24 Oktober 2019   Kesehatan

5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami yang Bisa Dilakukan

Kolesterol sering digadang-gadang menjadi sesuatu hal yang berbahaya bagi tubuh. Padahal sebenarnya tidak selalu demikian. Kolesterol sendiri merupakan jenis lemak yang ditemukan pada semua sel dalam tubuh. Kolesterol dibagi atas dua, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik berfungsi membantu membangun sel-sel tubuh, membentuk hormon, dan menjaga fungsi otak.

Bila di dalam tubuh terlalu banyak kolesterol jahat bisa menyebabkan endapan lemak pada pembuluh darah. Adanya endapan bisa menghambat aliran pada pembuluh darah arteri. Ini membuat organ-organ penting yang ada pada tubuh jadi kekurangan asupan darah yang mengandung oksigen.

Yuk simak apa saja cara menurunkan kolesterol yang bisa kamu coba.
 

Jangan Lupa Lakukan Olahraga Secara Rutin dan Aktif Bergerak


Cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol secara alami, yakni membiasakan diri untuk melakukan olahraga rutin selama 30 menit hingga satu jam setiap hari. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, kamu bisa memulai kebiasaan baik ini dengan melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, jogging, jalan kaki, lompat tali, dan lain sebagainya. Biasakan juga untuk naik dan turun menggunakan tangga dan jalan kaki ke tempat yang ingin dituju.
 

Batasi Mengonsumsi Alkohol dan Berhenti Merokok


Untuk menurunkan kolesterol, kamu juga perlu mengurangi konsumsi alkohol. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol memicu penyakit kardiovaskular jantung dan hati.

Perlu juga menjauhi diri dari merokok, karena kandungan yang ada pada rokok mampu membuat kolesterol baik (HDL) turun dan kolesterol jahat (LDL) naik. Adanya kandungan tar yang ada di rokok mampu memperlambat kemampuan tubuh untuk memindahkan kolesterol ke hati untuk dihancurkan.
 

Mengonsumsi Banyak Serat


Makanan yang mengandung serat juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol. Serat larut air yang ada di makanan tertentu mampu menurunkan kolesterol. Kamu bisa mengonsumsi serat yang ada di dalam brokoli, buncis, kembang kol, mentimun, pare, wortel, biji-bijian, gandum utuh, maupun buah-buahan seperti apel, alpukat, anggur, buah berry, jambu biji, jeruk, pepaya, dan pir yang dianggap bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.
 

Utamakan Konsumsi Makanan yang Memiliki Kandungan Lemak Sehat


Menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat atau baik agar tetap memenuhi kebutuhan asupan lemak. Makanan yang bisa dikonsumsi, yakni alpukat, bayam dan kubis, biji-bijian dan kacang, telur, dan yogurt tawar. Perlu juga mengonsumsi ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 seperti ikan teri, ikan salmon, makarel, dan sarden. Asam lemak ini bertugas meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, dan mampu mengurangi kadar trigliserida.
 

Kurangi Mengonsumsi Makanan yang Memiliki Kandungan Lemak Trans, Lemak Jenuh, dan Gula


Untuk menurunkan kolesterol secara alami, kamu perlu mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak trans. Kedua jenis lemak ini mampu menambah kadar kolesterol jahat (LDL).

Makanan yang mengandung lemak trans biasanya ada pada makanan beku, kue, dan margarin. Untuk makanan yang mengandung lemak jenuh yang perlu dikurangi, yakni gorengan, minyak kelapa, jeroan, daging olahan, dan makanan cepat saji. Mengonsumsi gula yang berlebihan juga bisa membuat kadar kolesterol naik.  Untuk mengontrol asupan gula, coba lihat keterangan yang ada di label makanan atau minuman yang perlu kamu konsumsi.

Selain mengikuti cara menurunkan kolesterol di atas, kamu juga perlu memproteksi diri dengan asuransi kesehatan. Kamu bisa memakai AXA Heart & Save. Produk yang satu ini merupakan solusi asuransi kesehatan yang memberikan manfaat perlindungan terhadap penyakit jantung dan stroke, serta perlindungan terhadap risiko kematian dengan pengembalian premi 105%.

Baca juga: Hati-Hati “Si Biang Kerok” Kolesterol Jahat

asuransi penyakit kritis
 
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...