08 Mei 2019   Kesehatan

6 Cara yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Mudik Lebaran

402     5
Bulan Ramadan sering kali diidentikkan dengan mudik atau pulang ke kampung halaman. Pasalnya, hari raya Idul Fitri tidak akan lengkap rasanya tanpa kebersamaan dengan keluarga besar. Tradisi ini telah berjalan selama bertahun-tahun di Indonesia.

Perjalanan beratus-ratus kilometer pun akan ditempuh oleh para pemudik. Beragam pilihan transportasi pun tersedia mulai dari pesawat, kapal, kereta, mobil, hingga sepeda motor. Apapun transportasi yang digunakan kamu wajib menjaga kesehatan tubuh.

Jangan sampai terjadi apa-apa dan perjalananmu menjadi terhalang. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan saat mudik? Yuk, simak 6 di antaranya di bawah ini!
 

Atur Perjalanan dengan Baik

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum pulang kampung adalah dengan mengatur perjalanan dengan baik. Hal-hal terkait kondisi kendaraan yang digunakan dan jalur perjalanan yang akan ditempuh perlu diperhatikan. Semua ini akan menentukan kelancaran perjalanan serta kesehatan tubuh hingga tiba di tempat tujuan.


Waspadai Kelelahan

Jika memperhatikan waktu mudik yang akan berlangsung di bulan puasa, maka ada baiknya jika kamu mewaspadai kelelahan. Ketika berkendara di siang hari dan tubuh merasa lelah, segeralah untuk beristirahat. Sementara jika kamu mengantuk di malam hari, jangan ragu untuk segera menepi.
 

Perhatikan Waktu Istirahat

Istirahat adalah kunci utama dalam melakukan perjalanan ke kampung halaman. Hal ini untuk memastikan tubuh tetap berada dalam kondisi prima saat berkendara. Maka dari itu, perhatikan waktu istirahat dengan baik.
Dalam perjalanan akan ada banyak pos-pos yang disiapkan untuk beristirahat. Jika tidak ada, kamu dapat memanfaatkan POM bensin terdekat untuk mengistirahatkan tubuh sambil melakukan peregangan atau relaksasi.


Jangan Lupa Bawa Bekal

Meski selama perjalanan kamu akan menemui banyak penjual makanan dan minuman di pinggir jalan, ada baiknya jika kamu tetap membawa bekal untuk keluarga. Bekal tersebut sebaiknya terdiri dari makanan dan minuman karena makanan yang dibawa sendiri cenderung lebih higienis.
Belum lagi kebersihan jajanan di pinggir jalan yang bisa saja telah terkontaminasi dengan debu serta kotoran lainnya. Dalam situasi macet pun, kamu bisa saja kesulitan menemukan penjual makanan dan minuman sehingga dengan adanya bekal, maka perjalananmu akan lebih terjamin. Jangan lupa pula untuk membawa buah-buahan segar untuk dikonsumsi di perjalanan.


Perhatikan Asupan Cairan

Bukan hanya makanan, cara lain menjaga kesehatan saat mudik yaitu dengan memperhatikan asupan cairan tubuh. Pasalnya, saat mudik tubuh akan terpapar polusi lebih banyak sehingga dibutuhkan cairan untuk mengeluarkan racun tersebut.
Hal ini disebabkan oleh adanya dampak negatif terhadap tubuh yang dapat ditimbulkan oleh polusi. Tidak hanya itu, kebutuhan cairan tubuh memang harus selalu dipenuhi untuk membantu konsentrasi saat menyetir.


Bawa Obat-obatan Pribadi

Terakhir, satu hal yang sering kali dilupakan oleh banyak pemudik yakni membawa obat-obatan pribadi. Padahal ada berbagai gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada para pemudik seperti sakit kepala, maag, alergi, dan berbagai gangguan lainnya.
Dengan adanya obat-obatan serta vitamin, maka kamu akan tertolong jika suatu waktu mengalami gangguan kesehatan selama di perjalanan.

Nah, itu tadi beberapa cara menjaga kesehatan saat mudik yang dapat kamu lakukan. Jangan lupa untuk selalu bergerak saat kendaraan berhenti agar anggota tubuh dapat tetap berfungsi secara normal. Persiapan yang matang serta kemauan untuk menjaga kesehatan, maka kamu pun bisa tiba dengan selamat di kampung halaman dan merayakan hari lebaran bersama keluarga.

Inspirasi Terkait
Tips Meraih Cita-cita Dalam Hidup yang Bisa Dilakukan Agar Terwujud
Tips Meraih Cita-cita Dalam Hidup yang Bisa Dilakukan Agar Terwujud
07 Oktober 2019   Lifestyle
Meraih impian bukanlah hal yang sulit dilakukan jika kamu mengikuti tips berikut ini
Baca Selengkapnya
Tak Hanya Sesak Napas, Ini 5 Macam Gangguan Jantung Lainnya yang Perlu Dipahami
Tak Hanya Sesak Napas, Ini 5 Macam Gangguan Jantung Lainnya yang Perlu Dipahami
07 Oktober 2019   Kesehatan
Gangguan pada jantung tidak hanya menunjukkan gejala sesak napas, lho. Kamu perlu mengetahui tanda-tanda yang berbeda dari setiap jenis penyakit jantung seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Sering Disepelekan, Ini 5 Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Diwaspadai
Sering Disepelekan, Ini 5 Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Diwaspadai
07 Oktober 2019   Kesehatan
Sakit jantung memang berbahaya dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Oleh karena itu, yuk kenali apa saja gejalanya, khususnya bagi para wanita yang memiliki tanda berbeda dari pria.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...