09 Mei 2018   Kesehatan

Waspada! Ciri-ciri Jantung Lemah yang Sering Diabaikan

Penyakit jantung lemah bisa menyerang siapa saja, baik kaum muda maupun yang sudah berumur. Sayangnya, penyakit ini tidak menunjukkan gejala awal yang berarti. Mayoritas kasus yang terjadi adalah tidak memiliki gejala pada tahap awal.
Meskipun begitu, kamu harus memahami bahwa penyakit jantung lemah tetap memiliki tanda awal.

Beberapa gejalanya mungkin terlihat biasa dan sama sekali tidak menunjukkan adanya penyakit serius. Bahkan, orang-orang penderita jantung lemah biasanya pada awal mula diserang masih beraktivitas layaknya orang normal.

Sangat penting untuk kamu ketahui bahwa ciri-ciri jantung lemah bisa memburuk dengan cepat. Jika hal ini dibiarkan, maka keselamatan akan terancam. Jadi, memahami ciri-cirinya akan membantu kamu untuk segera bertindak jika itu terjadi.  Nah, simak informasinya mengenai ciri-ciri jantung lemah yang sering kali diabaikan oleh masyarakat yang harus kamu waspadai.
 

Sering Sakit Kepala

Ciri-ciri jantung lemah yang sering diabaikan adalah sakit kepala. Memang, sakit kepala terdiri dari beberapa jenis, namun jenis sakit kepala yang sering muncul bisa menjadi tanda serius.  Sakit kepala juga merupakan tanda bahwa kamu kekurangan oksigen yang dipompa dari jantung. Hal ini biasa diabaikan dan masyarakat menganggap itu hanyalah pusing biasa. Tidak heran jika banyak yang tidak sadar akan serangan jantung lemah.

Mudah Lelah dan Berkeringat

Mudah berkeringat juga bisa menjadi ciri-ciri jantung lemah. Namun kamu perlu memahami bahwa penyebab mudah lelah serta berkeringat tidak selalu mengacu pada gejala lemah jantung. Beberapa penyakit lain juga bisa memiliki gejala tersebut.

Ketika jantung lemah dalam memompa darah ke seluruh tubuh, maka oksigen tidak akan menyebar dengan baik. Hal ini berakibat menurunnya kinerja fungsi organ dan jaringan tubuh. Hasilnya, tubuh kamu menjadi mudah lelah. Jika asupan oksigen sangat kurang, maka kemungkinan terburuk adalah pingsan. Maka dari itu, pada umumnya penderita jantung lemah mudah lelah, berkeringat dan pingsan.

Napas Pendek

Kamu juga perlu mewaspadai akan ciri-ciri jantung lemah yang ditandai dengan pendeknya irama napas. Napas pendek akan tetap terjadi walaupun sedang dalam kondisi fit maupun kondisi lelah. Napas pendek disebabkan oleh jantung yang lemah dalam memompa darah sehingga darah cenderung memenuhi paru-paru.

Batuk berkepanjangan

Jika kamu mendapati batuk yang sering kambuh atau tidak berhenti dalam jangka waktu yang lama, kamu bisa mewaspadainya sebagai ciri-ciri jantung lemah. Batuk yang berkepanjangan menandakan penyakit serius yang sedang menyerang badan.

Nyatanya, banyak penderita jantung lemah yang mengalami batuk. Hal ini disebabkan oleh penuhnya darah di paru-paru sebagai akibat lemahnya jantung berkontraksi. Yang terburuk dari hal ini adalah batuk berdarah.

Jantung Berdebar

Gejala ini menjadi ciri-ciri jantung lemah yang sangat menonjol. Berdebarnya jantung merupakan akibat dari jantung yang berusaha untuk mempercepat kinerja dalam memompa darah.

Urat Leher Membesar

Membesarnya urat leher merupakan akibat dari ketidakstabilan jantung dalam memompa darah. Hal ini mengakibatkan penumpukan darah di pembuluh vena yang terdapat di leher. Ini merupakan salah satu ciri-ciri jantung lemah.

Dada Terasa Sakit

Jika kamu mendapati dada kamu terasa sakit atau merasa seperti tertindih sesuatu, kamu perlu mewaspadainya. Biasanya tanda-tanda ini muncul setelah beraktivitas atau makan. Hal ini menjadi ciri-ciri jantung lemah yang paling sering terjadi.

Tekanan Darah Lemah

Fungsi jantung yang semakin melemah juga berkaitan dengan tekanan darah. Ciri-ciri jantung lemah adalah tekanan darah yang lemah atau rendah. Meskipun terlihat biasa, namun kamu tetap mewaspadainya. Penyakit jantung lemah bisa memburuk secara tiba-tiba.

Hal ini tentu saja akan membuat panik untuk menindaklanjuti penanganannya, khususnya terkait keadaan keuangan untuk pengobatan. Untuk pencegahan jika itu terjadi, kamu bisa memanfaatkan layanan dari AXA Finansial Indonesia untuk mendapatkan asuransi kesehatan. Menariknya, ada penawaran spesial yang khusus melayani asuransi untuk penyakit lemah jantung. Menarik, ya?
 
asuransi kesehatan
 

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...