18 Maret 2020   Kesehatan

Tak Hanya Jantung, Ini 5 Penyebab Kematian Mendadak Lainnya yang Perlu Diketahui!

291     0
Kematian memang menjadi misteri bagi setiap orang, karena kita tidak bisa mengetahui kapan ajal akan menjemput. Namun, sejak dulu kita memang sering mendengar tak jarang banyak seseorang meninggal secara tiba-tiba tanpa menunjukkan tanda-tanda sakit. Biasanya kejadian seperti ini disebut sebagai angin duduk.

Pada dasarnya, hal tersebut terjadi karena disebabkan oleh serangan jantung atau gagal jantung. Nyatanya, penyebab kematian mendadak tidak hanya disebabkan oleh hal itu saja, lho. Ada penyebab lainnya yang masih belum disadari oleh sebagian besar orang.

Lalu, apa saja halnya? Sebaiknya kamu harus mengenali terlebih dahulu 5 penyebab kematian mendadak sebelum terlambat. Yuk, simak informasi lebih lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Mengapa Kamu Harus Memiliki Asuransi Kesehatan Jantung?

Mengalami Keracunan Gas CO


CO atau karbon monoksida merupakan sebuah gas yang tidak memiliki warna serta tidak berbau, sehingga tidak dapat terlihat oleh mata, namun memiliki efek fatal jika terhirup oleh paru-paru, khususnya dalam jumlah banyak.

Karbon monoksida yang meningkat dalam tubuh dapat mengganggu jumlah oksigen dalam darah, sehingga tubuh akan terasa pusing, sakit kepala, hingga sakit perut. Tanpa disadari, tubuh akan kehilangan oksigen jika tidak segera ditangani.

Merasakan Sesak Napas


Penyebab kematian mendadak yang kedua yakni merasakan sesak napas. Asma merupakan penyakit kronis yang cukup berbahaya bagi tubuh jika tidak ditangani dengan baik. Penyakit asma sendiri sebenarnya memiliki tanda berupa peradangan serta penyempitan saluran pernapasan pada seseorang sehingga akan menimbulkan kesulitan bernapas. Selain itu, penyakit ini akan ditandai juga dengan nyeri di sekitar area dada dan mengalami batuk.

Perkembangan penyakit ini pun terjadi secara bertahap, di mana bisa menjadi penyebab kematian mendadak pada penderitanya jika tidak menyadari penyakit ini dalam tubuhnya.

Mengalami Diseksi Aorta


Kondisi medis Diseksi Aorta atau robeknya bagian dalam arteri besar yang menuju langsung ke jantung menjadi salah satu penyebab kematian mendadak. Meskipun belum bisa diketahui dengan pasti penyebab robeknya, namun saat hal ini terjadi biasanya akan menunjukkan gejala-gejala yang bisa segera ditangani.

Para penderitanya akan mengalami sakit yang tidak tertahankan secara mendadak di area sekitar dada atau pun punggung. Saat hal ini terjadi, segera minta bantuan tim medis agar tidak terlambat penanganannya.

Terjadi Gangguan Pada Emboli Paru


Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa paru-paru merupakan organ vital bagian pernapasan yang harus dijaga agar tidak menimbulkan kematian mendadak. Biasanya, gagal napas sendiri bisa disebabkan oleh adanya penyumbatan pembuluh darah di paru-paru karena lepasnya gumpalan sumbatan pada di pembuluh darah vena.

Gangguan pada Emboli paru cenderung tidak menunjukkan gejala pada tubuh, sehingga cukup berisiko tinggi menimbulkan kematian mendadak.

Menderita Aneurisma Otak


Kelainan yang terjadi pada pembuluh darah otak yang terjadi karena penipisan serta degenerasi pembuluh darah bagian arteri. Biasanya, hal tersebut disebabkan oleh kelainan bawaan, trauma fisik, serta tekanan darah tinggi. Pada kondisi ini, dinding pembuluh darah akan membentuk sebuah benjolan menyerupai balon atau yang disebut juga dengan aneurisma otak, di mana dapat pecah kapan saja.

Jika hal tersebut terjadi akan menyebabkan kematian pada penderitanya. Gejala awal yang dapat dideteksi jika mengalami masalah tersebut yaitu merasa sakit kepala mendadak, pandangan menjadi ganda, nyeri, serta kehilangan kesadaran. Tetapi, penyakit ini dapat diatasi oleh tim medis melalui pembedahan atau pun terapi.

Dari semua penyebab kematian mendadak tersebut dapat menyerang siapapun. Oleh sebab itu, jika kamu melihat atau merasakan tanda-tanda tersebut ada baiknya segera memeriksakan diri pada dokter agar dapat mencegahnya sedini mungkin dan mengurangi risiko kematian mendadak.
 
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Ketahui Ciri-ciri & Gejala Diabetes Melitus yang Sebaiknya Diwaspadai
Ketahui Ciri-ciri & Gejala Diabetes Melitus yang Sebaiknya Diwaspadai
02 April 2020   Kesehatan
Ada berbagai gejala diabetes melitus yang bakal muncul saat gangguan kesehatan ini menyerang seseorang. Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasannya di bawah ini!
Baca Selengkapnya
Cara Mempersiapkan Dana Darurat dengan Baik & Tepat yang Perlu Diterapkan
Cara Mempersiapkan Dana Darurat dengan Baik & Tepat yang Perlu Diterapkan
02 April 2020   Lifestyle
Mempersiapkan dana darurat memang gampang-gampang tapi susah. Kamu masih memiliki harapan untuk menyiapkannya sejak dini dengan beberapa langkah yang tepat berikut
Baca Selengkapnya
7 Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Pasangan Baru
7 Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Pasangan Baru
02 April 2020   Lifestyle
Perencanaan keuangan keluarga merupakan istilah yang digunakan pada sistem pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh keluarga demi mencapai tujuan yang diinginkan. Lantas, bagaimana proses perencanaan keuangan keluarga yang benar?
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...