20 Agustus 2019   Kesehatan

5 Tanda Kamu Terkena Gejala Kolesterol yang Perlu Diketahui

14     0
Kolesterol merupakan senyawa yang ada pada lemak dalam darah setiap orang. Tubuh sendiri memerlukan kolesterol guna membangun sel-sel tubuh. Sebagian kolesterol dihasilkan dari hati dan sebagian lainnya diperoleh dari makanan tertentu. Kolesterol berfungsi menghasilkan vitamin D, hormon, dan memproduksi sel-sel baik.  Tapi lain hal jika kadar kolesterol pada tubuh cukup tinggi karena bisa memicu gumpalan lemak pada pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah terhambat. 

Kolesterol tinggi atau yang sering sebut juga dislipidemia merupakan kondisi adanya kadar kolesterol yang berlebihan. Dampak dari aliran darah yang terhambat, yakni jantung jadi tidak memperoleh darah yang mengandung oksigen, sehingga memicu stroke dan serangan jantung.

Penyebab kolesterol tinggi adalah usia, kurang melakukan olahraga, berat badan yang berlebih, dan  makanan yang dikonsumsi.

Berapa Kadar Kolesterol Normal pada Tubuh


Setiap orang khususnya yang sudah berumur di 20 tahun ke atas perlu secara rutin tiap 4-5 tahun sekali untuk memeriksakan kadar kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL) di tubuhnya. Batasan normalnya, yakni:
  1. Kadar kolesterol total dalam darah normalnya, yakni kurang dari 200 mg/dl. Kolesterol dikatakan tinggi bila sudah mencapai 240 mg/dl atau lebih
  2. Sementara kadar LDL dalam darah normalnya kurang dari 100 mg/dl. Sementara bila mencapai 160 mg/dl atau lebih berisiko memicu masalah kesehatan
  3. Kadar HDL dalam tubuh normalnya 40 mg/dl atau lebih
  4. Kadar trigliserida dalam darah normalnya adalah kurang dari 150 mg/dl, dan dikatakan tinggi bila kadarnya sudah mencapai 200 mg/dl atau lebih

Gejala Kolesterol


Mengalami Nyeri pada Dada


Bila kadar kolesterol jahat alias LDL kamu cukup tinggi bisa jadi itu menjadi pemicu meningkatnya kemungkinan penyakit stroke atau jantung. LDL merupakan salah satu komponen pembentuk plak di pembuluh darah (aterosklerosis). Plak tersebutlah yang memicu adanya penyumbatan pada pembuluh darah jantung dan membuat peredaran darah ke seluruh tubuh mengalami gangguan, sehingga bisa memicu terjadinya nyeri dada.

Sakit Kepala di Bagian Belakang dan Tengkuk Terasa Kaku serta Pegal


Gejala kolesterol tinggi juga memunculkan sakit pada kepala di bagian belakang. Pusing yang terjadi karena adanya pembuluh darah yang tersumbat. Jika dibiarkan begitu saja lama kelamaan akan membentuk plak dan sumbatan. Jika aliran darah menuju bagian otak tersumbat akan memicu stroke. Selain itu, salah satu gejala kolesterol tinggi juga menyerang daerah tengkuk dan pundak dengan memberikan rasa kaku atau pegal. Alasanya aliran darah yang mengalir tidak lancar pada otot leher. 
 
 

Mengalami Kram atau Kesemutan


Perlu dicurigai jika kamu sering mengalami tangan dan kaki yang kesemutan atau kram, karena bisa jadi itu menandakan gejala kolesterol tinggi. Ini dikarenakan kolesterol tinggi berkaitan pada munculnya gangguan pada salah satu saraf di tubuh.

Xanthelasma


Gejala kolesterol tinggi lainnya, yakni xanthoma yang berupa timbunan lemak pada bagian lipatan tubuh, seperti lutut, siku, atau tumit. Ada pula xanthelasma yang berupa noda berwarna kuning muda pada ujung kelopak mata (sudut mata) dan lama kelamaan bisa membesar.

Mudah Mengalami Kantuk


Kolesterol yang tinggi sendiri membuat aliran darah yang membawa oksigen menuju otak mengalami penyumbatan, menyempitkan pembuluh darah, dan menutup pembuluh darah sehingga menyebabkan kamu cepat merasa mengantuk. Selain itu, kolesterol tinggi juga memicu rasa letih, lesu, dan lemah.

Bila kamu merasakan gejala fisik di atas, segeralah periksa ke dokter untuk diberikan pengobatan. Bila kamu memiliki keturunan beberapa penyakit diabetes melitus, darah tinggi, jantung koroner dalam keluarga, atau memiliki kelebihan berat badan di atas 40 tahun cobalah untuk melakukan pemeriksaan kolesterol setiap satu tahun sekali.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
16 September 2019   Lifestyle
Hari pelanggan nasional dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 4 September. Penasaran dengan sejarah dan proses penetapan tanggal 4 September sebagai hari pelanggan nasional? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
16 September 2019   Lifestyle
Jika kamu memiliki kebiasaan boros, perlu terapkan cara menghemat pengeluaran berikut ini agar bisa memanfaatkan uang dengan sebaik mungkin.
Baca Selengkapnya
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
16 September 2019   Kesehatan
Saat ingin melakukan cek kehamilan di bidan perlu menyiapkan beberapa hal. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...