22 April 2019   Kesehatan

3 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Lakukan Bedah Jantung

221     2
Tidak sedikit orang yang kerap kali mengalami rasa cemas saat akan menghadapi operasi. Padahal setiap pasien wajib untuk tetap tenang agar proses pengobatan dapat berjalan lancar. Bukan hanya itu, berbagai persiapan perlu dilakukan untuk hasil yang optimal.

Salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi yakni permasalahan jantung. Operasi bedah jantung pun menjadi lazim dilakukan untuk mengobati gangguan ini. Bedah jantung sendiri merupakan prosedur operasi jantung atau pembuluh darah besar.

Seluruh proses tersebut ditangani oleh ahli bedah jantung. Beberapa gangguan jantung yang memerlukan bedah, yakni antara lain penyakit jantung bawaan, gangguan katup jantung, penyakit jantung iskemik, hingga transplantasi jantung. Lantas, apa persiapan saja yang dibutuhkan untuk bedah jantung? Yuk, simak 3 di antaranya berikut ini!

Cek Kondisi Kesehatan
Langkah awal untuk menyiapkan bedah jantung adalah dengan mengecek kondisi kesehatan. Untuk melakukan hal ini ada baiknya agar diserahkan langsung ke dokter. Beberapa hal yang penting untuk kamu perhatikan yakni berhenti merokok, memperbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang, aktif bergerak, serta mengelola stres dengan baik.

Ikuti Petunjuk Dokter
Setelah memeriksa kondisi kesehatan dan dinyatakan telah siap untuk proses operasi bedah jantung, maka ada baiknya jika mengikuti seluruh petunjuk yang diberikan oleh dokter. Catat semua yang diberikan dan laksanakan dengan baik.

Tidak ada salahnya jika membawa keluarga sebagai pendamping saat bertemu dengan dokter. Hal ini untuk menghindari terjadinya salah paham yang bisa terjadi. Jika ada sesuatu yang kurang jelas, jangan ragu untuk menanyakannya langsung ke dokter yang bersangkutan.

Perhatikan Pantangannya
Persiapan untuk bedah jantung yang sering kali diabaikan yakni pantangan dari dokter. Sebelum proses operasi dimulai, dokter biasanya memberikan beberapa obat untuk diminum, daftar makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, serta menjaga tekanan darah, suhu tubuh, serta denyut jantung agar tetap stabil.

Untuk memperlancar proses dan mempercepat penyembuhan, perhatikan seluruh hal tersebut di atas. Dengan begini, proses operasi bedah jantung pun dapat berjalan lancar dan kamu bisa sehat seperti sedia kala.

Jika kamu sedang mengidap gangguan kesehatan lainnya, ada baiknya jika mengobati penyakit tersebut lebih dahulu. Pasalnya, situasi ini akan menghambat proses operasi. Yang patut diperhatikan, biaya yang dikeluarkan untuk bedah jantung ternyata tidak murah.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal ini maka ada baiknya untuk menjaminkan kesehatan kamu ke AXA Financial Indonesia. Hal ini bertujuan sebagai langkah preventif ketika gangguan kesehatan seperti ini menyerang. Asuransi kesehatan yang dimiliki akan membantu mengatasi tingginya biaya pengobatan yang harus dikeluarkan. Pasalnya, gangguan organ tubuh yang satu ini membutuhkan dana yang tidak sedikit dalam proses penyembuhannya.

Pemberi asuransi kesehatan terbaik dan terpercaya ini menyediakan berbagai macam jenis asuransi yang ditawarkan di antaranya adalah AXA Heart & Save untuk kesehatan jantungmu.  Adapun manfaat produknya antara lain cashback dari total premi yang telah dibayarkan.

Ada juga uang pertanggungan senilai Rp250.000.000, santunan duka sebesar 200% akibat kecelakaan, serta pengembalian premi 105%. Terakhir, kamu tidak perlu lagi khawatir karena durasi cicilan bisa disesuaikan mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan dan fasilitas cicilan 0%.

Informasi lebih lengkap mengenai asuransi AXA Heart & Save, dapat kamu dapatkan dengan mengunjungi situs resmi AXA Financial Indonesia di sini.

Inspirasi Terkait
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
16 September 2019   Lifestyle
Hari pelanggan nasional dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 4 September. Penasaran dengan sejarah dan proses penetapan tanggal 4 September sebagai hari pelanggan nasional? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
16 September 2019   Lifestyle
Jika kamu memiliki kebiasaan boros, perlu terapkan cara menghemat pengeluaran berikut ini agar bisa memanfaatkan uang dengan sebaik mungkin.
Baca Selengkapnya
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
16 September 2019   Kesehatan
Saat ingin melakukan cek kehamilan di bidan perlu menyiapkan beberapa hal. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...