29 Juni 2020   Lifestyle

5 Fakta Unik Kota Jakarta yang Jarang Diketahui

Jakarta, kota metropolitan yang menjadi ibukota Indonesia. Tahun 2020 ini, Jakarta sudah mencapai umur ke 493. Perjalanan panjang sudah dilalui kota Jakarta hingga menjadi seperti sekarang. Di balik sejarah kota Jakarta, terdapat 5 fakta unik yang jarang diketahui banyak orang, yaitu:
 

Fakta Unik Kota Jakarta

1. 10 kali ganti nama

Sebelum dikenal dengan nama Jakarta, kota ini sudah berganti nama sebanyak 10 kali. Pertama adalah Sunda Kelapa, lalu berganti menjadi Sta Batavia, Gemeente Batavia, Stad Gemente Batavia. Saat dijajah Jepang, Jakarta berganti nama menjadi Betshu Shi dan Jakarta Toko. Setelah meraih kemerdekaan, Jakarta berganti nama lagi menjadi Djakarta, Kota Praja Jakarta, Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya, dan sampai akhirnya bernama Jakarta.

Sumber: kompas.com
 

2. Punya stadion terbesar di dunia

Pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, Jakarta melakukan pembangunan proyek besar, antara lain Gelora Bung Karno, Masjid Istiqlal, dan Monumen Nasional. Ketika selesai dibangun pada 1962, Stadion Utama Gelora Bung Karno masuk dalam daftar stadion terbesar di dunia dengan kapasitas awal 100.000 orang. Pembangunan stadion menghabiskan biaya US$12,5 juta yang didapat dari kredit lunak Uni Soviet.

Sumber: kompas.com
 

3. Memiliki banyak gedung pencakar langit

Jakarta merupakan pusat bisnis dan pemerintahan Indonesia, tidak heran bila kota Jakarta memiliki banyak gedung bertingkat. Menariknya, berdasarkan skyscrapercenter.com tahun 2017, Jakarta menduduki posisi ke-7 sebagai kota dengan jumlah gedung tinggi terbanyak di dunia dengan 362 gedung pencakar langit.
Sumber: databoks.katadata.co.id
 

4. Surganya mal

Jakarta termasuk kota yang memiliki banyak mal atau pusat perbelanjaan. Dikutip dari idntimes.com, Jakarta memiliki sekitar 173 mal. Beberapa di antaranya seperti Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Plaza Senayan, Senayan City, fX Sudirman, Lippo Mall Kemang, Puri Indah Mall, Pondok Indah Mall, dan Mall Taman Anggrek.
 

5. Memiliki banyak museum

Meskipun gaya hidup penduduk Jakarta terbilang dinamis dan modern, tapi kota Jakarta tetap mempertahankan nilai sejarah dan kebudayaannya. Jakarta memiliki sekitar 74 museum yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi hari libur sambil belajar sejarah, anatra lain Museum Nasional, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Museum Seni Rupa, Museum Polri, Museum Layang-layang, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Sumpah Pemuda, dan sebagainya.
Sumber: tiket.com

Sayangnya, dikutip dari tempo.co, Jakarta dinobatkan sebagai kota termacet di dunia ke-10 oleh Lembaga Pemantau Kemacetan Lalu Lintas TomTom pada tahun 2019. Kemacetan ini dapat menimbulkan risiko kecelakaan pula. Karena itu, AXA Direct menyediakan asuransi kecelakaan GRATIS untuk kamu agar tetap tenang selama berada di perjalanan. Cukup klik banner d bawah ini.
 
 
 
Baca Juga: Selain Bikin Tubuh Sehat, Ini 5 Manfaat Car Free Day Lainnya
 

Inspirasi Terkait
Mana yang Lebih Baik, Olahraga Pagi atau Malam?
Mana yang Lebih Baik, Olahraga Pagi atau Malam?
05 Agustus 2020   Kesehatan
Menurut kamu, lebih baik olahraga pagi atau malam hari? Cari tahu jawabannya di sini!
Baca Selengkapnya
Kanker Ginjal: Penyebab, Gejala dan Pencegahan
Kanker Ginjal: Penyebab, Gejala dan Pencegahan
05 Agustus 2020   Kesehatan
Ada beberapa kanker yang jarang kita dengar, salah satunya adalah kanker ginjal. Apa itu kanker ginjal?
Baca Selengkapnya
Cara Memilih Sepeda Lipat Sebelum Membelinya
Cara Memilih Sepeda Lipat Sebelum Membelinya
02 Agustus 2020   Lifestyle
Mau beli sepeda lipat? Perhatikan dulu hal-hal berikut ini!
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...