05 Januari 2018   Kesehatan

Waspada! 3 Jenis Penyakit Jantung Pada Anak

1316     0
Penyakit jantung sangat berbahaya untuk semua kalangan, baik itu pada orang dewasa maupun pada anak! Terlebih lagi, jika penyakit jantung dialami oleh si kecil, khususnya jika kita tidak bisa mengetahui tanda-tanda penyakit jantung pada anak sedari dini.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa jenis penyakit jantung pada anak, yang umumnya dapat dideteksi dengan kasat mata. Berikut adalah beberapa di antaranya!


1.Aterosklerosis
Aterosklerosis merupakan penyakit jantung pada anak yang disebabkan oleh terjadinya pembentukan plak yang disebabkan lemak dan kolestrol yang terdapat di arteri. Ketika terjadinya penumpukan plak, pembuluh darah pun ikut menjadi kaku dan juga menyempit. Penyumbatan inilah yang membuat resiko terjadinya serangan ikut meningkat. Yang cukup mengkhawatirkan, ternyata kondisi ini dapat berlangsung dalam jangka panjang dan sulit untuk dideteksi.

Meskipun anak-anak dan juga remaja jarang sekali terkena penyakit ini, tetapi jika anak kamu mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, atau diabetes, maka resiko terkena Aterosklerosis bisa semakin besar. Terlebih jika di dalam keluarga kamu ada riwayat penyakit serupa. Biasanya, dokter akan menyarankan buah hatimu untuk melakukan cek tekanan darah dan kolestrol secara rutin. Oleh karena itu, jika kamu merasa si kecil sudah mulai mengalami gejala di atas, ada baiknya langsung segera diajak ke dokter ya.

2.Penyakit Jantung Kongenital
Berbeda dengan penyakit sebelumnya, penyakit jantung kongenital merupakan penyakit bawaan lahir yang terjadi karena perkembangan janin dalam tahap embrio yang tidak normal. Penyakit ini merupakan cacat dari lahir yang menyerang 8 dari 1.000 bayi yang lahir di seluruh dunia. Biasanya, gejala umum yang dapat terlihat berkaitan dengan penyakit jantung kongenital adalah:
  • Terjadi kebocoran pada organ jantung yang disebabkan adanya lubang.
  • Penyakit katup mitral, yaitu penyempitan katup di organ jantung.
Selain itu, penyakit ini juga umumnya dapat juga disebabkan oleh:
  • Tetralogi Fallot, atau kombinasi dari 4 sindrom, yaitu kelainan pada septum ventrikel, emboli pulmonal, hipertrofi ventrikel kanan, dan equestrian aorta.
  • Bagian jantung yang berkembang kurang sempurna yang disebabkan gagal jantung.
Biaya pengobatan untuk penyakit ini juga tergolong cukup mahal, karena memerlukan penangan khusus yang rutin. Karena itu, sebelum terjadi hal yang tak diinginkan, ada baiknya kamu mulai memikirkan masa depan si kecil dengan membuka asuransi khusus jantung untuknya.

3.Penyakit Kawasaki
Penyakit yang satu ini tergolong cukup langka, yang ditandai dengan terjadinya peradangan pada pembuluh darah di sekujur tubuh, seperti di mulut, bibir, tangan, lengan, dan juga tenggorokan. Gejala lain yang umumnya dapat dideteksi meliputi pembengkakan kelenjar getah bening dan juga demam. Faktor penyebab penyakit Kawasaki pun belum jelas dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Walaupun begitu, menurut American Heart Association, penyakit merupakan penyakit jantung pada anak yang cukup umum terjadi. Diketahui sekitar 1 dari 5 anak berusia di bawah 5 tahun yang mengidap penyakit jantung, biasanya diasosiasikan dengan penyakit Kawasaki ini.

Tentunya, kamu tidak mau ketiga penyakit jantung pada anak di atas menimpa si kecil, bukan? Mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, AXA Heart & Save dari Axa Financial Indonesia hadir untuk membantumu. Dengan berbagai manfaat seperti uang pertanggungan, santunan duka 200% akibat kecelakaan hingga cicilan premi 0%, kamu pun siap menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi. Kalau bukan kamu yang melakukannya untuk si kecil, siapa lagi? 

Inspirasi Terkait
Fans Sejati Guns N’ Roses Perlu Tahu Sejarah Menarik Band Legendaris Ini
Fans Sejati Guns N’ Roses Perlu Tahu Sejarah Menarik Band Legendaris Ini
13 Nopember 2018   Kesehatan
Nama Guns N Roses sendiri berasal dari gabungan nama terakhir personel Guns N’ Roses sendiri, yaitu AXL Rose sang Vokalis dan Tracii Guns sang Lead Guitars. AXL dan Tracii merupakan anggota dari dua band yang berbeda. Sebelum mendirikan Guns N’ Roses atau GNR, AXL merupakan seorang vokalis dari Band
Baca Selengkapnya
Wajib Nonton! 5 Film Drama Keluarga Terbaik
Wajib Nonton! 5 Film Drama Keluarga Terbaik
15 Oktober 2018   Lifestyle
Bingung ingin melakukan apa untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga? Tidak ada salahnya untuk mengajak anggota keluarga lainnya untuk menonton film. Nah, apa saja sih film drama keluarga terbaik yang wajib kamu tonton? Yuk, cek 5 daftarnya berikut ini:
Baca Selengkapnya
Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
15 Oktober 2018   Kesehatan
Pada tanggal 9 September kemarin, masyarakat Indonesia baru saja selesai merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Puncak perayaan Haornas kali ini dilaksanakan di Gelora Kie Raha, Ternate, Maluku Utara. Hal ini diumumkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...