24 Februari 2020   Kesehatan

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Ginjal Rusak yang Harus Segera Dihentikan

Gagal ginjal merupakan salah satu masalah ginjal yang dapat terjadi pada siapa saja. Padahal organ ini memiliki fungsi vital untuk menyaring darah sebelum dikirimkan ke jantung. Seluruh cairan-cairan berbahaya di dalam tubuh pun disaring oleh ginjal.

Penyebab ginjal rusak sering kali berawal dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang tidak disadari. Penasaran dengan kebiasaan buruk tersebut? Berikut 6 di antaranya yang harus segera dihentikan!

Merokok dan Mengonsumsi Alkohol


Salah satu kebiasaan yang tidak disadari dan dapat mengancam kesehatan ginjal yakni merokok. Sudah bukan rahasia lagi jika sebatang rokok mengandung zat nikotin dan zat kimia berbahaya lainnya bagi tubuh, termasuk ginjal.

Selain merokok, konsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan untuk jangka waktu yang lama pun mampu memicu penyakit ginjal kronis lima kali lipat. Keduanya biasa diawali oleh masalah pembuangan urin sehingga racun menumpuk dan memenuhi ginjal.

Minum Obat Penghilang Rasa Sakit


Tidak sedikit orang yang sering kali minum obat saat ingin menghilangkan rasa sakit atau nyeri yang dialaminya. Faktanya, obat-obatan tersebut dapat berdampak buruk jika dikonsumsi secara berlebihan dalam waktu lama. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa setiap orang patut waspada dengan obat-obatan jenis ini.

Kurang Minum Air Putih


Lebih dari separuh tubuh manusia terdiri dari air. Tanpa cairan ini tubuh akan mengalami ketidakseimbangan sehingga menyebabkan tubuh bermasalah, di antaranya sistem pencernaan dan penyerapan makanan berupa ginjal. Pasalnya, untuk bekerja secara optimal, ginjal membutuhkan asupan cairan yang cukup dan hal ini bisa didapatkan dari air putih.

Tidur Larut Malam


Siapa sangka bahwa kebiasaan tidur larut malam atau begadang dapat menjadi penyebab ginjal rusak? Ketika begadang tubuh tidak mendapatkan tidur yang berkualitas, tekanan darah akan meninggi, dan berbagai risiko gangguan kesehatan pun meningkat, salah satunya gagal ginjal. Padahal waktu tidur orang dewasa minimal 7-8 jam per hari.

Kebanyakan Asupan Gula


Bagi kamu yang sering mengonsumsi makanan dengan kandungan gula lebih, ada baiknya jika berhenti mulai dari sekarang. Hal ini dikarenakan dampak buruk dari gula yang berperan pada tekanan darah tinggi dan menjadi salah satu pemicu masalah ginjal.

Kurang Gerak dan Duduk Lama


Terakhir, bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang lama tanpa adanya aktivitas fisik seperti berjalan ternyata berisiko merusak ginjal. Aktivitas fisik ini terkait erat dengan peningkatan aliran darah dan metabolisme glukosa di dalam tubuh.

Itu tadi beberapa informasi mengenai penyebab penyebab ginjal rusak yang penting untuk diketahui. Sebelum kondisi ini terjadi, ada baiknya jika dari sekarang kamu mulai menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan aktif melakukan kegiatan fisik.

Selain itu, sebagai tindakan preventif saat masalah ginjal tiba-tiba menyerang, kamu sebaiknya memiliki asuransi jiwa dari AXA Direct berupa AXA Life & Save. Beragam keuntungan yang ditawarkan pun menanti, misalnya uang pertanggungan hingga Rp400.000.000 apabila meninggal dunia.

Bukan hanya itu, ada juga keuntungan pengembalian premi hingga 110% dan bonus perlindungan 5 tahun setelah membayar 5 tahun, jadi total perlindungan 10 tahun. Dengan begini, hidupmu pun bakal bebas dari rasa khawatir di kemudian hari.
Baca juga: 5 Ciri-Ciri Tumor Ginjal yang Mudah Dikenali
 
 
asuransi kesehatan
 
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Tips Merapikan Rumah Sekali Seumur Hidup Ala Marie Kondo
Tips Merapikan Rumah Sekali Seumur Hidup Ala Marie Kondo
30 September 2021   Lifestyle
“Bereskan rumah sekali, dan Anda tidak perlu membereskannya lagi.” Pernyataan di atas keluar dari seorang pelopor teknik membereskan rumah bernama Marie Kondo. Tekniknya sendiri ia namanya KonMari. Apa yang membuat tekniknya begitu populer hingga seluruh dunia? Ternyata ia mengibaratkan memberes
Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Kesehatan Jantung Walaupun Hanya di Rumah Saja
Tips Menjaga Kesehatan Jantung Walaupun Hanya di Rumah Saja
30 September 2021   Kesehatan
Jarang keluar rumah bisa membuat orang-orang memiliki gaya hidup yang kurang aktif, apalagi saat ini masih pandemi yang membuat sebagian masyarakat bekerja dari rumah. Jangan terlena, walau di rumah saja mengurangi risiko terkena virus, ada penyakit lain yang siap mengintai jika kamu malas bergerak
Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Kesehatan Anak saat Sekolah Tatap Muka
Tips Menjaga Kesehatan Anak saat Sekolah Tatap Muka
30 September 2021   Kesehatan
Dengan dimulainya kembali sekolah tatap muka di DKI Jakarta pada akhir Agustus 2021, muncul reaksi beragam dari para orang tua. Walaupun ada rasa khawatir mengenai kesehatan anak, tak sedikit pula yang menyambut antusias sekolah tatap muka karena dapat kembali belajar seperti biasa.
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...