07 Oktober 2019   Kesehatan

6 Makanan Sehat untuk Jantung yang Wajib Dikonsumsi, Apa Saja?

Menjaga kesehatan tubuh merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan organ tubuh yang terjaga dengan baik, sehat, dan tidak mudah sakit. Namun, berolahraga saja tidak akan cukup jika tidak diimbangi dengan pola makan yang bersih dan sehat.

Untuk mendapatkan tubuh yang kuat kamu perlu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan kaya akan nutrisi. Lantas, makanan apa saja yang bisa dikonsumsi untuk menjaga jantung agar tetap sehat? Ada 6 makanan sehat ini wajib dikonsumsi yang perlu kamu ketahui.

1. Mengonsumsi Ikan Salmon

Makanan sehat untuk jantung yang perlu kamu konsumsi salah satunya yaitu ikan salmon. Bahan makanan yang kaya akan omega 3 ini dapat membantu kamu mengurangi penyumbatan yang ada dalam pembuluh darah.

Selain itu, ikan salmon juga mampu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Jadi, mulai saat ini kamu bisa secara rutin mengonsumsi bahan makanan dari laut ini, yang Bisa dikonsumsi secara mentah atau pun dimasak sesuai dengan selera. 

2. Memperbanyak Bawang Putih pada Masakan

Salah satu bumbu dapur yang satu ini memang dikenal sebagai makanan sehat untuk jantung. Telah digunakan sebagai bahan antibiotik tubuh secara alami. Selain itu, untuk kamu yang memiliki gejala hipertensi pun dianjurkan untuk mengonsumsinya karena dapat mengurangi proses pengentalan darah dalam tubuh. Jika darah yang kamu miliki dalam kondisi normal, maka jantung pun akan bekerja lebih mudah.

3. Menikmati

Camilan Cokelat Hitam

Cokelat hitam memiliki rasa yang cukup pahit dan jarang disukai oleh sebagian besar orang. Namun, sebenarnya di dalam cokelat tersebut terdapat kandungan flavonoid yang dapat menurunkan risiko penyakit pada area jantung.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan antioksidan yang membantu sel-sel dalam tubuh terhindar dari kerusakan akibat serangan radikal bebas. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara diolah menjadi minuman atau olahan cokelat lainnya. Namun, pastikan untuk menghindari penggunaan gula yang bisa diganti dengan sedikit produk susu.

4. Memperbanyak Serat dengan Kacang-kacangan

Makanan sehat untuk jantung lainnya yaitu bahan makan yang terdapat tinggi kandungan serat di dalamnya, seperti pada kacang-kacangan. Kacang-kacangan sendiri dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Hal ini dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Mulailah dengan mengganti camilanmu dengan kacang seperti almond.

5. Menikmati Buah Alpukat yang Melindungi Jantung

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi sehingga, sangat baik untuk dikonsumsi oleh kamu karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Di dalam buah alpukat pun terdapat kandungan nutrisi dan kalium yang diperlukan untuk menjaga agar jantung tetap sehat dan terlindungi.

6. Memilih Buah Berry yang Dapat Melindungi Kerja Jantung

Berry memiliki banyak jenis seperti strawberry, blueberry, cranberry, dan berbagai jenis lainnya. Buah ini memang memiliki rasa yang cukup unik namun, tetap enak. Kandungan antioksidan di dalam keluarga barry ini dapat menghasilkan senyawa yang bisa menjaga kinerja jantung agar tetap baik.

Itulah 6 makanan sehat yang perlu kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung agar tetap dapat terjaga dengan baik. Selain menjaga asupan makan, kamu juga perlu menjaganya bersama dengan AXA Direct yang kini hadir dengan pilihan AXA Heart & Save.

AXA Heart & Save akan mengurangi risiko terjadinya biaya pengobatan yang dapat menguras keuanganmu. Berbagai manfaat perlindungan bisa kamu dapatkan mulai dari 50 juta rupiah hingga 250 juta rupiah. Jangan sampai terlewatkan berbagai promo menarik yang ditawarkan ya.

Baca Juga: 5 Gerakan Olahraga Sederhana Untuk Kesehatan Jantung
 
asuransi kesehatan

tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...