18 Maret 2020   Kesehatan

5 Gerakan Olahraga yang Bikin Jantung Kamu Sehat

Gaya hidup sehat semakin berkembang dan bertambah populer di kalangan anak muda saat ini. Hal ini dipilih karena mereka dituntut untuk memiliki penampilan yang menunjang, demi kepentingan pekerjaan maupun kehidupan sosialnya.

Biasanya, para generasi muda tidak hanya menjaga asupan makanannya saja, namun juga akan didukung dengan melakukan aktivitas olahraga agar jantung sehat secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu pada pusat kebugaran atau bisa juga dilakukan di rumah.

Ada beberapa jenis gerakan olahraga yang dapat membuat jantung lebih sehat, sehingga kamu akan terhindar dari risiko serangan jantung. Apa saja gerakannya? Simak informasi lengkapnya di sini, ya!

Melakukan Olahraga dengan Sistem Interval


Salah satu jenis olahraga agar jantung sehat yang dapat kamu pilih yaitu melalui program latihan pendek dengan intensitas yang tinggi, serta diikuti dengan periode yang lebih panjang untuk memulihkan diri, atau bisa disebut juga dengan interval training. Biasanya program ini akan memberikan jeda disela-sela gerakan yang dilakukan. Program latihan ini sangat cocok dilakukan untuk mencegah penyakit jantung, diabetes, serta lebih efektif menurunkan berat badan.

Kamu bisa melakukan gerakan seperti jalan cepat selama 2 menit setelah itu dilanjutkan dengan berjalan santai selama 1 menit sebagai mode istirahatnya. Biasanya pola ini dilakukan 3 kali untuk satu jenis gerakan.

Melatih Otot-otot Pada Tubuh


Saat melakukan olahraga, dibutuhkan formula yang tepat agar tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga bisa membentuk badan menjadi lebih proporsional. Semakin banyak otot yang terbentuk, maka  jantung pun akan terlatih untuk bekerja lebih kuat seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu, mengimbanginya agar keduanya bisa beradaptasi, ya.

Kamu bisa memulai latihan pembentukan otot dengan mengangkat beban. Angkatlah beban dengan berat yang sesuai dengan kemampuanmu, sampai tubuhmu terbiasa. Kemudian, saat sudah beradaptasi dengan baik, kamu dapat menambah jumlah bebannya. Tak hanya itu saja, kamu pun bisa mencoba program Total Body Workout atau latihan tubuh fisik secara menyeluruh yang bisa melatih semua otot dalam tubuh hanya dalam satu sesi latihan dan bisa dilakukan di rumah.

Melakukan Senam untuk Jantung


Senam menjadi salah satu bentuk olahraga agar jantung sehat yang bisa kamu jadikan pilihan. Dalam setiap gerakan senam, memang sengaja dibuat untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh sehingga mencegah penyumbatan pembuluh darah. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi risiko serangan jantung. Cukup lakukan senam selama 30 menit agar penyaluran oksigen ke jantung menjadi lebih lancar.

Baca Juga: Kenali Tanda-Tanda dan Penyebab Sakit Jantung Saat Muda

Olahraga Tanpa Keringat di Air


Jenis olahraga yang satu ini terbilang cukup diminati oleh sebagian orang. Pasalnya, gerakannya dilakukan di dalam air. Sehingga tubuh menjadi lebih tenang dan nyaman. Dengan demikian, detak jantung akan menjadi lebih stabil, aliran darah yang lancar, hingga bisa mengurangi stres yang tengah dirasakan.

Olahraga ini dapat kamu lakukan selama 30 menit atau lebih pada setiap sesinya sesuai dengan kemampuan fisik. Selain itu, kamu juga dapat melakukan beberapa jenis gerakan seperti gaya bebas, kupu-kupu, atau pun kodok.

Melakukan Meditasi Sambil Berolahraga


Saat ini sudah banyak ditemukan berbagai jenis olahraga agar tubuh sehat sehingga dapat membantu mencegah serangan jantung. Namun, bagi orang yang memiliki riwayat sakit jantung diharapkan agar tidak melakukan gerakan yang terlalu berat sehingga yoga dapat menjadi pilihan.
Kamu dapat melatih fokus dan konsentrasi untuk melancarkan aliran darah sambil melakukan meditasi agar tubuh juga merasa rileks untuk melanjutkan hari.

Itu tadi 5 gerakan olahraga yang bikin jantung kamu menjadi sehat. Semua gerakannya bisa kamu coba sendiri di rumah maupun di pusat kebugaran, tentunya dengan bantuan dan pengawasan dari  profesional trainer. Gaya hidup sehat ini tidak hanya berlaku untuk anak-anak muda saja, tetapi orang dewasa pun bisa melakukan hal yang sama agar tubuh menjadi lebih bugar senantiasa. Semoga informasi ini dapat membantu kamu terhindar dari risiko serangan jantung!
 
 
asuransi kesehatan

tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...