01 Juni 2020   Kesehatan

5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Setelah mengonsumsi makanan yang kaya akan santan, minyak, dan lemak secara berlebihan selama lebaran tentunya telah memicu kadar kolesterol meningkat. Idealnya, kadar kolesterol normal pada orang dewasa adalah kurang dari 200 mg/dL. Apabila lebih dari itu berarti temasuk penderita kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi dapat menjadi akar dari berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung dan stroke. Karena itu, ada baiknya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap normal. Menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga pola makan menjadi cara alami untuk menurunkan kolesterol. Berikut penjelasan lengkapnya:
 

Cara Menurunkan Kolesterol

 
1. Perbanyak makan sayur dan buah

Salah satu cara terbaik untuk mempercepat penurunan kadar kolesterol adalah memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Kandungan serat dalam sayur dan buah dapat membantu turunkan kadar kolesterol jahat. Jumlah konsumsi sayur dan buah yang disarankan untuk menurunkan kolesterol adalah sekitar 500 gram setiap harinya.

 
2. Konsumsi makanan kaya omega-3

Makanan kaya omega-3 dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Beberapa pilihan makanan kaya omega-3 yang disarankan adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

 
3. Olahraga secara rutin

Selain membuat tubuh bugar, olahraga juga dapat menurunkan kadar kolesterol secara alami. Lakukanlah olahraga secara rutin selama 30 menit setiap hari. Kamu bisa memulai dengan melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, jogging, jalan kaki, dan lompat tali. Atau bisa juga melakukan gerakan sederhana di rumah dengan naik dan turun tangga dan aktif berjalan.
 

4. Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak menjadi musuh bagi pengidap kolesterol tinggi. Oleh karena itu, hindarilah konsumsi makanan berlemak, seperti gorengan. Kamu bisa menggantinya dengan makanan yang rendah lemak seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Hindari untuk menggoreng makanan tersebut. Kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus atau dipanggang.
 

5. Berhenti merokok atau hindari rokok

Kita sudah tahu bahwa merokok tidak baik bagi kesehatan. Selain memicu penyakit kanker, rokok juga mengganggu keseimbangan kadar kolesterol. Maka dari itu, bagi perokok wajib berhenti merokok, atau hindari asap rokok bagi yang bukan perokok. Selain dapat menurunkan kolesterol baik, kebiasaan merokok juga dapat membuat pembuluh darah menjadi kaku hingga meningkatkan terkena risiko penyakit jantung dan stroke.

 
Nah, itulah lima cara alami yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain menerapkan kelima cara tersebut, kamu juga perlu melengkapi diri dengan asuransi penyakit jantung dan stroke. Dengan asuransi tersebut, berarti kamu sudah menyiapkan biaya tak terduga ketika hal-hal yang tidak diharapkan terjadi. Di AXA Direct, premi asuransi penyakit jantung dan stroke hanya Rp2.700 per hari. Kamu bisa dapatkan dengan mengklik banner di bawah ini!

 
 
 
Baca Juga: Ketahui Nilai Asam Urat Normal Pada Pria dan Wanita Berikut Ini!

Sumber: halodoc.com
 
 
asuransi kesehatan
 

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...