30 Agustus 2019   Kesehatan

5 Manfaat Olahraga untuk Mencegah Penyakit Kanker Beserta Gerakannya

Olahraga memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kamu mulai dari menjaga kesehatan dan mengurangi berat badan. Tidak banyak yang tahu ternyata olahraga secara teratur memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker. Kanker adalah penyakit yang masih menjadi momok permasalahan.

Pasalnya, kanker masih belum ada obatnya dan bisa menyebabkan kematian. Namun, kamu jangan terlalu khawatir karena kanker masih bisa dicegah dengan menjaga pola makan sehat. Selain menjaga pola makan sehat, berolahraga juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Beberapa olahraga terbukti efektif untuk mengurangi risiko kanker tertentu. Beberapa manfaat olahraga untuk penyakit kanker yakni sebagai berikut:

Kanker Payudara


Manfaat olahraga untuk penyakit kanker yang pertama adalah olahraga aerobik untuk penyakit kanker payudara. Kamu bisa meluangkan waktu sebanyak 30 menit per hari untuk melakukan olahraga di pagi hari untuk mencegah kanker. Beberapa olahraga aerobic yang efektif adalah berjalan di pagi hari atau jogging.

Pengaruh olahraga dan penurunan risiko kanker payudara disebabkan oleh hormon. Olahraga bisa mengurangi kadar hormon estrogen, testosteron, dan insulin. Jika beberapa kadar hormon di atas tinggi, risiko terkena kanker pun ikut meningkat. Olahraga dapat menurunkan kadar hormon-hormon di atas.

Kanker Kolorektal


Ternyata selain mengonsumsi makanan yang sehat, olahraga juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker kolorektal. Lebih lanjut, kanker kolorektal adalah kanker yang tumbuh pada bagian usus besar (kolon) hingga ke bagian bawah usus besar yang terhubung ke rektum. Manfaat olahraga untuk penyakit kanker kolorektal yaitu dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker tersebut.

Menurut data dari Institute of Cancer Epidemiology di Kopenhagen Denmark mengatakan bahwa seseorang yang menjalani gaya hidup sehat, termasuk olahraga yang teratur selama 30 menit sehari dapat menurunkan risiko kanker kolorektal sebesar 23%.

Kanker Prostat


Kanker prostat adalah penyakit kanker yang dialami oleh pria. Kanker ini terjadi pada bagian prostat yaitu kelenjar kecil yang terletak di bagian dasar kandung kemih. Kelenjar prostat merupakan bagian dari sistem reproduksi laki-laki dan posisinya mengelilingi saluran yang membawa air seni dari area kandung kemih ke arah penis.

Manfaat olahraga untuk penyakit kanker prostat yaitu dapat mengurangi risiko seorang pria terkena penyakit kanker prostat. Beberapa olahraga ringan yang dilakukan secara teratur terbukti dapat mengurangi risiko kanker prostat. Beberapa olahraga ringan yang bisa kamu lakukan seperti merapikan kebun, jogging hingga berjalan.

Kanker Ovarium


Kanker ovarium adalah kanker yang menyerang organ reproduksi wanita. Ovarium merupakan organ reproduksi wanita yang menghasilkan ovum (sel telur) dan hormone estrogen dan progesterone. Kanker ovarium terjadi ketika sel-sel di ovarium berkembang secara abnormal dan membentuk tumor. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena dengan rutin berenang 1-2 jam per minggu dapat menurunkan risiko kanker ovarium pada wanita.

Kanker Esofagus


Kanker esofagus adalah kanker yang terjadi pada area kerongkongan karena terjadi pertumbuhan abnormal jaringan epitel. Kanker esofagus bisa terjadi pada bagian bawah dan bagian atas esofagus. Kanker esofagus bisa dicegah dengan berolahraga. Manfaat olahraga untuk mencegah kanker esofagus adalah olahraga dapat menurunkan risiko kanker esofagus hingga 42 persen.

Beberapa olahraga yang bisa dilakukan adalah dengan bersepeda dan jogging.
Itulah 5 manfaat olahraga untuk mencegah penyakit kanker dan jenis penyakit kanker yang bisa dicegah oleh kegiatan olahraga. Selain melakukan olahraga-olahraga di atas, kamu juga perlu melindungi diri dengan menggunakan asuransi kesehatan seperti yang ada di AXA Direct. Di sini kamu bisa memilih produk asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhan kamu, salah satunya AXA Cancer & Save.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Jantung yang Harus Segera Dilakukan
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Cara Mengecilkan Lengan yang Bisa Kamu Coba!
Cara Mengecilkan Lengan yang Bisa Kamu Coba!
27 September 2020   Kesehatan
Buat yang mau mengecilkan lengan, bisa ikuti caranya di sini!
Baca Selengkapnya
Tips Diet Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan
Tips Diet Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan
27 September 2020   Kesehatan
Sering gagal dalam melakukan diet? Coba tips ini deh!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran Agar Tidak Boros
27 September 2020   Finansial
Suka bingung uang tiba-tiba habis? Cobalah untuk hidup tida boros seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...