29 April 2020   Kesehatan

4 Cara Diet Saat Puasa

Saat ini banyak orang-orang melakukan diet bukan hanya untuk menurunkan berat badan namun untuk alasan kesehatan. Banyak pertanyaan bagaimana saat kita sedang berpuasa, apakah tetap diet atau tidak. Untuk itu perhatikan beberapa tips mengenai cara diet di saat puasa
 
4 Cara Diet Saat Puasa
 
1. Jangan makan berlebihan saat buka puasa
Cara diet saat puasa yang pertama adalah tidak makan berlebihan. Setelah hampir seharian tubuh tidak makan, bukan berarti kamu boleh makan dengan jumlah berlebih saat buka puasa. Ketika kamu makan dengan porsi berlebihan, gula darah dalam tubuh akan meningkat secara drastis.Sedangkan selama berpuasa, produksi insulin di dalam tubuh hanya sedikit. Alhasil, kamu bisa mengalami kelebihan gula dan gula ini akan diubah menjadi lemak di dalam tubuh.
 
2. Hindari gorengan dan makanan berlemak
Saat tubuh merasa lapar, gorengan seperti pastel, risol, atau bakwan menjadi makanan yang begitu mengiurkan. Berhati-hatilah karena gorengan mengandung lemak jenuh (lemak jahat) yang tinggi sehingga dapat dengan mudah membuat berat badan kamu menjadi cepat naik. Selain itu, konsumsi lemak jenuh secara berlebihan juga bisa mengakibatkan penyakit berbahaya seperti kolesterol, diabetes, hingga jantung. Maka dari itu, komsumsilah asupan lemak tidak jenuh yang sehat bagi tubuh seperti alpukat, ikan, dan kacang-kacangan. Siapkan juga asuransi penyakit kritis, AXA Heart & Save untuk melindungi kamu dari risiko penyakit jantung dan stroke.
 
asuransi penyakit kritis
 
3. Minum air putih yang banyak
Meskipun sedang puasa, kamu tetap harus minum 2 liter atau 8 gelas sehari agar tubuh tetap terhidrasi. Ada dua rumus yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan air ini antara lain 3-3-2 yaitu tiga gelas saat sahur, 3 gelas saat buka puasa, 2 gelas sebelum tidur. Atau rumus kedua adalah 2-4-2, dua gelas saat sahur, dua gelas ketika buka puasa, dua gelas setelah salat Tarawih, dan dua gelas sebelum tidur. Minum air putih yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh sampai 30 persen, lho! Dengan metabolisme meningkat, lemak yang dibakar juga semakin banyak.
 
4. Tetap aktif bergerak atau olahraga
Walaupun sedang berpuasa, bukan berarti kamu tidak boleh olahraga. Olahraga saat berpuasa sangat membantu dalam membakar lemak-lemak dalam tubuh. Tidak perlu olahraga berat, kamu bisa melakukan gerakan ringan seperti jalan keliling komplek rumah. Waktu terbaik untuk melakukan olahraga saat puasa adalah satu jam menjelang buka puasa. Jadi, jangan lupa bergerak, ya!
 
Itulah empat cara diet saat puasa agar kamu bisa menurunkan berat badan. Sekarang kamu bisa terapkan cara-cara tersebut selama menjalankan puasa ini. Diet saat puasa memang tidak mudah, tapi jika kamu memiliki niat yang kuat dan tetap menjaga asupan makanan, berat badan yang kamu inginkan pasti tercapai.

 
Baca Juga: 7 Tips Menjaga Pola Makan yang Sehat Selama Berpuasa yang Perlu Kamu Tiru
 
Sumber: www.halodoc.com
 
 
asuransi penyakit kritis

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...