03 Agustus 2018   Kesehatan

10 Penyebab Kanker Lambung yang Harus Diketahui Sejak Dini!

317     1
Lambung adalah organ pencernaan berbentuk kantong di tengah rongga perut manusia yang memiliki empat lapisan yaitu mukosa, submukosa, muskularis, dan serosa. Lambung sendiri bisa terkena penyakit serius apabila kamu tidak menjaga kesehatan. Salah satu penyakit yang menyerang organ ini adalah kanker lambung yang bisa diidap oleh siapa saja di segala usia. Namun, memang lebih banyak diidap oleh orang yang berusia 55 tahun ke atas. 

Umumnya kanker akan tumbuh pada lapisan mukosa dan kemudian dapat tumbuh lebih dalam ke lapisan lainnya. Mukosa merupakan lapisan lambung di mana sel-sel bisa mengeluarkan berbagai jenis cairan,  seperti asam lambung, enzim, dan hormon.

Perlu diketahui, kanker lambung menempati urutan keempat penyebab kematian akibat kanker di seluruh dunia. Pada umumnya, jenis kanker lambung yang sering terjadi adalah adenocarcinoma, yakni kondisi bila kanker menyerang sel-sel pada lapisan dalam lambung yang memproduksi cairan seperti lendir (mukus). Selain adenocarcinoma, ada juga beberapa jenis kanker lambung lainnya, seperti:
 
  1. Carcinoid, yakni kanker yang menyerang sel-sel penghasil hormon di dalam lambung
  2. Limfoma lambung, yaitu kanker yang menyerang jaringan limfatik atau jaringan yang membantu melawan infeksi
  3. Tumor stroma gastrointestina (GIST), yaitu kanker yang menyerang jaringan ikat atau otot-otot dinding perut


Penyebab Kanker Lambung

Hingga saat ini penyebab kanker lambung masih belum bisa diketahui secara pasti. Tetapi, pada umumnya kanker lambung terjadi karena sel-sel pada bagian tertentu yang terdapat pada lambung berkembang secara tidak terkendali.

Dengan kondisi tersebut, sel-sel yang tadinya bersifat normal untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik, malah menjadi tumor dan bila dibiarkan begitu saja, tumor bisa menjalar ke bagian tubuh lain. Berikut ini beberapa faktor penyebab kanker lambung:
 
  1. Orang yang berusia 55 tahun ke atas dan berjenis kelamin pria lebih memiliki risiko dua kali lipat lebih besar terkena penyakit kanker lambung dari pada wanita
  2. Makanan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan-makanan tertentu seperti daging asap, garam, ikan asin, acar, dan makanan yang mengandung aflatoksin (racun dari jamur). Selain itu, kurangnya asupan buah-buahan dn sayuran juga ikut menjadi penyebab kanker lambung
  3. Merokok.  Kebiasaan merokok juga bisa menjadi penyebab kanker lambung. Hal ini dikarenakan di dalam rokok terdapat zat-zat berbahaya yang ada di dalam asap rokok dan bila terhirup bisa merusak sel-sel di dinding lambung. Perlu diketahui, perokok memiliki risiko dua kali lipat terkena kanker lambung daripada mereka yang tidak merokok
  4. Mengidap infeksi lambung dalam waktu lama
  5. Pernah menjalani operasi pada lambung
  6. Memiliki kerabat dekat berpenyakit kanker lambung
  7. Adanya infeksi bakteri pylori. Bakteri ini menjadi penyebab penyakit lambung seperti gangguan pencernaan, tukak lambung, dan radang pada lapisan lambung
  8. Mengidap anemia pernisiosa. Kondisi ini bisa terjadi karena seseorang kekurangan vitamin B12
  9. Munculnya polip di dalam lambung
  10. Mengidap jenis kanker lainnya, seperti kanker kerongkongan, kanker limfoma atau kanker sel darah putih atau kanker esofagus, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker serviks, dan kanker usus. Pengidap penyakit-penyakit tersebut cenderung memiliki risiko lebih tinggi mengalami kanker lambung

Semoga informasi terkait penyebab kanker lambung di atas bisa membuat kamu lebih waspada dan terus menjaga kesehatan dengan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan sebagai tindakan preventif saat penyakit kanker lambung menyerang adalah dengan memiliki asuransi kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan kamu bisa terbantu secara finansial bila sewaktu-waktu mengalami gangguan kesehatan dan memerlukan biaya yang besar.

Kamu bisa memilih asuransi yang ada di AXA Financial Indonesia, di mana salah satu jenis asuransi yang tersedia, yakni  AXA Cancer and Save. Keuntungan yang bisa kamu peroleh dari asuransi ini di antaranya uang pertanggungan Rp250.000.000 apabila terdiagnosa atau meninggal dunia karena penyakit kanker. Selain itu, ada pula keuntungan pengembalian premi 50% dari total premi selama 36 bulan dari tahun keempat sampai keenam, jika tidak ada klaim dan kondisi polis aktif.

Untuk mengetahui lebih lengkap terkait asuransi yang ada di AXA FInancial Indonesia, khususnya AXA Cancer and Save, kamu bisa mengunjungi situs resminya di https://portal.axa.co.id/direct

Inspirasi Terkait
Wajib Nonton! 5 Film Drama Keluarga Terbaik
Wajib Nonton! 5 Film Drama Keluarga Terbaik
15 Oktober 2018   Lifestyle
Bingung ingin melakukan apa untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga? Tidak ada salahnya untuk mengajak anggota keluarga lainnya untuk menonton film. Nah, apa saja sih film drama keluarga terbaik yang wajib kamu tonton? Yuk, cek 5 daftarnya berikut ini:
Baca Selengkapnya
Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
15 Oktober 2018   Kesehatan
Pada tanggal 9 September kemarin, masyarakat Indonesia baru saja selesai merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Puncak perayaan Haornas kali ini dilaksanakan di Gelora Kie Raha, Ternate, Maluku Utara. Hal ini diumumkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.
Baca Selengkapnya
Mau Solo Travelling? Ini 10 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi
Mau Solo Travelling? Ini 10 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi
15 Oktober 2018   Lifestyle
Jalan-jalan sendirian memang sering dianggap berbahaya bagi setiap orang. Faktanya, perkembangan kondisi pariwisata di segala aspek ke arah positif memungkinkan semua orang termasuk pria atau wanita dapat travelling seorang diri.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...