20 Agustus 2019   Kesehatan

5 Keuntungan Melakukan Periksa Kehamilan ke Bidan

27     0
Memeriksakan diri ke dokter atau bidan selama proses kehamilan penting dilakukan. Bahkan beberapa pasangan suami istri (pasutri) sudah menemui ahli kesehatan saat merencanakan kehamilannya. Hal ini bertujuan untuk membantu mendukung kehamilan yang sehat sehingga bayi yang dilahirkan pun berada dalam kondisi sehat.

Ketika seorang ibu hamil melakukan pemeriksaan, maka kondisi kesehatan diri dan janin di dalam kandungannya pun bisa diketahui sehingga ibu dapat melakukan pencegahan terkait hal-hal buruk yang bisa saja muncul.

Secara khusus, memeriksakan kehamilan bermanfaat untuk mencegah ibu dari komplikasi kehamilan, memantau kesehatan janin di dalam kandungan, memberikan pengetahuan tentang kehamilan, serta membantu ibu menyiapkan kelahirannya.

Beberapa orang memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan, sedangkan yang lainnya melakukan pemeriksaan ke bidan di mana langkah-langkah ini sebenarnya hampir sama. Namun, bagi Anda yang penasaran untuk periksa kehamilan ke bidan, ada berbagai manfaat yang penting diketahui. Apa saja? Simak 5 di antaranya berikut ini!

Posisinya yang Dekat dengan Masyarakat


Salah satu kelebihan bidan adalah dekat dengan masyarakat. Beberapa bidan swasta sering membuka klinik yang berada di dekat perumahan warga dengan sistem pelayanan 24 jam. Hal ini pun memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan jika tiba-tiba membutuhkan bantuan.

Bidan Bisa Melakukan Pelayanan ke Rumah


Bukan hanya pelayanan 24 jam, bidan juga tidak membatasi diri terhadap lokasi pelayanan. Mereka bisa melakukan pelayanan ke rumah-rumah ibu hamil yang membutuhkan. Langkah ini ditempuh jika seorang ibu hamil tidak mampu lagi berkonsultasi langsung ke klinik atau puskesmas.

Konsultasi yang Terbatas


Selain itu, periksa kehamilan ke bidan juga membuat masyarakat lebih terbuka. Pasalnya, bidan kerap memposisikan dirinya sebagai sahabat perempuan. Dengan begini, ibu hamil dapat berkonsultasi dengan lebih santai dan bebas sehingga tidak ada gap yang tercipta.

Biaya Konsultasi yang Lebih Terjangkau


Tidak dapat dimungkiri bahwa permasalahan biaya sering menjadi hambatan utama bagi masyarakat. Mereka enggan melakukan pemeriksaan kesehatan langsung ke rumah sakit-rumah sakit yang ada. Situasi ini pun diatasi dengan konsultasi ke klinik bidan swasta yang biaya konsultasinya lebih terjangkau dibandingkan ke dokter spesialis kandungan.

Adanya Program Keluarga Berencana (KB)


Keuntungan terakhir yang didapatkan apabila memeriksakan kandungan ke bidan adalah adanya program KB yang ditawarkan. Sebagian masyarakat melakukan program KB dengan kontrasepsi jangka panjang berdasarkan anjuran bidan.

Program ini biasanya dilakukan bersamaan dengan konsultasi kehamilan. Bidan akan menjelaskan kepada pasutri mengenai program KB dan apa saja jenis kontrasepsinya. Hasilnya, ketika selesai melahirkan, maka pasutri bisa memasang kontrasepsi jangka panjang.

Nah, itu tadi beberapa informasi terkait keuntungan periksa kehamilan ke bidan. Selain rutin memeriksakan janin ke ahli kesehatan, seorang ibu juga wajib menjaga kesehatannya dengan baik. Dengan melakukan pola hidup sehat dan mengembangkan pikiran yang positif, Anda akan bebas dari berbagai gangguan selama hamil.

Beberapa hal yang perlu dilakukan selama hal yakni antara lain memperhatikan asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, melakukan olahraga seperti jalan cepat atau yoga, memperbanyak istirahat, serta mengontrol emosi agar kesehatan janin tetap terjaga.

Bukan hanya itu, beragam pantangan dan kewajiban yang disarankan oleh bidan atau dokter juga wajib dipenuhi. Lakukan pula konsultasi secara rutin dengan ahli kesehatan untuk memastikan proses kehamilan tetap berjalan lancar.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
16 September 2019   Lifestyle
Hari pelanggan nasional dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 4 September. Penasaran dengan sejarah dan proses penetapan tanggal 4 September sebagai hari pelanggan nasional? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
16 September 2019   Lifestyle
Jika kamu memiliki kebiasaan boros, perlu terapkan cara menghemat pengeluaran berikut ini agar bisa memanfaatkan uang dengan sebaik mungkin.
Baca Selengkapnya
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
16 September 2019   Kesehatan
Saat ingin melakukan cek kehamilan di bidan perlu menyiapkan beberapa hal. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...