


Sudah bukan rahasia lagi jika merokok dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh seseorang. Pasalnya, di dalam rokok terkandung beragam zat kimia berbahaya yang bisa menjadi faktor penyebab munculnya berbagai gangguan kesehatan, termasuk radang usus.

Terkena Infeksi Parasit


Penyebab radang usus lainnya yaitu parasit berupa Giardia. Ketika seseorang terkena infeksi parasit, maka usus kecil tidak akan sanggup menyerap cairan sehingga tubuh akan mengeluarkan banyak cairan. Kondisi kini akan berakhir pada dehidrasi atau diare.

Giardia sendiri lebih sering terdapat di dalam air, misalnya kolam renang atau danau. Senyawa berbahaya ini akan menyebar jika Anda tidak sengaja menelan air tersebut. Maka dari itu, biasakan mencuci tangan sebelum makan dan setelah keluar dari kamar mandi.

Nah, itu tadi beberapa penyebab radang usus yang penting untuk diketahui sehingga Anda dapat terus berjaga-jaga. Pasalnya, jika gangguan kesehatan yang satu ini tidak ditangani dengan baik, maka dapat berdampak pada munculnya beragam komplikasi berbahaya seperti kehilangan cairan tubuh, terbentuknya saluran abnormal, menggumpalnya darah di pembuluh darah usus, hingga terjadinya kanker usus besar.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala yang muncul serta mencegah kambuhnya penyakit ini yakni antara lain menghindari alkohol, makanan pedas, menghentikan kebiasaan merokok, mengurangi konsumsi kafein, serta berolahraga secara rutin untuk mengembalikan fungsi normal usus.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
16 September 2019   Lifestyle
Hari pelanggan nasional dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 4 September. Penasaran dengan sejarah dan proses penetapan tanggal 4 September sebagai hari pelanggan nasional? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
16 September 2019   Lifestyle
Jika kamu memiliki kebiasaan boros, perlu terapkan cara menghemat pengeluaran berikut ini agar bisa memanfaatkan uang dengan sebaik mungkin.
Baca Selengkapnya
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
16 September 2019   Kesehatan
Saat ingin melakukan cek kehamilan di bidan perlu menyiapkan beberapa hal. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...