15 Oktober 2020   Kesehatan

6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona

Masa pandemi Covid-19 menuntut kita untuk tetap menjaga kesehatan fisik agar tidak mudah terserang virus. Selain kesehatan fisik, sangat penting juga bagi kita untuk menjaga kesehatan pikiran dan mental dalam menghadapi perubahan gaya hidup semenjak pandemi ini. Kamu bisa mengikuti caranya di bawah ini.
 

6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona

1. Melakukan aktivitas fisik

Selama menjalani karantina di rumah, kamu bisa menjaga kesehatan mental dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga di rumah. Sudah banyak channel Youtube ataupun tempat-tempat kebugaran yang menawarkan gerakan olahraga di rumah secara streaming. Dengan melakukan aktivitas fisik, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang dapat meredakan stres, mengurangi rasa khawatir, dan memperbaiki mood kamu.

2. Mengonsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi yang wajib kamu konsumsi adalah makanan yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Kamu bisa mendapatkan gizi tersebut dari nasi dan cereal, buah-buahan, sayuran, makanan laut, daging, kacang-kacangan, serta susu. Selain menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan bergizi secara tidak langsung juga membantu menjaga kesehatan mental kita.
 

3. Menghentikan kebiasaan buruk

Ada tiga kebiasaan buruk yang sering dilakukan antara lain merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan begadang. Ketiga kebiasaan buruk ini sangat mengganggu kesehatan mental. Kamu bisa lebih mudah mengalami kecemasan dan mood menjadi lebih tidak stabil. Jadi, hentikan kebiasaan buruk tersebut ya!
 

4. Membuat rutinitas sendiri

Agar masa karantina di rumah menjadi lebih menyenangkan, kamu bisa membuat rutinitas yang dapat membangkitkan mood kamu. Misalnya, melakukan hobi atau aktivitas yang kamu sukai, seperti memasak, membaca buku, atau menonton film. Hal ini juga membuat kamu jadi lebih produktif dan dapat menghilangkan rasa jenuh.
 

5. Lebih bijak memilah informasi

Menonton, membaca, atau mendengarkan berita tentang pandemi sering kali memunculkan rasa cemas dan khawatir berlebihan. Oleh karena itu, batasi waktu untuk menerima berita mengenai pandemi dan tetap bijak dalam mencerna informasi yang ada. Dapatkan informasi mengenai pandemi virus Corona hanya dari sumber yang terpercaya.
 

6. Menjaga komunikasi dengan keluarga dan sahabat

Karantina di rumah bukan berarti kamu terkurung dalam rasa kesendirian. Kamu tetap perlu berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, dan rekan kerja untuk menjaga kesehatan mental kamu. Dengan akses internet yang ada, kamu bisa melakukan komunikasi lewat pesan singkat, telepon atau video call. Alhasil, kamu bisa menjadi lebih tenang.
 
Lawanlah rasa cemas selama masa pandemi ini dengan selalu berpikir positif dan bersyukur. Dengan begitu, kesehatan mental kamu terjaga dan kamu bisa menikmati kehidupan dengan lebih baik lagi dan lebih bahagia.
 
Lindungi masa depan orang yang kamu cintai dengan asuransi jiwa

asuransi jiwa

 
Sumber: www.alodokter.com

 
Baca Juga: 3 Cara Sederhana untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri
 

Inspirasi Terkait
Penyakit Listeriosis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
Penyakit Listeriosis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
16 Oktober 2020   Kesehatan
Penyakit Listeriosis disebabkan oleh bakteri Listeria Monocytogenes yang ditemukan di daerah lembab dan dapat bertahan di suhu dingin. Bagaimana bakteri ini dapat menyerang manusia? Berikut penjelasannya.
Baca Selengkapnya
Makanan Ini Bisa Menciptakan Rasa Bahagia. Cobain deh!
Makanan Ini Bisa Menciptakan Rasa Bahagia. Cobain deh!
16 Oktober 2020   Kesehatan
Tahukah kamu, lewat makanan kamu bisa meningkatkan mood dan menciptakan rasa bahagia. Apa saja makanan itu?
Baca Selengkapnya
Informasi Menarik Tentang Asuransi Kesehatan. Mengejutkan!
Informasi Menarik Tentang Asuransi Kesehatan. Mengejutkan!
15 Oktober 2020   Lifestyle
Selain asuransi kesehatan memberikan santunan untuk biaya perawatan saat sakit, ternyata ada beberapa informasi menarik lain tentang asuransi kesehatan, yaitu:
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...