29 Januari 2020   Kesehatan

5 Jenis Gerakan Senam Lantai yang Mudah Diikuti

Olahraga senam atau gymnastics memiliki bermacam-macam gerakan, mulai dari yang membutuhkan kemampuan khusus sampai yang mudah diikuti semua orang. Jika kamu merupakan salah satu yang tertarik dengan bentuk olahraga seperti ini, senam lantai bisa jadi cocok untuk kamu!
 
Senam lantai atau floor exercise merupakan bagian dari gymnastics yang dilakukan di area permukaan sebesar 12 meter persegi dan dilapisi oleh matras untuk meningkatkan keamanan. Beberapa gerakannya antara lain meliputi berguling, berjungkir balik, serta sikap berdiri dengan bertumpu pada tangan (handstand).
 
Apakah terdengar susah? Jangan khawatir karena kamu tidak perlu melakukan gerakan-gerakan tadi secara langsung. Kamu bisa memulainya dengan gerakan-gerakan sederhana dan mudah diikuti seperti berikut ini!
 

Sikap Lilin


Gerakan pertama yang bisa kamu ikuti adalah sikap lilin. Merupakan sikap senam lantai di mana kaki direntangkan ke atas dan kepala berada di bawah. Agar dapat melakukan ini, kamu harus bertumpu pada punggung bagian atas serta siku dan tangan yang menahan pinggul. Sikap ini bertujuan agar melatih keseimbangan dan ketenanganmu!
 

Sikap Headstand (Berdiri dengan Bertumpu pada Kepala)


Mirip dengan sikap lilin, sikap senam lantai ini juga mengajak kaki kamu melayang di udara. Tetapi, pada headstand, kamu akan berpaku kepada kepalamu sendiri untuk menahan beban seluruh tubuh. Hal ini dilakukan dengan dibantu kedua telapak tangan yang diletakkan pada matras.
 
Untuk permulaan, ada baiknya kamu melakukan hal ini dengan dibantu tembok atau dengan bantuan teman. Risiko cedera leher karena headstand bisa saja terjadi dan kamu harus selalu berhati-hati.
 
Baca juga: Ingin Tingkatkan Fokus? Kamu Bisa Melakukan 3 Gerakan Senam Otak Berikut Ini!
 

Sikap Full Back Bridge (Kayang)


Sikap kayang dimulai dengan berbaring. Kemudian, angkat tubuh menggunakan kedua tangan dan kaki hingga kepalamu dalam keadaan terbalik. Sikap senam lantai ini berguna untuk membantu otot tubuh seperti tangan, kaki, pinggang, dan perut dapat menjadi lebih lentur dan kuat.
 

Gerakan Forward Roll (Berguling ke Depan)


Jika kedua gerakan sebelumnya cenderung statis, gerakan forward roll sangat dinamis dan membutuhkan keberanian yang tinggi. Pada gerakan ini, kamu akan berguling ke arah depan di atas matras. Tapi perlu diingat, matras yang kamu gunakan harus empuk dan tidak tipis supaya tidak melukai kepala, leher, dan juga punggungmu.
 

Gerakan Cart Wheel (Meroda)


Gerakan senam lantai meroda dilakukan dengan memutarkan tubuh ke samping layaknya roda. Kamu bisa melakukan ini dengan berdiri tegak dengan kedua tangan di udara. Kemudian, tekuk badanmu ke samping hingga tangan dapat menyentuh lantai. Pada saat yang bersamaan, pastikan kaki pada tubuh bagian tersebut juga menahan tubuhmu di lantai dan kaki yang berlawanan berada di udara.
 
Selanjutnya, lanjutkan sampai tubuhmu berputar dengan kaki yang berlawanan mendarat terlebih dahulu. Gerakan ini berguna untuk melatih keseimbangan, kelenturan tubuh, serta keberanian diri, terutama jika kamu sudah puas dengan gerakan sebelumnya, forward roll.
 
Nah, kamu bisa lakukan gerakan tersebut di rumah tapi tetap berhati-hati dan lengkapi diri kamu dengan asuransi penyakit jantung. Sebab, serangan jantung bisa terjadi kapan saja tanpa kita ketahui, termasuk saat olahraga.
 
Premi Asuransi Penyakit Jantung hanya Rp2.700/hari. Klik banner di bawah ini!
 
Baca juga: 4 Olahraga Kekinian Favoritnya Kaum Urban

asuransi penyakit kritis
 
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...