19 September 2018   Kesehatan

5 Penyebab Kanker Hati yang Sering Disepelekan

Kanker hati adalah gangguan kesehatan yang sering  terjadi di mana pertumbuhan kanker yang berasal dari sel hati bermutasi atau berubah menjadi ganas dan tak terkendali. Situasi ini pun berakhir dengan munculnya tumor di dalam organ vital ini.

Letak hati berada di bawah paru sisi kanan yang berfungsi untuk menetralkan racun yang terkandung di dalam tubuh, membentuk protein, membantu membekukan darah, dan proses metabolisme hormon. Ketika kanker hati menyerang fungsi hati pun akan terganggu dan berdampak pada kinerja tubuh secara umum.

Ada beberapa penyebab kanker hati yang sering disepelekan. Padahal dampaknya akan sangat berbahaya bahkan dapat menghilangkan nyawa seseorang. Apa saja penyebab tersebut? Berikut ini 5 di antaranya:


Hepatitis Kronis

Hal yang paling sering menyebabkan terjadinya kanker hati adalah infeksi virus hepatitis B (HBV) dan hepatitis C (HCV) dalam waktu yang lama. Kedua virus ini biasanya menyebar dari orang ke orang akibat penggunaan jarum suntik, hubungan intim tanpa pelindung, serta proses melahirkan. Bagi anak-anak dan bayi dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah pun rentan terhadap kanker hati.


Sirosis

Terjadinya gangguan kesehatan ini sebagian besar diakibatkan oleh sirosis. Mereka yang mengalami siroris secara langsung akan bermasalah pada hati dan saluran empedu. Beberapa faktor pemicu terjadinya sirosis adalah infeksi HBV dan HCV kronis.

Mereka yang mengalami masalah pada autoimun, misalnya Primary Biliary Cirrhosis (PBS) juga dapat mengalami sirosis yang berujung pada kanker hati.
 

Berat Badan Berlebih

Terjadinya obesitas atau berat badan berlebih menyebabkan penumpukan lemak pada jaringan hati yang juga dapat memicu sirosis serta berakhir dengan munculnya sel-sel ganas di hati. Keadaan ini akan bertambah parah jika mereka yang mengalami obesitas juga mengonsumsi alkohol.
 

Diabetes Tipe 2

Orang-orang yang mengalami diabetes tipe 2 juga cenderung mengidap obesitas. Beberapa faktor lain seperti virus hepatitis kronis akan mempercepat penyebaran sel-sel ganas di organ hati.


Konsumsi Alkohol dan Rokok

Adanya konsumsi alkohol merupakan penyebab utama dari sirosis dan erat kaitannya dengan kanker hati. Selain itu, rokok pun dapat meningkatkan risiko kanker hati karena penumpukan tembakau yang terjadi di dalam tubuh.
 

Penyakit Metabolik Turunan

Siapa sangka kanker hati ternyata dapat dipengaruhi oleh faktor keturunan atau metabolik turunan. Sebagai contoh, turunan hemokromatosis atau penyerapan zat besi terlalu banyak ketika makan akan membuat zat besi menumpuk di dalam tubuh, termasuk hati.

Beberapa gangguan kesehatan langka lainnya yang berisiko tinggi terhadap terjadinya kanker hati antara lain tyrosinemia, porfiria kutanea tarda, penyakit wilson, dan penyakit penyimpangan glikogen.

Sementara untuk mengatasi kanker hati membutuhkan pemeriksaan dan petunjuk langsung dari dokter ahli. Seluruh biaya terkait konsultasi dokter, biaya pengobatan, rawat inap, rawat jalan, hingga harga obat-obatan bagi pengidap kanker hati terbilang tidak murah.

Maka dari itu, ada baiknya untuk segera mempertimbangkan untuk membeli asuransi kanker. Salah satu asuransi kanker terpercaya adalah AXA Financial Indonesia yang menyediakan Axa Cancer and Save. Dengan membeli asuransi kanker maka hal ini bisa jadi tindakan preventif ketika gangguan ini tiba-tiba menyerang.

Beragam keuntungan yang dapat diperoleh pun menanti kamu, seperti uang pertanggungan Rp. 250.000.000 apabila terdiagnosa atau meninggal dunia karena penyakit kanker. Tidak hanya itu, ada juga keuntungan pengembalian premi 50% dari total premi selama 36 bulan dari tahun keempat hingga keenam, jika tidak ada klaim dan kondisi polis aktif.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai asuransi Axa Heart and Save, kamu dapat mengunjungi website resmi AXA Financial Indonesia di sini.
 
asuransi jiwa

Inspirasi Terkait
5 Cara Mudah Mengajarkan Literasi Keuangan Pada Anak
5 Cara Mudah Mengajarkan Literasi Keuangan Pada Anak
30 Nopember 2020   Finansial
pengenalan terhadap pengetahuan literasi keuangan sejak dini akan membuat anak-anak terbiasa mengelola keuangan dengan baik dan benar di masa yang akan datang. Bagaimana caranya mengajarkan literasi keuangan pada anak? Berikut jawabannya.
Baca Selengkapnya
Pengertian dan Manfaat Literasi Keuangan
Pengertian dan Manfaat Literasi Keuangan
30 Nopember 2020   Finansial
Mungkin kamu sudah tidak asing mendengar kata “Literasi Keuangan”. Namun, apa sebenarnya pengertian dari literasi keuangan dan apa saja manfaatnya? Cari tahu selengkapnya dalam artikel ini.
Baca Selengkapnya
3 Manfaat Asuransi Kesehatan yang Sangat Menguntungkan
3 Manfaat Asuransi Kesehatan yang Sangat Menguntungkan
30 Nopember 2020   Kesehatan
Tak perlu sakit dulu untuk punya asuransi kesehatan. Malah seharusnya, kamu sudah memiliki asuransi kesehatan dulu sebelum sakit menyerang. Jika kamu masih belum yakin, ketahui dulu tiga manfaat asuransi kesehatan berikut ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...