19 September 2018   Finansial

5 Cara Tepat Menghemat Gaji Pekerjaan Pertama di Tanggal Tua

719     1
Setiap pundi-pundi rupiah menjadi sangat berarti ketika kamu mampu menghasilkan uang sendiri. Bagi mereka yang pertama kali mendapatkan gaji pertama tentu akan sangat mengasyikkan. Namun, tidak jarang orang mampu menghemat gaji pekerjaan pertama mereka.

Hal ini pun menjadi tantangan tersendiri. Karena akan ada banyak rencana-rencana yang dibuat untuk menggunakan penghasilan pertama. Belum lagi ketidaksabaran untuk merasakan pengalaman berbelanja dan nongkrong dengan memakai uang sendiri. Lantas, bagaimana cara menghemat gaji pekerjaan pertama? Yuk, ikuti 5 cara tepat di bawah ini:
 

Sisihkan untuk Tabungan

Bagi mereka yang telah punya penghasilan sendiri untuk pertama kalinya, maka hal utama yang harus dilakukan adalah menyisihkan gaji untuk tabungan. Jika belum punya tanggungan apa-apa, ada baiknya untuk menabung 30% hingga 50% dari semua tabungan yang ada.

Langkah pertama sisihkan terlebih dahulu untuk kebutuhan pokok seperti uang makan, pembayaran sewa, hingga ongkos transportasi.
 

Menabung Sebisa Mungkin

Tabungan merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi, tidak peduli seberapa pun besaran gajimmu. Olehnya itu, menabunglah sebisa mungkin. Jumlah tersebut ada baiknya untuk menyamai nilai 3 hingga 6 bulan gajimu. Hal ini bisa dicapai dengan tetap fokus untuk menabung di bulan-bulan awal kamu kerja.

Jadikan pula aktivitas menabung ini sebagai kebiasaan. Misalnya, jika setiap hari cobalah untuk menyisihkan lembaran uang baru dengan pecahan Rp 20 ribu atau pecahan lainnya ketika berbelanja.
 

Bikin Buku Pemasukan dan Pengeluaran

Sebelum menerima gaji pertamamu, ada baiknya untuk membuat buku pemasukan dan pengeluaran terlebih dahulu. Hal ini untuk menentukan ke mana saja uangmu akan dihabiskan. Catat semua pemasukan dan tulis semua pengeluaran sekecil apapun itu. Meskipun terdengar membosankan, aktivitas ini akan sangat membantu dalam mengelola keuangan.
Tidak hanya itu, ada baiknya jika membuat  rekening terpisah antara rekening gaji dan tabungan. Saat gajian, pisahkan uang kebutuhan sehari-hari berdasarkan buku pemasukan dan pengeluaran yang telah kamu buat. Masukkan sisanya ke dalam rekening tabungan agar tidak tercampur.


Prioritaskan Kebutuhan dibanding Keinginan

Ada dua tantangan terbesar ketika seseorang memiliki pendapatan sendiri, yakni kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah semua hal-hal yang terkait keperluan mendasar, seperti uang makan, transportasi, serta pembayaran-pembayaran. Sementara keinginan kadang berupa hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Untuk menentukannya, kamu bisa menanyakan dirimu sendiri sebelum membeli pakaian baru atau makan di restoran mewah, apakah kamu sangant membutuhkannya atau hanya sekadar keinginan? Menunggulah paling kurang sehari atau seminggu sebelum memutuskan untuk memiliki barang tersebut.
 

Hindari untuk Berlangganan Hal yang Tidak Perlu

Saat ini ada banyak sekali layanan seperti video streaming, musik, teve kabel, serta situs hiburan lainnya yang sifatnya berlangganan. Beberapa dari hal-hal tersebut sebenarnya tidak diperlukan bahkan dibutuhkan. Pasalnya, kamu masih bisa tetap hidup tanpa itu semua.

Jika kamu tetap membutuhkan layanan-layanan tersebut, maka cobalah mencari alternatif lainnya secara gratis.  Kamu juga bisa mengganti semua tagihan pasca bayar ke pra bayar agar penggunannya dapat lebih dikontrol.

Nah, itu tadi langkah-langkah untuk menghemat gaji pertama. Ingat ya, jangan sampai salah sebab bisa jadi kamu akan kewalahan di tanggal tua. Hilangkan pula perasaan You Only Live Once atau Fear of Missing Out supaya bisa berhemat. Selamat mencoba!

Inspirasi Terkait
Waspadai Penyebab Asam Urat di Usia Muda! Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindarinya
Waspadai Penyebab Asam Urat di Usia Muda! Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindarinya
24 Juni 2019   Kesehatan
Salah satu masalah persendian yang sering terjadi tanpa mengenal usia yakni penyakit asam urat. Dalam keadaan normal, asam urat dapat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Namun, dalam kondisi tertentu asam urat bisa muncul dalam jumlah yang berlebih sehingga terjadi penumpukan dalam tubuh.
Baca Selengkapnya
Ketahui Penyebab Infeksi Saluran Kemih dan Cara Pengobatannya
Ketahui Penyebab Infeksi Saluran Kemih dan Cara Pengobatannya
24 Juni 2019   Kesehatan
Infeksi bisa terjadi di mana saja, termasuk pada area kantung kemih. Hal ini tentunya cukup rentan terjadi pada sebagian orang, karena pada area tersebut memiliki tingkat kelembapan paling sensitif. Sehingga, bakteri dan virus akan lebih cepat berkembang. Perlu diketahui juga, bahwa infeksi saluran
Baca Selengkapnya
Ketahui Penyebab Anemia dan Cara Mengobatinya Berikut Ini!
Ketahui Penyebab Anemia dan Cara Mengobatinya Berikut Ini!
24 Juni 2019   Kesehatan
Anemia merupakan suatu kondisi ketika tubuh manusia kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin. Hal ini memiliki manfaat untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Hal ini dapat terjadi dalam jangka waktu panjang maupun pendek, serta tak boleh disepelekan, lho.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...